analisis cp kurikulum merdeka fase d | Prakarya kelas VII

Bismillah, hai sobat guru, mungkin anda sedang mencari referensi analisis Capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran, nah pada kesempatan ini guru-id memberikan referensi analisis cp pelajaran prakarya kelas VII pengolahan pada kurikulum merdeka.

Satuan pendidikan atau pendidik perlu membuat rencana penyelenggaraan pembelajaran dengan menguraikan “CP Fase D” dan “CP Fase D berdasarkan Elemen” menjadi CP per tahun. CP per tahun sering disebutkan juga sebagai Tujuan Pembelajaran (TP) per tahun. Menurut Sufyadi dan Lambas (2021:10) bahwa “Tujuan pembelajaran adalah jabaran kompetensi yang dicapai peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran”. Tujuan Pembelajaran ini kemudian diterjemahkan ke dalam unit-unit pembelajaran. Sebagaimana termaktub pada Permendikbud-Ristek RI No.16 Tahun 2022 tentang Standar Proses, Bagian II, Pasal 5, Ayat 1 bahwa “capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran”. Jelaslah bahwa dari CP langsung diturunkan menjadi TP yang dapat langsung digunakan untuk perencanaan langkah kegiatan pembelajaran.

Untuk dapat memahami bagaimana menjabarkan Elemen CP Fase mata pelajaran Prakarya: Pengolahan menjadi Tujuan Pembelajaran, perlu dilakukan Analisis Elemen CP Fase terlebih dahulu. Amati secara saksama CP Elemen Fase. Carilah kata kunci pada kalimat CP Elemen, misalnya kata kerja yang terkait kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, kompetensi sikap, dan konten materinya. Kemudian, susunlah gradasi kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta konten materi untuk menjadi Tujuan Pembelajaran per kelas. Berikut ini contoh penguraian gradasi kompetensi Tujuan Pembelajaran per kelas.

1. Gradasi kompetensi pengetahuan dalam bentuk kegiatan pembelajaran mengidentifikasi, menjelaskan, menemukan, menganalisis dan merencanakan.

2. Gradasi kompetensi afektif/sikap dalam bentuk kegiatan pembelajaran menanyakan, menyatakan, mendiskusikan, dan menunjukkan.

3. Gradasi kompetensi keterampilan dalam bentuk kegiatan mempersiapkan, melakukan, mempraktekkan, memodifikasi, dan membuat.

4. Keragaman konten materi olahan pangan dapat berdasarkan karakteristik bahan, alat, dan teknik di satuan pendidikan. Misalnya olahan pangan daerah Manado kekhasan bahan, alat, dan teknik pembuatannya memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Berdasarkan lokasi/daerah di Indonesia dari Sabang- Marauke hingga mancanegara memiliki keragaman yang berbeda.

5. Gradasi dapat pula dilakukan berdasarkan perencanaan pembuatan produk dengan cara sederhana hingga perencanaan dengan penyusunan proposal berdasarkan kajian ilmiah dan analisis usaha sesuai potensi Nusantara sampai dengan mancanegara.

6. Gradasi dapat juga dilakukan dengan menelaah kepemilikan nilai ekonomi dengan cara gradasi strategi pemasaran mulai dari pemasaran secara sederhana sampai teknik kekinian (dengan memiliki tim pemasaran/reseller) baik secara media visual, maupun virtual agar memperoleh nilai ekonomi yang makin baik. Pada penerapan pengolahan, wajib menerapkan aspek higienis, sedangkan pada kemasan/penyajian, dapat menggunakan aspek seni, dan pada pengolahan menggunakan teknik pengawetan bagaimana agar produk olahan pangan/nonpangan dapat tahan lama dan juga melalui pembuatan kreasi kemasan kreatif-inovatif yang eye catching.

Analisis CP ke TP kelas 7 Prakarya

Berikut ini hasil Analisis CP Fase D Menjadi Tujuan Pembelajaran SMP/ MTs Kelas VII: Tabel Tujuan Pembelajaran SMP/Mts Kelas VII Mata Pelajaran Prakarya: Pengolahan

Selanjutnya file lengkapnya bisa di download dengan cara menghubungi admin blog guru-id.

1. Tampilkan : Prota prakarya pengolahan kelas 7 kurikulum merdeka

2. Tampilkan : Prosem prakarya pengolahan kelas 7 kurikulum merdeka

3. Tampilkan : Modul prakarya pengolahan kelas 7 kurikulum merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel