Rangkuman Materi ipa kelas 7 Bab 5 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru ilmu pengetahuan alam kelas VII yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap 2022/2023, pada postingan ini guru-id berbagi rangkuman materi ipa kelas tujuh SMP/MTS yang terdiri dari 7 (tujuh) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 5 Klasifikasi Mahluk Hidup Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi ipa kelas 7 Kurikulum merdeka Semester 2 (genap)

Sobat guru ipa, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) sebagai pengingat.

Bab 5 : Klasifikasi Mahluk Hidup

• Membedakan makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya.

• Menganalisis teknik pengelompokan makhluk hidup.

• Membuat kunci klasiikasi untuk mengidentiikasi makhluk hidup di sekitar sekolah.

• Menganalisis karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup.

• Menjelaskan peranan makhluk hidup dalam kehidupan manusia

Bab 6 : Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

• Menganalisis pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup.

• Menganalisis interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem.

• Menjelaskan perbedaan keanekaragaman hayati Indonesia dengan di belahan dunia lainnya.

• Menganalisis pengaruh manusia terhadap ekosistem.

• Menjelaskan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati.

Bab 7 : Bumi dan Tata Surya

• Menyebutkan macam-macam benda langit

• Mendeskripsikan perbedaan benda-benda langit.

• Mengumpulkan informasi untuk mendukung pendapat kondisi benda langit yang paling sesuai untuk kehidupan manusia.

• Mendeskripsikan perbedaan satelit alami dan buatan.

• Mendeskripsikan akibat dari pergerakan Bumi dan benda langit lain terhadap fenomena alam di Bumi.

• Menjelaskan peranan Matahari dalam kehidupan

Rangkuman materi ipa kelas 7 bab 4

Berikut rangkuman materi bab 5 Klasifikasi Mahluk Hidup yang merupakan materi semester genap

A. Makhluk Hidup atau Benda Mati?

Bawalah hewan kecil, batu, tanah dan tumbuhan kecil ke ruangan kelas. Amati dengan seksama karakteristik dari setiap benda tersebut. Apa yang terjadi ketika benda-benda tersebut disentuh? Bagaimana tanggapan dari semua benda tersebut? Apakah ada yang terlihat bergerak dengan jelas? Golongkanlah mana yang termasuk ke dalam makhluk hidup atau benda mati? Apa alasan kalian menggolongkan bahwa benda tersebut termasuk ke dalam makhluk hidup atau benda mati?

Pada saat kalian memberikan sentuhan terhadap hewan kecil, batu, tanah, dan tumbuhan kecil akan menghasilkan tanggapan yang berbeda. Hewan kecil mungkin akan memberi tanggapan dengan bergerak atau berpindah tempat. Adapun batu dan tanah tidak memberikan tanggapan. Beberapa tumbuhan mungkin terlihat memberikan tanggapan, namun jenis lainnya tidak terlihat dengan jelas.

Bagaimana kalian membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati? Makhluk hidup tentu saja akan menunjukkan karakteristik hidup, salah satunya menanggapi rangsang dan bergerak. Tanah dan batu termasuk ke dalam benda mati. Namun di permukaan batu atau di dalam tanah mungkin saja terdapat makhluk hidup yang kasat mata.

Karakteristik makhluk hidup pada hewan dapat dengan jelas diamati oleh manusia. Tumbuhan termasuk makhluk hidup juga, meskipun pergerakan dan pertumbuhan terjadi sangat lambat yang sering tidak kalian sadari. Beberapa benda tak hidup memiliki beberapa karakteristik kehidupan tetapi tidak akan memiliki semuanya. Sesuatu diklasifikasikan sebagai makhluk hidup harus memiliki semua karakteristik kehidupan. Sesuatu yang memiliki kehidupan disebut organisme.

4. Makhluk Hidup Menanggapi Rangsang

Makhluk hidup memberikan tanggapan terhadap perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan internal dan eksternal disebut dengan stimulus. Reaksi terhadap perubahan lingkungan disebut dengan respons. Jika kalian tanpa sengaja memegang air panas, dengan cepat tangan ditarik kemudian kalian berteriak. Stimulus dalam kasus ini adalah suhu panas dan respons adalah menarik tangan dan berteriak.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel