RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Doc Kelas X, XI, XII

Update RPP Bahasa Indonesia SMA k13 Revisi 2017 terintegrasi hots, ppk, literasi, 4c Lengkap - Sahabat guru, satu hari telah kita lalui masa liburan bersama keluarga yang bersamaan juga dengan hari raya Idul fitri. Tak terasa sebentar lagi para guru akan bertugas kembali menjalankan kewajibannya mendidik Anak Bangsa. Pertanyaannya Sudahkah bapak ibu guru mempersiapkan perangkat pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar pada awal tahun ajaran baru nanti?
Perangkat pembelajaran memang wajib dibuat sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar, karena itu sudah tugas rutin para guru pastinya tidak akan kesulitan kan dalam menyusun seluruh dokumen yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran. Adapun salah satu dokumen penting dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), nah sebagai seorang guru yang profesional bapak ibu guru harus membuat RPP dengan benar serta mengikuti perubahan-perubahan terbaru dan akan lebih baik lagi bila RPP dibuat lebih kreatif.
Sebagaimana yang bapak dan ibu guru tahu, Acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah silabus, jadi sebelum RPP dibuat tentu saja bapak ibu harus menyelesaikan Silabus, nah karena yang akan dibahas pada posting ini adalah RPP Untuk Kurikulum 2013 bukan KTSP, ada baiknya kita melihat kembali apa saja perubahan pada RPP yang sudah direvisi pada kurikulum 2013 tahun 2016. disini ada 2 poin yang kami rangkum dalam pembuatan RPP dan Silabus K-13 terbaru.
  1. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
  2. Pada RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
gambar download RPP Bahasa Indonesia SMA K-13

RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Revisi

Pada posting kali ini RPP yang akan blog guru-id bagikan adalah mata pelajaran wajib bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 semester 1 dan 2 kelas X, XI, dan XII. nah untuk RPP mata pelajaran lain, akan kami bagikan pada posting berikutnya. Nah berikut salah satu contoh rangkuman RPP kelas X mapel wajib Bahasa Indonesia
Baca juga: Contoh RPP Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SMA K-13
A.      Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-  aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 :
Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  untuk mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator

1.3.      Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang dekat dengan kita
2.4.      Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.

3.5.        Membandingkan karakteristik prosa lama dan baru serta mengapresiasinya
Indikator :

3.5.1.    Mengidentifikasi karakteristik prosa lama
3.5.2.    mengidentifikasi karakteristik prosa baru.
3.5.3.    Menyebutkan struktur Prosa
3.5.4.    Mendeskripsikan karakteristik prosa lama
3.5.5.    Mendeskripsikan karakteristik prosa baru
3.5.6.    Membandingkan karakteristik prosa lama dan prosa baru
3.5.7.  Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang dekat dengan kita.
3.5.8.  Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.
4.5.    Menginterpretasi isi prosa lama dan baru
Indikator : Menginterpretasi isi prosa lama dan baru
Download RPP dan silabus Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013
  • silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 : [SIMPAN FILE
  • Download RPP Bahasa Indonesia SMA k13 revisi 2017 - SIMPAN RPP Doc
Demikian share Download RPP Bahasa Indonesia SMA k13 format pdf dan doc Revisi tahun pelajaran 2017/2018 revisi terbaru. Semoga bermanfaat, nah saran kami, setelah mengunduh RPP diatas silahkan cek lagi. Baiklan bila membutuhkan berikut kami bagikan juga contoh RPP Bahasa Inggris SMA Kurikulum 2013

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel