Rangkuman Materi matematika kelas 10 bab 6 Kurikulum Merdeka

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru matematika kelas X yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran bahasa inggris kelas sepuluh SMP/MTS yang terdiri dari 8 (delapan) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 6 fungsi kuadrat, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi matematika kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru matematika jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Bab 6 fungsi kuadrat

10.4a.1 Peserta didik dapat menginterpretasi karakteristik utama dari grafik fungsi kuadrat melalui pengamatan literasi

10.4b.2 Peserta didik dapat menganlisis sifat dari fungsi kuadrat melalui diskusi kelompok

10.4c.2 Peserta didik dapat memodelkan fenomena atau data dengan fungsi kuadrat melalui presentasi hasil diskusi

Rangkuman materi matematika kelas X bab 6

Berikut rangkuman materi bab enam fungsi kuadrat yang merupakan pembelajaran pada semester genap kurikulum merdeka

Pernahkah kalian mengamati lintasan bola basket ketika kalian mendorong bola ke arah jaring? Lintasannya berbentuk parabola dan gerak bola dikatakan gerak parabola. Gambar 6.1 menunjukkan posisi bola pada suatu waktu tertentu

materi matematika kelas X bab 6

Selain bola basket, lintasan bola kaki juga dapat berupa parabola. Lintasan dan bentuk parabola ditemui dalam hidup sehari-hari. Contoh lain adalah air yang keluar dari selang serta bentuk bangunan dan jembatan. Bentuk pisang juga menyerupai parabola.

Parabola merupakan bentuk fungsi kuadrat dalam grafik. Fungsi kuadrat adalah fungsi polinom (suku banyak) dengan pangkat tertinggi variabelnya adalah 2. Kalian masih ingat dengan fungsi linear yang grafiknya berbentuk garis lurus. Fungsi linear adalah fungsi polinom dengan pangkat tertinggi variabelnya adalah 1.

Gambar 6.2 menunjukkan grafik fungsi kuadrat. Posisi bola merupakan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius.



Mengonstruksi Fungsi Kuadrat



Menyelesaikan Masalah dengan Fungsi Kuadrat

Suatu kajian dilakukan untuk mengetahui penghematan bahan bakar (km/liter) terhadap kelajuan mobil (km/jam). adalah penghematan bahan bakar dan adalah kelajuan mobil.

Kalian dapat menggunakan kalkulator atau aplikasi Desmos atau GeoGebra untuk menentukan fungsi kuadrat dari sekelompok data.

Petunjuk menggunakan kalkulator untuk membuat fungsi kuadrat dari sekelompok data.

1. Masukkan data pada kalkulator.

2. Buatlah sebaran data yang tampak pada layar kalkulator.

3. Gunakan fitur quadratic regression untuk mendapatkan grafik kuadrat terbaik.

4. Untuk mendapatkan kelajuan yang bersesuaian dengan penghematan bahan bakar maksimum, gunakan fitur maksimum pada kalkulator.

Seorang petani ingin membuat pagar pembatas tanaman seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Panjang kawat adalah 24 m. Berapa luas maksimum yang dapat dibuat oleh petani?

Dua contoh di atas menunjukkan salah satu kegunaan fungsi kuadrat untuk dapat mengetahui nilai maksimum dan minimum. Kalian sudah mempelajari beberapa cara untuk mendapatkan nilai minimum dan maksimum.

Fungsi kuadrat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, dalam olahraga, bangunan, ekonomi kesehatan dan lainnya.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel