Rangkuman Materi Fisika kelas 10 bab 1 Kurikulum Merdeka

Bismillah, pada postingan ini guru-id berbagi rangkuman materi IPA kelas sepuluh SMA yang meliputi mata pelajaran fisika, kimia, dan biologi pada kurikulum merdeka. Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Prakata

Dikutip dari buku ipa kurikulum merdeka kelas 10 cetakan pertama, Pada hakekatnya IPA yang mencakup Fisika, Kimia dan Biologi mencakup produk dan proses. Produk yang dimaksud adalah pengetahuan tentang sains itu sendiri. Fisika berkaitan dengan materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, serta gaya dan energi. Biologi berkaitan dengan makhluk hidup dan segala bioproses yang terjadi, sedangkan kimia berkaitan dengan susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. Topik-topik yang dipelajari pada IPA kelas X adalah materi yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan serta pengetahuan yang bersifat kekinian untuk menarik minat dan kecintaan terhadap IPA. Sedangkan proses mencakup keterampilan proses sains dalam mendapatkan pengetahuan itu sendiri.

Capaian Pembelajaran fisika kelas 10

Pada akhir fase E peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan kerja ilmiah dalam pengukuran, evolusi alam semesta dan tata surya, perubahan iklim, pemanasan global, lingkungan fisik dan kesehatan manusia, serta energi alternatif dan pemanfaatannya.

Rangkuman Materi Fisika



Macam-macam Alat Ukur

Coba Kalian amati Gambar Kegiatan pengukuran yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dibawah. Tentu Kalian tidak asing bukan dengan aktivitas tersebut? Apapun bidang pekerjaannya, aktivitas yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari kegiatan pengukuran, sehingga penting bagi Kalian untuk dapat memahami tentang prinsip-prinsip pengukuran.

rangkuman materi fisika

Kalian pernah melakukan pengukuran dan mengamati orang lain di sekitar Kalian melakukan pengukuran setiap hari, namun pahamkah Kalian, apa itu pengukuran? Ketika Kalian sedang mengukur suatu benda yang ukurannya tidak diketahui dengan menggunakan alat ukur, berarti Kalian sedang membandingkan ukuran suatu benda yang belum diketahui ukurannya dengan alat yang dianggap sebagai ukuran standar.

Terdapat banyak sekali alat ukur yang dapat Kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Alat ukur yang tersebut digunakan bergantung dengan apa yang diukur dari benda yang ingin diketahui ukurannya. Seberapa luas wawasan Kalian mengenai alat ukur dan penggunaannya?

Setelah Kalian mengamati Gambar diatas, buatlah dan isilah tabel pada buku latihan Kalian seperti tabel berikut ini

Besaran, Satuan, dan Dimensi

Besaran dalam fisika diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur, serta memiliki nilai dan satuan. Sementara itu, satuan digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Dalam satuan, kita mengenal yang namanya Satuan Internasional (SI), yaitu satuan yang distandarisasi dan diakui penggunaanya secara Internasional. Nah, berdasarkan satuannya, besaran terdiri dari besaran pokok dan besaran turunan

Besaran terdiri atas dua kelompok besaran, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok merupakan besaran dasar yang satuannya sudah ditetapkan. Besaran turunan merupakan besaran yang satuannya tersusun dari beberapa satuan besaran pokok.

Dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran tersebut tersusun dari besaran-besaran pokoknya. Pada sistem Satuan Internasional (SI), ada tujuh besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi. Cara penulisannya dinyatakan dengan lambang huruf tertentu dan diberi tanda kurung persegi.

Kamu dapat mencari dimensi suatu besaran lain dengan cara mengerjakannya seperti pada perhitungan biasa. Untuk penulisan perkalian pada dimensi, biasa ditulis dengan tanda pangkat positif dan untuk pembagian ditulis dengan tanda pangkat negatif.

Sistem Satuan

Satuan merupakan ukuran yang menjadi acuan dari suatu besaran. Terdapat beberapa sistem satuan yang digunakan di dunia, seperti sistem FPS (feet, pound, sekon), CGS (centimeter, gram, sekon), dan MKS (meter, kilogram, sekon). Beberapa negara memiliki kebiasaannya masing-masing dalam penggunaan sistem satuan. Oleh karena itu, masyarakat ilmiah bersama-sama membuat kesepakatan tentang satu sistem satuan baku yang resmi digunakan secara universal. Satuan tersebut adalah Satuan Internasional, dalam bahasa aslinya Systeme International D’ Unites, atau biasa disingkat dengan SI. Kalian dapat melihat beberapa contoh satuan SI dari besaran pokok pada Tabel 1.1 dan besaran turunan pada Tabel 1.2.

tabel sistem satuan

Dimensi

besaran pokoknya. Suatu besaran turunan dapat dinyatakan dalam susunan beberapa besaran pokok yang dapat diketahui dengan cara melakukan analisis dimensi. Dimensi dari besaran pokok berupa lambang yang ditulis dengan kurung siku dan huruf kapital tertentu seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1.1.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel