Rangkuman Materi sosiologi Semester 2 Kurikulum Merdeka kelas 10 plus modul ajar

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru sosiologi kelas sepuluh yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan januari tahun 2022/2023, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi rangkuman materi pelajaran sosiologi kelas X SMA/SMK tema 2 pada mapel IPS kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagi materi Individu dan Masyarakat , selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak portingan ini hingga akhir.

Materi sosiologi kelas 10 Kurikulum merdeka Semester 2

Sobat guru ips jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 2 Penelitian sosial sederhana dan Praktik Penelitian Sosiologi Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi.

• Menyebutkan beberapa konsep tentang sosiologi dan manfaat belajar sosiologi.

• Menjelaskan beberapa paradigma dalam sosiologi dan cara belajar sosiologi.

• Menggunakan teori yang dipelajari guna melakukan pengamatan berbagai gejala sosial sehari­hari.

• Mengidentifikasikan berbagai gejala sosial dalam kehidupansehari­hari dari konsep/teori yang telah dipelajari.

• Menyimpulkan beberapa materi yang telah dipelajari.

• Membuat dan mempresentasikan laporan penelitian sosial secara sederhana dalam berbagai bentuk laporan tugas.

• Berperilaku sesuai dengan nilai­nilai Pancasila dalam menyikapi keberagaman masyarakat Indonesia

Penelitian Sosial

Setelah kalian mengenal berbagai teori dari para sosiolog, tentu kalian akan bertanya bagaimana cara melakukan penelitian sosial. Sebagai ilmu yang empiris, temuan dan pendapat kalian harus berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian yang menerapkan metode ilmiah. Sebagai ilmu yang kumulatif, sosiologi harus selalu melakukan penelitian sosial. Mengapa belajar sosiologi harus melakukan penelitian sosial? Penelitian sosial yang dilakukan para sosiolog bertujuan mengumpulkan data dan menemukan fakta baru untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Apabila kalian membaca lagi berbagi paradigma di atas, sebenarnya metode penelitian yang dilakukan para sosiolog bermacam-macam. Tetapi hal mendasar yang harus dilakukan oleh sosiolog adalah memiliki minat, ketertarikan, imajinasi dan rasa ingin tahu sehingga terdorong untuk melakukan penelitian.

Penjelasan Konsep

• Penelitian menurut KBBI adalah 1). pemeriksaan yang teliti; penyelidikan; 2 kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum;~ dasar penelitian dengan tujuan mengembangkan teori-teori ilmiah atau prinsip-prinsip dasar suatu disiplin yang lebih baik daripada hanya memecahkan persoalan praktis;

• Fungsi dari pertanyaan penelitian adalah memandu penelitian agar fokus dan terarah.

• Hipotesis adalah kesimpulan sementara.

1. Metode Penelitian

Pendekatan dan cara untuk melakukan penelitian sosial secara umum terbagi menjadi tiga metode yaitu penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran dari kedua metode kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Ketiga metode tersebut akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut.

a. Metode Penelitian Kuantitatif

John W. Creswell dalam bukunya yang berjudul Desain Riset: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (2017:4-5), menjelaskan bahwa penelitian metode kuantitatif adalah metode penelitian yang menguji teori tertentu dan mencari data penelitian dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Berbagai variabel itu diukur secara matematis dan statistik sehingga data yang berbentuk angka-angka dianalisis berdasarkan prosedur statistika. Kalian dapat melakukan metode penelitian kuantitatif melalui penelitian survei dengan menggunakan angket atau kuesioner.

Rangkuman Materi sosiologi Semester 2 Kurikulum Merdeka

Langkah-Langkah Penelitian Kuantitatif

Langkah Ketujuh

Membuat laporan penelitian, apa saja temuan dari penelitian kalian sesuai dengan pertanyaan penelitian kalian. Tentu dalam proses penulisan laporan, kalian dapat menggunakan berbagai teori untuk menjelaskan dan menguatkan argumen yang terkait dengan topik riset kalian. Misalnya dengan memperhatikan variabel yang kalian tulis, kalian dapat menggunakan teori sosialisasi.

Langkah Kedelapan

Setelah membuat analisis dan menuliskan hasil penelitian, kalian dapat membuat kesimpulan dan rekomendasi

b. Metode Penelitian Kualitatif

Metode ini mengeksplorasi dan memahami makna, simbol, motivasi, pengalaman individu yang menjadi subyek penelitian. Metode penelitian kualitatif mengutamakan kualitas data. Bentuk data dari metode kualitatif adalah pernyataan, pendapat, serta gambaran (deskripsi) dari subyek penelitian. Teknik pengumpulan data pada metode kualitatif diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan wawancara dengan subyek penelitian.

Berbagai pendekatan dalam metode penelitian kualitatif di antaranya metode etnografi, studi kasus, fenomenologi, penelitian sejarah, dan lain-lain. Apa sajakah metode-metode ini? Kalian dapat mencarinya dari berbagai buku tentang penelitian sosial.

Langkah Kelima

Melakukan pengamatan (observasi) proses belajar dan melakukan wawancara dengan subyek penelitian. Sebelum melakukan penelitian, kalian wajib membuat surat izin penelitian dan meminta kesediaan subyek penelitian untuk terlibat dalam proses pengambilan data. Ini merupakan hal penting dalam etika penelitian

Metode Penelitian Campuran

Setiap penelitian bertujuan untuk mendapatkan data yang valid, terpercaya dan objektif, Metode penelitian campuran (mixed methods) adalah campuran antara metode kuantitatif dan metode kualitatif. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data dan temuan yang komprehensif karena masing-masing metode penelitian memiliki kelemahan dan kelebihan. Biasanya peneliti menggunakan metode penelitian campuran untuk menguatkan data- datanya, baik yang berupa angka maupun pernyataan subyek penelitian.

Teknik pengumpulan data dari metode campuran adalah dengan penelitian survei, melakukan pengamatan (observasi), dan wawancara. Analisis data dari metode ini juga menggabungkan kedua metode penelitian tersebut

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel