Materi ips kelas 10 Kurikulum Merdeka SMA | (Sejarah indonesia, sosiologi, ekonomi, geografi)

Bismillah, pada postingan ini guru-id.com berbagi rangkuman materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial (ips) kelas X bab kesatu yang meliputi beberapa lingkup materi sesuai dengan buku kurikulum merdeka yakni Bab 1 2 3 dan 4. Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir. Berikut adalah materi ips kelas 7 smeester ganjil pada kurikulum merdeka.

materi ips kelas 10 kurikulum merdeka

Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu

Tema 02. Sosiologi: Individu dan Masyarakat

Tema 03. Ilmu Ekonomi: Manusia dan Upaya Pemenuhan Kebutuhan

Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan

Nah, berdasarkan materi diatas artinya pelajaran IPS pada kurikulum merdeka kelas 10 jenjang SMA terdiri dari sejarah indonesia, Sosiologi, Ilmu Ekonomi, dan Geografi.

Adapun pada kesempatan yang baik ini akan dibagikan rangkuman materi yang tertuang pada keempat aspek atau tema diatas.

Materi Kelas X Sejarah indonesia

Pada bagian ini, siswa akan mempelajari ilmu sejarah, bagaimana cara mempelajari ilmu sejarah, berpikir kesejarahan, memiliki kecakapan sejarah, dan mengerti manfaat belajar ilmu sejarah termasuk kajian sejarah Indonesia. Manusia, masyarakat, dan peristiwa yang terjadi pada masa lampau adalah fokus kajian sejarah. Meski ilmu sejarah mempelajari peristiwa pada masa lampau, sejarah selalu lekat dan hidup dalam keseharian manusia. Peristiwa yang terjadi pada masa lampau selalu relevan dan aktual hingga masa kini dan mendatang. Bagaimana ilmu sejarah dapat menjelaskan berbagai fenomena baik pada tingkat lokal, nasional, dan global yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, akan kalian pelajari di bab ini.

• Pengantar ilmu sejarah

• Manfaat ilmu sejarah

• Manusia sebagai penggerak, pelaku dan saksi sejarah

• Diakronik (kronologi) dan sinkronik dalam sejarah

• Penelitian sejarah

• Penulisan sejarah

• Sejarah dan teori sosial

Materi Kelas X Sosiologi

Dikutip dari buku kemdikbud, Sosiologi adalah ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sebagai ilmu yang mempelajari manusia dan masyarakat, sosiologi bukan ilmu yang membahas tentang benar dan salah, melainkan menjelaskan berbagai fenomena sosial secara ilmiah. Pada bagian ini kalian akan mempelajari sejarah sosiologi dan beberapa sosiolog yang melahirkan teoriteori sosiologi. Selain itu, kalian akan belajar cara melakukan penelitian sosial secara sederhana, sehingga teori yang kalian pelajari dapat membantu untuk menganalisis berbagai gejala sosial. Harapannya, kalian akan mendapatkan manfaat dari belajar sosiologi. Beberapa topik sosiologi seperti tindakan sosial, interaksi sosial, lembaga sosial, dan heterogenitas sosial juga akan dipelajari pada bagian ini.

A. Pengantar Sosiologi: Kelahiran dan Kajian Sosiologi

B. Sosiologi Sebagai Ilmu yang Berparadigma Ganda

C. Penelitian Sosial

D. Tindakan Sosial, Interaksi Sosial dan Identitas

E. Lembaga Sosial

Materi Kelas X Ilmu Ekonomi

Manusia telah berkegiatan ekonomi semenjak mereka lahir hingga membentuk peradaban modern seperti sekarang. Manusia bertahan hidup dengan cara memenuhi kebutuhannya. Namun, kebutuhan manusia cenderung tidak terbatas sementara ketersediaan sumber daya yang dapat dimanfaatkan semakin langka. Bagaimanakah manusia dapat terus memenuhi kebutuhannya jika sumber daya yang dapat dimanfaatkan semakin langka? Pada tema ini, kalian akan mempelajari sejarah dan konsep ilmu ekonomi serta cara manusia berekonomi. Kalian juga akan mempelajari beberapa hal yang menjadi fokus kajian ekonomi, seperti kebutuhan, keinginan, kelangkaan, kegiatan ekonomi, permintaan, penawaran, harga, pasar, bank, dan lembaga keuangan nonbank

• Konsep ilmu ekonomi

• Kegiatan ekonomi

• Pasar dan terbentuknya harga pasar

• Bank dan lembaga keuangan bukan bank

Materi Kelas X Geografi

Pada materi ips tema ke empat ini peserta didik akan belajar perkembangan ilmu geografi secara singkat, pendekatan geografi, obyek geografi, konsep dan prinsip geografi, peta, penginderaan jauh, Sistem Informasi Geografis (SIG), melakukan penelitian geografi, serta fenomena geosfer. Interaksi antarsfera dan manusia menjadi fokus kajian di bagian ini. Termasuk manfaat peta, penginderaan jauh, dan SIG bagi interaksi manusia dan sfera.

• Pengantar Ilmu Geografi

• Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

• Penelitian Geografi

• Fenomena Geosfer

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel