Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka Plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru bahasa indonesia kelas VII yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap 2022/2023, pada postingan ini guru-id berbagi rangkuman materi bahasa indonesia kelas tujuh SMP/MTS yang terdiri dari 6 (enam) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 4 Aksi Nyata Para Pelindung Bumi Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi Materi bahasa indonesia kelas 7 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru bahasa indonesia, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Bab 4 : Aksi Nyata Para Pelindung Bumi

4.1 Peserta didik menerapkan strategi memahami teks berita eksplanasi dengan mengonfirmasi prediksi yang telah dibuatnya dengan tepat.

4.2 Peserta didik berlatih menerapkan strategi kosakata dengan menemukan arti kata pada kamus atau ensiklopedia dengan mandiri.

4.3 Peserta didik mengenali ragam berita dalam jenis media yang berbeda dengan membandingkan fitur berita cetak dan daring dengan kritis.

4.5 Peserta didik menyimpulkan perbandingannya terhadap berita pada ragam media dengan membandingkan teks pada judul, teras, dan isi berita cetak, daring, dan audiovisual dengan jeli.

4.6 Peserta didik memperdalam pengetahuan tentang unsur kebahasaan dalam teks berita eksplanasi dengan menandai jenis kalimat dalam teks berita tersebut dengan teliti.

4.7 Peserta didik mengembangkan keterampilan memilah informasi dengan kritis dengan menganalisis kevalidan sumber berita dengan kritis.

4.4 Peserta didik mengenali fitur dalam teks berita audiovisual dengan menyimpulkan informasi dan menemukenali fitur di dalamnya dengan baik.

4.8b Peserta didik berlatih memaparkan gagasannya secara lisan atau audiovisual dengan menyajikan teks berita yang disusunnya melalui aplikasi dan situs perekam suara dengan menarik.

4.8a Peserta didik berlatih menyampaikan informasi secara sistematis, terstruktur, dan efektif melalui kegiatan menulis teks berita sederhana dengan baik dan akurat

Bab 5 : Membuka Gerbang Dunia

5.1 Peserta didik mengembangkan strategi memahami cerita dengan memprediksi gambar sampul cerita dengan baik.

5.2 Peserta didik mampu melakukan inferensi terhadap bacaan dengan berlatih menyimpulkan suasana cerita dan emosi tokoh dengan baik.

5.3 Peserta didik menginterpretasi emosi tokoh dengan bantuan gambar melalui kegiatan menjawab pertanyaan pada bacaan Itam dan U dengan analitis.

5.4 Peserta didik mengenali perbedaan dan persamaan bagian-bagian pada buku fiksi dan nonfiksi dengan membandingkannya bagian tersebut dengan teliti.

5.7 Peserta didik menganalisis tanggapan dengan menemukenali elemen tanggapan dan menilai tanggapan tersebut secara kritis. mengategorikan tiap paragraf dalam struktur tersebut dengan tepat.

5.9 Peserta didik mengenali ragam kalimat dalam teks tanggapan melalui latihan mengategorikan kalimat dengan tepat

5.10 Peserta didik menemukenali struktur teks tanggapan dengan mengategorikan tiap paragraf dalam struktur tersebut dengan tepat.

5.5 Peserta didik menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan menuliskan rangkuman bacaan berdasarkan gagasan pokok dari setiap subbab dengan baik.

5.6 Peserta didik menuliskan tanggapannya terhadap bacaan dengan mengelompokkan ide yang muncul dalam proses membaca dalam format peta pikiran dengan baik

5.11a Peserta didik berlatih menyajikan tanggapannya terhadap sebuah buku dengan menulis sebuah tanggapan yang baik dan efektif.

Bab 6 : Sampaikan Melalui Surat

6.1 Peserta didik melatih kemampuannya mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat.

6.2 Peserta didik mengenal surat resmi dengan menganalisis bentuk,isi bahasanya dan membandingkannya dengan surat pribadi dengan baik.

6.3 Peserta didik memahami isi surat resmi dengan berlatih menggunakan kosakata baru dalam beragam konteks dengan baik.

6.4 Peserta didik membandingkan surat pribadi dan surat resmi dengan menemukenali perbedaan bentuk, unsur, tujuan, serta aspek kebahasaan dalam surat pribadi dan surat resmi dengan teliti.

6.6 Peserta didik mengenali konteks dan mitra bincang dalam kegiatan komunikasi dengan menganalisis kata sapaan untuk pembicaraan di media sosial dengan baik.

6.7 Peserta didik memahami unsur kebahasaan dalam surat dengan menandai penggunaan pronomina dalam surat pembaca, surat resmi, surat pribadi, dan pesan di media sosial yang telah dibacanya.

Rangkuman materi bahasa indonesia kelas 7 bab 4

Rangkuman Materi bahasa indonesia kelas 7 Bab 4

Berikut rangkuman materi bab 4 : Aksi Nyata Para Pelindung Bumi

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel