Rangkuman Materi kimia kelas 10 bab 4 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru kimia kelas X yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran kimia kelas sepuluh SMP/MTS yang terdiri dari 4 (empat) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab IV Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi IPA Kimia kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru Kimia jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

bab 4 Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita

1. mendeskripsikan ciri-ciri reaksi kimia,

2. mendeskripsikan jenis-jenis reaksi kimia,

3. mendeskripsikan cara menuliskan persamaan reaksi kimia,

4. menganalisis konsep dan hitungan empat hukum dasar kimia (hukum Lavoisier, hukum Proust, hukum Dalton, dan hukum Gay Lussac), dan

5. menerapkan hukum dasar kimia untuk menyelesaikan kasus dalam kehidupan sehari-hari.

.

Rangkuman materi Kimia kelas X bab 4

Berikut rangkuman materi bab empat Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita yang merupakan pembelajaran pada semester genap kurikulum merdeka

Ciri-ciri, Jenis, dan Cara Menuliskan Reaksi Kimia

Ayo mengingat kembali cara menulis persamaan reaksi kimia. Pospor (P4 ) padat dan gas oksigen (O2 ) dapat bereaksi secara spontan menghasilkan gas difosfor pentaoksida (P2O5 ) disertai cahaya yang sangat terang. Bagaimana menuliskan reaksi yang terjadi dengan cara yang benar?

Materi kimia kelas 10 bab 4 Kurikulum Merdeka
Keempat ciri reaksi kimia itu adalah reaksi perubahan energi panas atau cahaya, perubahan warna, pembentukan endapan, dan pembentukan gas. Mari kita bahas satu-persatu ciri-ciri reaksi kimianya. Yang pertama adalah perubahan energi panas dan cahaya. Salah satu contohnya adalah reaksi pembakaran. Pengertian reaksi pembakaran yaitu reaksi antara bahan kimia dengan gas oksigen. Contoh reaksi pembakaran misalnya pembakaran fosfor (P4 ) sebagai bahan pembuat kembang api. Sifat fosfor (P4 ) sangat reaktif sehingga saat bertemu gas oksigen (O2 ) langsung bereaksi menghasilkan panas dan cahaya terang. Mari kita lihat persamaan reaksi pembakaran fosfor

Persamaan reaksi kimia pembakaran fosfor tersebut belumlah setara karena jumlah atom-atom sejenis di sebelah kiri maupun sebelah kanan tanda panah tidak sama. Atom P di sebelah kiri tanda panah berjumlah empat, sedangkan di sebelah kanan berjumlah dua. Atom O di sebelah kiri tanda panah ada dua sedangkan di sebelah kanan ada lima. Tidak sama bukan?

Bila akan menuliskan persamaan reaksi setara, pastikan jumlah atomatom sebelum dan sesudah reaksi sama. Untuk itu kita dapat memberi koefisien reaksi yaitu angka yang terletak di depan setiap zat. Yang boleh kita ubah adalah koefisien reaksi namun rumus molekul tidak boleh berubah. Manakah koefisien reaksi? Perhatikan persamaan reaksi berikut.

Setelah menambahkan koefisien reaksi maka jumlah atom P baik di sebelah kiri maupun di sebelah kanan ada empat sedangkan jumlah atom O sebanyak sepuluh. Inilah yang disebut persamaan reaksi kimia setara yang sudah pernah dibahas pada Bab 3 terdahulu.

Ciri kedua adalah perubahan warna. Keadaan ini dijumpai misalnya pada reaksi perkaratan atau korosi pada benda yang terbuat dari besi. Sama ketentuannya dalam menulis persamaan reaksi kimia setara maka persamaan reaksi perkaratan pada besi adalah karena besi (Fe) bereaksi dengan gas Oksigen (O2 ) dan air (H2O) menghasilkan lapisan karat yang tipis dan berwarna kemerahan yaitu Fe2O3 .xH2O. Persamaan reaksi kimia setara ditulis sebagai berikut

Melihat persamaan reaksi itu tentu Kalian sudah memahami yang manakah koefisien reaksi. Salah satu koefisien reaksi ditulis dengan huruf “x” di depan molekul H2O. Huruf “x“ merupakan koefisien reaksi berupa angka yang besarnya sesuai dengan masing-masing rumus kimia senyawa karat.

Pembentukan endapan sebagai ciri ketiga. Contohnya adalah endapan berwarna putih (CaCO3 ) yang ditemui pada reaksi air kapur (Ca(OH)2 ) yang ditambahkan soda kue (NaHCO3 ) ke dalamnya. Persamaan reaksi kimia lengkapnya adalah sebagai berikut.

Koefisien reaksi kimia pada setiap zat dalam persamaan reaksi ini adalah satu bukan? Angka satu umumnya tidak perlu ditulis.

Ciri reaksi keempat yaitu timbulnya gas. Contoh reaksi kimia yang menghasilkan gas antara lain gas karbon dioksida (CO2 ) yang dijumpai saat melakukan fermentasi anaerob. Reaksi seperti ini dijumpai pada pembuatan pupuk organik cair. Persamaan reaksi kimia setaranya yaitu:

Adapun reaksi pembusukan sampah organik dari sisa tanaman dan hewan oleh bakteri desulfovibrio atau desulfuromonas dilepaskan gas hidrogen sulfida (H2S). Persamaan reaksi kimia yang setara ditulis sebagai berikut.

LEBIH LENGKAP:

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel