Rangkuman Materi pjok kelas 10 bab 5 Kurikulum Merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru pjok kelas X yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran kimia kelas sepuluh SMP/MTS yang terdiri dari 4 (empat) bab pada kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagai materi bab V Permainan Bulutangkis, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Rangkuman Materi pjok kelas 10 bab 5 Kurikulum Merdeka

Materi pjok kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru penjaskes jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Unit 5: Permainan Bulutangkis

1. Mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga permainan bulutangkis (smash, lob, drop dan drive shot, net shot) dan mempraktekkan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

2. Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan keterampilan gerak dasar dan teknik dasar permainan bulutangkis (smash, lob, drop dan drive shot, net shot) dan melakukan pendalaman evaluatif tentang bagaimana teknik dasar yang dipelajari tersebut diterapkan dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

3. Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan permainan bulutangkis sebagai latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (health-related physical fitness) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (skillsrelated physical fitness), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik.

4. Mengembangkan tanggung jawab sosial siswa dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya, melalui pembelajaran permainan bulutangkis.

5. Mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi individu yang sehat, aktif, menyukai tantangan dan cara menghadapinya secara positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan menunjukkan perilaku menghormati diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

Rangkuman materi pjok kelas X bab V

Berikut rangkuman materi bab lima permainan bulu tangkis yang merupakan pembelajaran pada semester genap kurikulum merdeka

langkah-langkah gerakan pukulan smash

- Perhatikan posisi footwork pada saat akan melakukan smash.

- Tangan, tubuh harus dalam keadaan rileks

- Mulailah dengan lengan yang tidak memegang raket menunjuk ke arah shuttlecock sementara lengan yang memegang raket di angkat, dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan tegak sehingga raket berada di atas dan menunjuk keatas

- Putar bahu pada tangan yang memegang raket ke arah depan dan ke bawah

- Usahakan sebisa mungkin (jika tidak melakukan smash lompat) pada saat bahu berputar, secara bersamaan ayunkan kaki yang searah dengan raket.

- Sementara lengan bawah di ayun ke depan, lecutlah (tekuk) pergelangan tangan.

- Shuttlecock yang mengenai raket harus berada di bagian tengah dengan permukaan raket yang rata. Titik tumpuan harus sedikit di depan.

pukulan smash dan lob

Variasi atau kombinasi servis pendek dengan netting, lob,dan smash dilakukan berpasangan Cara pelaksanaannya sebagai berikut

1 Pemain A melakukan servis pendek.

2 Pemain B melakukan pukulan netting, dilanjutkan pemain A melakukan lob ke belakang dan diakhiri dengan smash yang dilakukan pemain B.

3 Begitu seterusnya dilakukan bergantian yang melakukan servis pemain B.

langkah-langkah gerakan pukulan drop dan net play

Pukulan dropshot bulu tangkis adalah jenis pukulan yang bertujuan untuk mencetak poin dengan mengarahkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net, kemudian membuat lawan kesulitan membalas pukulan

Aturan Melakukan Teknik Dropshot dalam Bulu Tangkis

Gunakan pegangan raket forehand dengan posisinya di samping bahu.

Posisi badan yang menyamping atau vertikal dengan arah net, posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Pada saat memukul suttlecock, harau terjadi perpindahan beban tubuh dari kaki kanan ke kaki kiri.

Posisi tubuh selalu diupayakan berada di belakang shuttlecock.

Pada saat perkenanaan shuttlecock, tangan harus lurus untuk menjangkau kok dan dorong dengan sentuhan yang halus. Untuk arah forehand lawan, pukul bagian lengkungan kok sebelah kanan dan lengkung kiri untuk tujuan backhand.

Posisi raket mengikuti arah shuttlecock dan biasakan untuk bergerak cepat mengambil posisi pukul yang tepat di belakang shuttlecock.

Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelah memukul shuttlecock.

Shuttlecock harus dipukul dengan sikap lengan lurus dan hanya menggunakan tenaga kecil. Lalu, pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan juga gerak tipu.

Cara Melakukan Dropshot pada Permainan Bulu Tangkis

Berikut ini adalah tahap-tahap melakukan dropshot dalam permainan bulu tangkis:

Posisikan tangan dengan pegangan forehand.

Peganglah raket dengan posisi menyamping badan.

Peganglah raket dengan rileks.

Bergeraklah dengan cepat agar posisi badan berada di belakang bola atau shuttlecock.

Pukul raket dengan posisi tangan lurus serta dorong atau sentuh bola atau shuttlecock dengan halus.

Arah bola atau shuttlecock melengkung ke arah kanan apabila akan memberikan pukulan dropshot ke arah forehand serta arahkan shuttlecock melengkung ke arah kiri jika ingin melakukan pukulan backhand.

Posisi akhir raket mengikuti arah shuttlecock atau bola

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel