Rangkuman Materi ips kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru ilmu pengetahuan sosial kelas VII yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap 2022/2023, pada postingan ini guru-id berbagi rangkuman materi ips kelas tujuh SMP/MTS yang terdiri dari 4 (empat) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 3 potensi ekonomi lingkungan Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi ips kelas 7 Kurikulum merdeka Semester 2 (genap)

Sobat guru ips, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) sebagai pengingat.

Bab 3 : POTENSI EKONOMI LINGKUNGAN

7.1 Menjelaskan potensi sumber daya alam

7.2 Mengidentiikasi faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam

7.3 Menguraikan aktivitas kehidupan masyarakat masa Hindu Buddha dan masa Islam

7.4 Mengidentiikasi kegiatan ekonomi masyarakat

7.5 Menganalisis peran masyarakat dalam rantai perekonomian

7.6 Menjelaskan status dan peran sosial

7.7 Menjelaskan diferensiasi dan stratiikasi sosial.

Bab 4 : Pemberdayaan Masyarakat

7.1 Menjelaskan keragaman sosial budaya di masyarakat

7.2 Menguraikan permasalahan dalam kehidupan sosial budaya

7.3 Mengidentiikasi pemberdayaan masyarakat

7.4 Menganalisis peranan komunitas kehidupan masyarakat

Rangkuman materi ips kelas 7 bab 3

Berikut rangkuman materi bab 3 potensi ekonomi lingkungan yang merupakan materi semester genap

1. Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terdapat di permukaan bumi serta dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resource).

Sumber daya alam yang dapat diperbarui misalnya tanah, air, dan hutan. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui misalnya gas, minyak bumi, timah, dan batu bara. Berikut ini merupakan potensi sumber daya alam di Indonesia yang dibagi menjadi tiga, yaitu sumber daya alam hutan, sumber daya alam tambang, dan sumber daya alam kemaritiman

a. Sumber Daya Alam Hutan

Sumber daya hutan telah memberikan peranan signifikan dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Hutan merupakan suatu areal lahan lebih dari 6,25 hektare dengan pohon-pohon lebih tinggi dari 5 meter pada waktu dewasa dan tutupan kanopi lebih dari 30%. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2018), Indonesia mengalokasikan 63% atau seluas 120,6 juta hektare daratannya sebagai kawasan hutan. Fungsi kawasan hutan Indonesia dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu hutan produksi, hutan lindung, dan hutan konservasi.

Rangkuman Materi ips kelas 7
b. Sumber Daya Alam Tambang

Pertambangan merupakan suatu kegiatan untuk mengambil endapan bahan galian yang bernilai ekonomis dan berharga dari dalam kulit bumi secara mekanis maupun manual pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi maupun di bawah air (Badan Pusat Statistik, 2019). Barang tambang merupakan sumber daya alam yang berasal dari perut bumi. Di Indonesia, penggolongan barang tambang didasari oleh UU No. 11 Tahun 1967 tentang pertambangan, terdiri dari tiga golongan yaitu golongan A, B, dan C.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel