Buku Tematik Kelas 3 SD/Mi Edisi Revisi 2018 Semester 2

GAMBAR buku K13 kelas 3 semester 2 edisi revisi 2018

Alhamdulillah telah terbit buku tematik terpadu kelas 3 SEMESTER 2 cetakan ke 2 edisi revisi 2018. Buku ini terdiri atas 4 Tema, yaitu Cuaca, energi dan perubahannya, perkembangan teknologi dan praja muda karana. Dalam setiap tema terdiri dari 4 subtema dan 6 pembelajaran. Masing-masing diberikan refleksi dengan ikon “Sekarang Aku Bisa” di setiap akhir subtema. Melalui refleksi ini diharapkan siswa mampu mengukur sendiri kompetensi yang telah dikuasainya setelah mengikuti proses pembelajaran selama 1 tema dan subtema.

Buku ini disusun mengacu kepada kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Selain itu, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran yang dirancang berbasis pada aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini mengarahkan kepada kegiatan yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu. Pemanfaatan buku ini mengarahkan siswa untuk kegiatan hanya yang tercantum di dalamnya secara mandiri atau kelompok. Buku ini bukan hanya buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal

Buku ini mengadopsi pendekatan tematik terpadu dalam setiap pembelajaran. Pendekatan tematik terpadu dipilih dengan beberapa pertimbangan. Pertama, sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema siswa dapat diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannya. Kedua, melalui pendekatan tematik terpadu, pembelajaran multidisipliner-interdisipliner dapat diwujudkan sehingga tumpang tindih antarmateri pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisiensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

BUKU GURU DAN SISWA K13 KELAS 3 SEMESTER 2 REVISI 2018

Buku ini baru menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang serta bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

berdasarkan kesepakatan para penulis dan pihak Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), buku siswa kali ini tidak dilengkapi dengan lembar latihan. Hal ini dilakukan agar guru lebih memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan selama proses pembelajaran berlangsung, dan bukannya meloncat langsung pada latihanlatihan penyelesaian soal. Jika diperlukan, guru juga dapat berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan-bahan penilaian yang diperlukan dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

Tentang Buku Guru Pembelajaran

Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal berikut.

  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan. 7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, akan memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal berikut.
  8. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti mengamati gambar, membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, pemecahan masalah, dan sebagainya.
  9. Menginformasikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa dapat mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  10. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  11. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  12. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  13. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  14. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik terpadu.
Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa untuk belajar.
  3. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana yang dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Buku Kelas III terdiri atas delapan (8) tema. Setiap tema terdiri atas empat (4) subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan dapat memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdasarkan pendekatan saintifik sebagai berikut.

    • Mengamati : Ayo Mengamati, Ayo Membaca
    • Mencoba : Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Berkreasi, Ayo Bernyanyi, Ayo Menari,
    Ayo Bermain Peran.
    • Menalar : Ayo Berdiskusi.
    • Mengomunikasikan : Ayo Bercerita, Ayo Menulis.
  7. 7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah.
  8. 8. Buku Siswa berbasis kegiatan (activity based), sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber. iv Buku Siswa SD/MI Kelas III
  9. 9. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai pengalaman yang dimilikinya.
  10. 10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini merupakan penilaian pada diri sendiri yang bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.

Untuk mendapatkan file lengkap buku guru dan siswa tematik terpadu kelas 3 SD/Mi Semester 2 edisi Revisi 2018 silahkan download melalui tautan di bawah.

Artikel ini telah dipublish oleh blog guru-id.com dengan judul "Buku Tematik Kelas 3 SD/Mi Edisi Revisi 2018 Semester 2". Terima kasih telah berkunjung. Share jika posting ini bermanfaat.

0 Response to "Buku Tematik Kelas 3 SD/Mi Edisi Revisi 2018 Semester 2"

Post a Comment