Rangkuman Materi pai kelas 7 Bab 6 Kurikulum Merdeka | Unduh pdf

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru pai kelas VII yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap 2022/2023, pada postingan ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran agama islam kelas tujuh SMP/MTS yang terdiri dari 10 (sepuluh) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 6 alam semesta sebagai tanda kekuasaan allah Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi pai kelas 7 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru pai, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 1 dan 2 sebagai pengingat.

Bab 6 : Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt

• Membaca Q.S. al-Anbiyā/21: 30 dan Q.S. al-A’rāf/7: 54 dengan tartil, khususnya pada bacaan gunnah

• Menulis Q.S. al-Anbiyā/21: 30 dan Q.S. al-A’rāf/7: 54 dengan baik

• Menjelaskan kandungan ayat dari Q.S. al-Anbiyā/21: 30 dan Q.S. al-A’rāf/7: 54 dan hadis tentang penciptaan dan keteraturan alam semesta

• Menghafal Q.S. al-Anbiyā/21: 30 dan Q.S. al-A’rāf/7: 54 dengan lancar

• Membuat karya teks doa berisi rasa syukur atas penciptaan alam semesta yang indah sehingga menumbuhkan rasa syukur dan kecintaan terhadap tanah air yang diciptakan Allah dengan keindahan dan sumber daya alam yang berlimpah.

Bab 7 : Mawas Diri Dan Introspeksi Dalam Menjalani Kehidupan

• Menganalisis manfaat beriman kepada Malaikat

• Membuat infografis mengenai tugas para malaikat dan manfaatnya dalam menumbuhkan karakter positif sehingga tertanam keyakinan bahwa Allah Swt telah mengutus malaikat, serta terbiasa beramal baik dan menjauhi amal buruk.

Bab 8 : Menghindari Gibah Dan Melaksanakan Tabayun

• Mendeskripsikan dampak negatif dari gibah dan menumbuhkan sikap tabayun

• Menganalisis perbedaan antara konten gibah dengan kritik dan review produk di media sosial sehingga tertanam keyakinan bahwa Allah Swt Maha Mengetahui dan Melihat serta terbiasa menciptakan harmoni sosial dengan menjauhi gibah dan menumbuhkan sikap tabayun.

Bab 9 : Rukhsah: Kemudahan Dari Allah Swt Dalam Beribadah Kepada-Nya

• Menjelaskan konsep rukhsah dalam salat, puasa, zakat,dan haji,

• Membuat bagan atau tabel mengenai rukhsah dalam salat, puasa, zakat, dan haji sehingga tertanam sikap penerimaan diri terhadap keringanan dalam menjalankan ajaran agama serta terbiasa disiplin dan saling menghargai dalam menjalankan ibadah.

Bab 10 : Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M)

• Menceritakan sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah (929-1031 M) di Andalusia (Spanyol)

• Membuat bagan, infografis, atau timeline perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Andalusia (Spanyol) sehingga tertanam keyakinan bahwa Allah Swt sebagai Zat pemberi ilmu, serta menumbuhkan semangat dalam mencari ilmu dan mengembangkan teknologi .

Rangkuman materi pai kelas 7 bab 6

Rangkuman Materi pai kelas 7 Bab 6 Kurikulum Merdeka

Berikut rangkuman materi bab 6 : Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah Swt

Mari Bertafakur

Alam semesta memiliki cakupan yang sangat besar. Di dalamnya Terkandung ragam ciptaan dan peristiwa yang mengagumkan. Tak seorang ahli pun menciptakan dan mengaturnya, sehebat apapun ahli tersebut. Semuanya tercipta dan terjadi hanya karena kehendak Allah Swt. Dialah Allah Swt, satu-satunya Yang Maha Berkehendak dan Maha Kuasa atas segala ciptaan-Nya. Alam semesta terjadi karena kehendak Allah Swt. Dia Maha Kuasa dan Maha Berkehendak atas segala ciptaannya

Alam semesta beserta seluruh isinya menjadi tanda kekuasan-Nya. Langit dan bumi serta segala isinya diciptakan oleh Allah Swt. dalam beberapa fase. Siang dan malam silih berganti. Bintang, bulan, dan matahari, semuanya tunduk pada sunnah-Nya. Penciptaan dan pengurusan alam adalah wewenang-Nya. Allah Swt. adalah Tuhan seluruh alam.

Asal-usul kejadian alam semesta dengan berbagai aspeknya telah dikaji oleh para ilmuwan dan menarik perhatiannya sejak dulu. Hasilnya adalah muncul dan berkembangnya berbagai cabang ilmu pengetahuan. Ada ilmu astronomi, kimia, biologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya. Semuanya diungkap oleh manusia dari tatanan dan aturan yang telah diberlakukan oleh Allah Swt, pada alam. Maka tak heran, jika pada akhirnya ilmu itu hanya membuktikan keagungan dan kebesaran Sang Pencipta, Allah Swt.

Ilmu pengetahuan berkembang membenarkan dan menguatkan apa yang diungkapkan oleh Al-Qur’an. Ilmu pengetahuan yang telah maju seharusnya mengantarkan manusia kepada keimanan terhadap isi Al-Qur’an, khususnya keimanan kepada Allah Swt. serta seluruh sifat kesempurnaan-Nya.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel