rangkuman materi pkn semester 2 kelas 4 unit 3 Kurikulum merdeka plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru kelas empat jenjang SD/Mi yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran pendidikan pancasila kelas IV bab ke tiga kurikulum merdeka yang merupakan materi semester 2 (dua). nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagi materi Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan , selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi modul ajar silahkan download melalui tautan di akhir postingan ini.

Materi ipas kelas 4 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru ppkn jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi bab 6 berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 sebagai pengingat.

Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar..

2. Peserta didik dapat menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya.

3. Peserta didik dapat memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya.

4. Peserta didik dapat menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinnekaan.

b. Tarian Daerah

Selain pakaian adat, setiap daerah juga mempunyai tarian daerah. Suatu daerah biasanya mempunyai lebih dari satu tarian daerah. Berbagai macam tarian daerah tersebut memiliki arti dan tujuan masing-masing. Ada tari untuk menyambut kedatangan tamu. Ada juga tarian pergaulan seperti tari Jaipong. Tarian-tarian daerah bisanya berisikan tentang nilai-nilai agama atau adat istiadat yang dipegang oleh daerah asal tarian tersebut. Berikut ini beberapa nama tarian terkenal yang ada di Indonesia.

c. Lagu Daerah

Setiap daerah juga mempunyai lagu daerah. Pernah kamu menyanyikan lagu daerah? Lagu daerah mana saja yang kamu hapal? Berikut ini beberapa lagu daerah terkenal yang ada di Indonesia.

d. Bahasa Daerah

Selain mempunyai bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia, bangsa Indonesia juga mempunyai banyak sekali bahasa daerah. Bahasa daerah digunakan sebagai alat komunikasi dengan orang-orang yang berasal dari daerah atau suku bangsa yang sama, sedangkan ketika berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari daerah lain harus menggunakan Bahasa Indonesia, supaya komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia.

g. Rumah Adat

Setiap suku bangsa mempunyai rumah adat. Rumah adat ini biasanya digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat adat. Setiap suku bangsa memberikan istilah atau nama tertentu terhadap rumah adatnya untuk membedakannya dengan rumah adat suku bangsa atau daerah lainnya. Berikut ini beberapa nama rumah adat yang ada di setiap daerah di Indonesia.

h. Senjata Tradisional

Setiap daerah atau suku bangsa juga mempunyai senjata tradisional. Dulu senjata tersebut biasanya digunakan sewaktu terjadi perang suku. Akan tetapi saat ini, senjata tradisional sering dijadikan hiasan rumah. Setiap senjata tradisonal juga mempunyai nama. Berikut ini beberapa senjata tradisonal yang sering kita kenal.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel