Rangkuman Materi biologi kelas XI kurikulum merdeka Bab 1

Bismillah, apa kabar bapak/ibu guru biologi kelas sebelas fase f yang kami banggakan. Semoga anda senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Baiklah menjelang pembelajaran ganjil dan genap bulan juli tahun ajaran 2023/2024, pada kesempatan baik ini ini guru-id berbagi bahan ajar berupa rangkuman materi pelajaran biologi kelas XI SMA/SMK kurikulum merdeka. nah pada kesempatan ini guru-id akan berbagi materi BAB 1 yakni menjelajah SEL, selanjutnya Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi silahkan simak postingan ini hingga akhir.

Materi biologi kelas 11 Kurikulum merdeka Semester 1

Sobat guru biologi jenjang SMA/SMK, sebelum menuju ringkasan materi berikut guru-id bagikan dulu materi dan tujuan pembelajaran (TP) semester 1 sebagai pengingat.

1. Menunjukkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memahami betapa kompleksnya proses pergerakan zat di dalam sel dan mengapresiasi keagungan ciptaan-Nya.

2. Mengembangkan sikap bergotong royong dengan bekerja sama dalam diskusi kelompok untuk memahami dan memecahkan masalah terkait transpor zat melalui membran sel.

3. Meningkatkan kemampuan bernalar kritis dengan mengkaji secara kritis mekanisme transpor zat melalui membran sel dan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis transpor.

4. Meningkatkan kreativitas dan inovasi dengan menemukan dan mengusulkan aplikasi dari pengetahuan tentang transpor zat melalui membran sel dalam kehidupan sehari-hari atau bidang studi tertentu.

5. Mengembangkan kemampuan mandiri dengan mencari sumber belajar tambahan dan memperdalam pemahaman tentang transpor zat melalui membran sel.

6. Menghargai keberagaman global dengan mempelajari variasi jenis transpor zat melalui membran sel di berbagai organisme dan mengapresiasi keragaman cara hidup makhluk hidup yang berbeda-beda. .

Berikut rangkuman materi A. Pengamatan Struktur, B. Keterkaitan antara Struktur dan Fungsi Sel, C. Komposisi Sel yang merupakan pembelajaran biologi pada semester ganjil kurikulum merdeka

A. Pengamatan Struktur

Dibawah merupakan Gambar 1.2 (a) Ukuran jangkauan objek dan bagaimana mereka terlihat (b) Unit Pengukurannya

Gambar diatas menunjukkan perbandingan kisaran ukuran objek pengamatan (mulai dari atom sampai dengan pohon pinus raksasa), alat untuk mengamati objek yang diamati (mikroskop elektron, mikroskop cahaya, dan mata), serta satuan unit pengukuran.

Ukuran sel yang sangat kecil merupakan salah satu hal yang menyebabkan peneliti di bidang Sitologi menghadapi berbagai kesulitan ketika meneliti sel.

Sitologi adalah cabang Biologi yang terkait struktur dan fungsi sel (Scott, 2009).

Sitologi menjadi salah satu ilmu yang semakin penting di abad ke-21. Mengapa sitologi menjadi salah satu cabang ilmu biologi yang semakin penting? Untuk mengetahuinya, Kalian dapat membaca artikel terkait hasil penelitian di bidang sitologi. Salah satu contoh artikelnya yang tampak di Gambar 1.3. Untuk membaca detail artikel ini silahkan Kalian mengakses tautan: http://ringkas.kemdikbud.go.id/PemeriksaanSitologi

Beberapa metode yang digunakan peneliti untuk mengkaji sel. Metode-metode tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masingmasing. Beberapa metode yang digunakan peneliti di bidang sitologi untuk mempelajari sel adalah 1) metode mikroskopi, 2) metode biakan sel, 3) metode fraksinasi sel dan isinya, 4) teknik DNA Rekombinan, dan 5) metode pelacakan molekuler seluler dengan radio-isotop dan antibodi (Subowo, 2006).

Metode pengamatan menggunakan mikroskop, atau dikenal dengan istilah metode mikroskopi adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh Kalian untuk memahami sel

Mikroskop yang digunakan peneliti di bidang sitologi umumnya adalah mikroskop elektron. Sebelumnya ada dua jenis mikroskop elektron yang umum digunakan, yaitu Transmission Electron Microscope (TEM) dan Scanning Electron Microscope (SEM).

Sekarang ini dikenal Scanning Probe Microscopes (SPM). SPM ini diketahui memberikan visualisasi gambar dengan resolusi yang lebih baik dibanding mikroskop elektron dan perbesaran sampai 100.000.000x (Bruslind, 2019).

gambar mikroskop
Mengenal Bagian dan Fungsi Mikroskop Cahaya di Laboratorium Sekolah
Materi biologi kelas XI
Membuat Rancangan Kegiatan Praktikum untuk Membandingkan Struktur Sel Organisme yang Berbeda

Lakukan Aktivitas 1.5 bersama teman-teman dalam satu kelompok. Diskusikan rancangan praktikum untuk Aktivitas 1.5 ini. Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk memandu Kalian membuat rancangan praktikum!

1. Identiikasi dan rumuskan pertanyaan terkait struktur sel yang dapat Kalian jawab melalui penyelidikan.

2. Identiikasi alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan penyelidikan.

3. Tuliskan secara rinci tahap penyediaan bahan (spesimen sel) yang akan diamati serta penggunaan alat yang dibutuhkan.

4. Buatlah diagram alur tahapan penyelidikan yang akan dilakukan.

5. Konsultasikan rancangan praktikum Kalian kepada Bapak/ Ibu Guru!

Melaksanakan dan Melaporkan Kegiatan Praktikum Pengamatan Struktur Sel

Setelah alat dan bahan siap, diagram alur tahapan penyelidikan dipahami, maka lakukanlah kegiatan penyelidikan struktur sel. Sajikan hasilnya dalam bentuk laporan praktikum.

1. Lakukan penyelidikan dengan cermat.

2. Buatlah tabel hasil pengamatan yang diperlukan

3. Selanjutnya, siapkan dokumentasi dari hasil pengamatan (gambar/foto/rekaman video).

4. Diskusikan hasil penyelidikan yang dilakukan dengan gurumu, termasuk kesulitan yang dihadapi pada saat melakukan kegiatan penyelidikan.

5. Interpretasi data yang diperoleh dan komunikasikan hasilnya dalam diskusi kelas.

6. Buatlah laporan praktikum secara berkelompok.

B. Keterkaitan antara Struktur dan Fungsi Sel

Keterangan:

1. Fotoreseptor, meliputi dua jenis sel: sel batang dan sel kerucut.

2. Sel bipolar, bertanggung jawab untuk mentransmisikan sinyal dari fotoreseptor ke sel ganglion retina.

3. Sel ganglion retina, menyampaikan sinyal dari sel bipolar dan amakrin ke otak melalui juluran panjang yang disebut akson yang membentuk saraf optik.

4. Sel horizontal, mengatur sinyal yang muncul dari beberapa sel batang dan sel kerucut.

5. Sel amakrin, mencapai beberapa sel bipolar untuk mengatur sinyal yang diarahkan ke sel ganglion retina.

6. Epitel pigmen retina, Lapisan epitel yang terletak di bawah fotoreseptor. Lapisan ini membentuk penghalang pembuluh darah di koroid dan membersihkan zat berbahaya yang dilepaskan oleh fotoreseptor sebagai respons terhadap cahaya.

LEBIH LENGKAP:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel