rpp pkn kelas 8 semester 1 Tahun 2022/2023 Lengkap

Bismillah, apa kabar sobat guru pkn jenjang SMP/Mts. Oke, di laman ini guru-id.com akan berbagi rpp pelajaran Pendidikan kewarganegaraan kelas delapan semester ganjil semua materi pelajaran dan sudah memuat pendidikan karakter anti korupsi didalamnya. tentunya rpp ini untuk sekolah pelaksana kurikulum 2013, nah bagi sekolah yang sudah move on ke kurikulum merdeka harus menggunakan modul ajar. Sebagaimana kita ketahui bersama, kegiatan belajar mengajar semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 akan dimulai bulan juli minggu kedua, oleh karena itu mari persiapkan perangkat ajar anda mulai dari sekarang. Karena menyusun rpp merupakan salah satu tugas pokok seorang pendidik. Nah di masa pembelajaran normal ini rpp yang guru-id bagikan tentunya moda tatap muka bukan daring atau luring. selanjutnya untuk link download bisa didapatkan melalui tautan yang tersemat dibawah

rpp pkn kelas 8 semester 1 2022
Prakata

Pada masa pembelajaran tahun 2022, satuan pendidikan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka, sebagaimana mita ketyahui bersama saat ini semua sekolah daerahnya sudah aman atau masuk kategori zona hijau, maka bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Namun Untuk kegiatan pembelajaran satuan pendidikan yang terdampak zona merah bisa melaksanakan sistem pembelajaran online atau lebih dikenal dengan Daring. beberapa media pembelajaran berupa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas belajar mengajar online diantaranya google classroom, Whatsapp, Zoom, telegram, Youtube, dan aplikasi lainnya.

Agar kegiatan belajar mengajar di kelas virtual berjalan dengan lancar dan terarah, guru wajib membuat rencana mengajar. Nantinya RPP inilah yang akan membantuguru menyampaikan materi yang akan diajarkan di kelas daring,

Sebagai referensi, Laman ini akan membagikan salah satu contoh RPP tatap muka kurikulum 2013 revisi 2022 mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP/MTS kelas 8 Semester ganjil yang kami edit sesuai dengan kebutuhan guru mengajar dikelas.

komponen RPP kurikulum 2013 revisi

Sebelumnya silahkan teman-teman guru ketahui dulu apa saja komponennya agar mempermudah dalam penyusunan Rencana mengajar tahun ini.

Pada kurikulum K13, rencana pelaksanaan pembelajaran harus memuat:

– Nama/identitas sekolah tempat RPP digunakan. 
– Jenis/nama mata pelajaran (Mapel). 
– Keterangan kelas/jenjang serta semester saat RPP tersebut dirancang. 
– Materi utama/inti. 
– Pengalokasian lamanya waktu proses belajar. 
– Kompetensi Inti (KI). 
– Kompetensi Dasar (KD). 
– Indikator tercapai atau tidaknya KD. 
– Tujuan akhir proses belajar. – Materi atau isi bahan ajaran. 
– Metode pada proses belajar-mengajar. 
– Media dan sumber materi pengajaran. 
– Langkah kegiatan belajar-mengajar. 
– Penilaian selama proses belajar-mengajar.


Setelah revisi pada tahun 2019, komponen rpp disederhanakan namun bukan diwajibkan ya, karena guru bebas dalam pembuatan rpp. berikut komponennya

1. Tujuan Pembelajaran. 
2. Kegiatan Pembelajaran. 
3. Asesmen Pembelajaran.


download rpp pkn 1 lembar kelas 8 semester ganjil

Setelah teman-teman guru mengetahui komponen yang dimuat dalam rpp kurikulum 2013, selanjutnya berikut materi pelajaran pkn semester ganjil yang termuat dalam rpp yang guru-id bagikan.

Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang – undangan

Langkah selanjutnya silahkan download rpp pkn format 1 lembar kelas VIII melalui tautan dibawah !

Jika kesulitan mengunduh, silahkan :


RPP Bab 1 (unduh)
RPP Bab 2 (unduh)
RPP Bab 3 (unduh)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel