Cara membuat Alur Tujuan Pembelajaran & Contoh Format ATP Revisi 2022

Bismillah, Alur tujuan pembelajaran disingkat atp merupakan dokumen penting dalam penyusunan Modul ajar kurikulum merdeka yang menggantikan silabus. Menjelang kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2022/2023 guru disibukkan dengan pembuatan dokumen ini. Walaupun tidak ada format khusus, tapi teman-teman guru perlu mengetahui format terbaru sesuai dengan standar proses pembelajaran. Oleh karena itu pada postingan ini dibagikan sebagai referensi.

Sobat guru sd yang kami banggakan, Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari

Seperti RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa, Perangkat ajar diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi

Catatan Penting!

• Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.

• Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

Cara Menyusun atp kurikulum merdeka

Cara membuat atp kurikulum merdeka

1. Pahami terlebih dahulu caranya pada panduan pembelajaran dan Asesmen (2022: 19-22)

2. Menganalisis Capaian pembelajaran fase (Keseluruhan dan elemen) yang terbaru pada salinan kep. Kepala BSKAP no.33 th.2022 tentang Capaian pembelajaran (download capaian pembelajaran revisi 2022)

3. Menurunkan Tujuan Pembelajaran (TP) dari Capaian pembelajaran elemen.

Untuk memudahkan menurunkan capaian pembelajaran elemen ke tujuan pembelajaran (TP) maka lakukan proses penguraian kompetensi pada CP Elemen terlebih dahulu setelah itu akan terasa mudah dalam merumuskan tujuan pembelajarannya.

4. Rumusan TP terdiri dari kompetensi dan konten

5. Setelah TP selesai buatlah alur tujuan pembelajarannya yakni membagi TP ke dalam 2 tingkatan kelas (SD) tiap fase dan 2 semester. Melakukan ini perlu duduk bersama guru di tiap fase, menyusun dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang dijelaskan dalam panduan, dan juga bisa menggunakan buku guru dan siswa sebagai pertimbangan.

6. Tiap tujuan pembelajaran yang telah disebar dalam tingkatan kelas dan semester kemudian dibuatkan alokasi waktu sesuai jam pelajarannya di struktur kurikulum. Menjadi dasar dalam penyusunan Prota dan Prosem nantinya

7. Ingat, tidak ada format khusus yang ditetapkan oleh pemerintah berkaitan dengan ini

Selanjutnya silahkan lihat tampilan Format ATP Revisi terbaru : ATP matematika SMA kelas 10

REFERENSI LAINNYA

Tampilkan : Alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka Sd

Tampilkan : Alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka SMP

Tampilkan : Alur tujuan pembelajaran kurikulum merdeka SMA


LEBIH LENGKAP LAGI

TAMPILKAN CONTOH :  (PERANGKAT AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS 1 SD)

TAMPILKAN CONTOH :  (PERANGKAT AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS 4 SD)

TAMPILKAN CONTOH :   (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS VII SMP)

TAMPILKAN CONTOH :   (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS X SMA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel