Rangkuman Materi pjok kelas 7 Bab 6 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru penjaskes kelas VII yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap 2022/2023, pada postingan ini guru-id berbagi rangkuman materi pjok kelas tujuh SMP/MTS yang terdiri dari 9 (sembilan) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab 6 Aktivitas Senam Lantai Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi pjok kelas 7 Kurikulum merdeka Semester 2 (genap)

Sobat guru pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) sebagai pengingat.

Bab 6 : Aktivitas Senam Lantai

• Memahami aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang pada senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

• Mengidentifikasi bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Menganalisis prosedur aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

• Menyusun konsep aktivitas gerak keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

• Mempraktikkan aktivitas gerak spesifik keseimbangan menggunakan kaki, lengan, kepala, guling ke depan, dan guling ke belakang senam lantai sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Bab 7 : Aktivitas Gerak Berirama

• Memahami aktivitas gerak spesifik langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

• Mengidentifikasi bentuk-bentuk aktivitas gerak spesifik langkah dasar, gerak dan ayunan lengan, pelurusan sendi, dan irama gerak aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Menganalisis prosedur aktivitas gerak spesifik langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Menyusun konsep aktivitas gerak spesifik langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Mempraktikkan aktivitas gerak spesifik langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotongroyong, bernalar kritis, dan kreatif.

Bab 8 : Aktivitas Kebugaran untuk Kesehatan

• Memahami aktivitas kebugaran jasmani terkait kesehatan sesuai potensi peserta didik.

• Mengidentifikasi bentuk-bentuk aktivitas gerak daya tahan aerobik, kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas otot, dan komposisi tubuh sesuai potensi peserta didik.

• Menganalisis prosedur aktivitas gerak daya tahan aerobik, kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas otot, dan komposisi tubuh sesuai potensi dan kreativitas peserta didik.

• Menyusun konsep aktivitas gerak daya tahan aerobik, kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas otot, dan komposisi tubuh sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik.

• Mempraktikkan aktivitas daya tahan aerobik, kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas otot, dan komposisi tubuh sesuai potensi yang dimiliki.

• Menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotongroyong, bernalar kritis, dan kreatif.

Bab 8 : Pola makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

• Memahami konsep pola makan sehat, bergizi dan seimbang.

• Menganalisis pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kreativitas yang dimilikinya.

• Peserta didik mampu menyusun menu makanan seimbang sesuai dengan potensi dan kreativitas yang dimilikinya.

• Peserta didik mampu mempresentasikan hasil analisis tentang pola makan sehat, bergizi dan seimbang sesuai potensi dan kreatifitas yang dimilikinya.

• Menunjukkan sikap berakhlak mulia, mandiri, kebinekaan global, gotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Rangkuman materi pjok kelas 7 bab 6

Berikut rangkuman materi bab 6 Aktivitas Senam Lantai yang merupakan materi semester genap

1. Pengertian Senam Lantai

Senam lantai atau floor exersice atau dapat juga disebut tumbling, adalah senam yang dilakukan di atas matras. Bentuk-bentuk aktivitas gerak keterampilannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, dan menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan keseimbangan. Dikatakan senam lantai karena seluruh keterampilan gerakannya dilakukan pada lantai yang diberi alas matras tanpa melibatkan alat lainnya. Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam adalah 12 x 12 meter dengan tambahan 1 meter di setiap sisinya untuk keamanan pesenam. Pelaksanaan lomba senam lantai dibatasi oleh waktu, untuk putra waktunya antara 50-70 detik, sedangkan untuk putri antara 70-90 detik.

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota tubuh. Oleh karena itu senam lantai dapat dikatakan sebagai olahraga dasar yang memerlukan komponen gerak kecepatan, kekuatan, kelentukan, kelincahan dan keseimbangan.

Senam lantai dan senam pada umumnya mempunyai manfaat yang sangat besar jika dilakukan secara teratur dan dalam jangka waktu yang cukup, adapun manfaat tersebut antara lain

a. Meningkatkan kesegaran jasmani.

b. Membentuk sikap tubuh yang lebih baik dan tegap.

c. Memberi rangsangan bagi pertumbuhan badan untuk anak-anak.

d. Melatih kondisi fisik seperti kekuatan, kelincaham, keseimbangan dan lainnya.

e. Memberi tanggung jawab dan mengerti pentingnya menjaga kesehatan

Selain manfaat fisik dengan melakukan aktivitas senam, manfaat mental dan sosial juga dapat diperoleh, seperti; berpifir kreatif dan kritis melalui pemecahan masalah-masalah gerak ketika peserta didik diberi tugas gerak. Melalui latihan bersama dan diskusi dapat pula dikembangkan sikap sosial, mandiri, kerja sama dan gotong royong, sehingga jiwa dan karakter pelajar Pancasila dapat terbina dengan baik

2. Aktivitas Kesimbangan dengan Kaki

Keseimbangan secara umum dapat diartikan kemampuan untuk mempertahankan tubuh pada bidang tumpu tertentu, biasanya saat posisi tegak. Beberapa contoh latihan kesembangan dengan satu kaki.

materi pjok bab 6 kelas 7 kurikulum merdeka
4. Aktivitas Guling ke Belakang

a. Sikap awal: jongkok membelakangi matras, kedua lengan di samping telinga, dengan kedua siku ditekuk dan kedua telapak tangan menghadap ke atas di sebelah telinga, pandangan ke depan.

b. Pelaksanaan: letakkan pinggul di matras bersamaan dengan badan digulingkan ke belakang. Kedua lutut tetap ditekuk mengikuti gerakan badan dan kedua telapak tangan diletakkan di matras. Gerakkan kedua kaki ke belakang sampai kedua telapak tangan menyentuh matras dan membantu mendorong agar tubuh bisa berjongkok kembali.

c. Sikap akhir: jongkok dengan kedua tangan lurus ke depan, pandangan ke depan

Rangkuman Materi pjok kelas 7 Bab 6

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel