Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2016/2017 Fomat Word - Info Guru Indonesia

Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2016/2017 Fomat Word

Ads By Google

Ads By Google

Sahabat guru-id, seorang guru bertanggung jawab penuh terhadap peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah dan selama jam sekolah berlangsung, artinya seorang guru berubah peran menjadi orang tua bagi peserta didik menggantikan orang tua kandung mereka. dalam lingkungan sekolah yang menjabat sebagai orang tua bagi peserta didik adalah semua guru bahkan staf administrasi namun yang paling bertanggungjawab adalah guru wali kelas. Jangan lupa download juga Aplikasi Administrasi Guru Kelas Lengkap

Itulah mengapa Wali kelas bertanggungjawab terhadap semua siswa kelasnya selama satu tahun pelajaran, biasanya satu kelas memiliki satu guru wali kelas. wali kelas bertugas mengawasi segala tingkah laku siswa kelas, menyelesaikan permasalahan, membantu kesulitan bahkan bertanggungjawab terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelasnya.

Guru yang diberi tugas sebagai wali kelas biasanya ditunjuk oleh kepala sekolah dan dimuat dalam surat keputusan (SK) pembagian tugas karena tugas sebagai wali kelas bertanggungjawab dalam peningkatkan ketaqwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, membantu pengembangan potensi/ prestasi yang dimiliki oleh siswa, membantu pengembangan keterampilan, bakat, dan minat baik dibidang akademik maupun non akademik siswa. meningkatkan dan membina budi pekerti dan kepribadian siswa, agar menjadi insan yang berakhlak mulia dan seorang guru wali kelas harus mampu mengayomi satu kelas siswa yang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Jangan lupa download juga Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Tahun 2016/2017

Untuk mencapai/melaksanakan segala tugas tersebut seorang wali kelas haruslah membuat berbagai strategi dan perencanaan. pengenalan dat aprofil siswa mulai dari latar belakang keluarga hingga segala sifat siswa dan perencanaan yang akan dilakukan seorang wali kelas dijelaskan dalam sebuah program kerja yang menjadi salah satu file administrasi sebagai seorang guru yang harus dibuat dan diserahkan kepala kepala sekolah.

Pembuatan program kerja wali kelas dibutuhkan sebagai panduan seorang wali kelas untuk mengelola kelas menjadi kondusif dan terarah sebagai penunjang peningkatan keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah khususnya ruang kelas belajar siswa. program kerja biasanya dibuat awal semester atau tahun pelajaran baru.

Contoh Program Kerja Wali Kelas Untuk SD, SMP, SMA dan SMK

nah saat ini merupakan awal tahun pelajaran baru. kali ini penulis akan membantu tugas para wali kelas dengan membagikan contoh program wali kelas. silahkan diunduh/didownload dan dibagikan kepada guru lain yang membutuhkan. berikut rangkuman contoh program kerja wali kelas tahun 2016/2017 yang bisa di download melalui tautan yang kami sematkan dibawah

Adapun Daftar isi Program kerja wali kelas ini adalah sebagai berikut:

  1. KATA PENGANTAR
  2. DAFTAR ISI
  3. BAB I PENDAHULUAN ………………………………… 1
    A. Latar Belakang ………………………… 1
    B. Dasar Hukum ………………………………1
    C. Maksud danTujuan . ………………1
    D. Sistematika Penulisan …… 2
  4. BAB II PENGORGANISASIAN KELAS VII-D.……………… 3
    A. Susunan pengurus VII-D .…………………………… 3
    B. Struktur dan tugas pokok ……………………………… 3
    C. Rincian tugas ………………………………… 4
  5. BAB III PROGRAM WALI KELAS VII-D .………………… 6
    A. Program wali kelas ........... 6
    B. Kegiatan pembelajaran kelas VII-D.………………… 7
    C. Kegiatan kelas berdasar kalender ………… 8
  6. BAB IV PENUTUP ………………...10
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan Kehadlirat Allah SWT, atas rahmat dan ridlo-Nya sehingga kami dapat menyusun Program kerja wali kelas tahun pelajaran 2016/2017 SMPN 3 Rambang Dangku. Program Kerja wali kelas ini merupakan salah satu bagian dari t ang- gung jawab wali kelas sebagai pendidik dan pembimbing siswa di sekolah.

Program Kerja Wali kelas ini disusun sebagai pedoman atau pegangan wali kelas untuk mengelola kelas secara baik dan terarah guna meningkatkan dan menunjang keber- hasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah. Wali kelas sebagai orang tua siswa di sekolah yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan menyelsaikan masalah siswa agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar.dengan adanya program kerja ini diharapkan kelas menjadi tempat yang nyama, dan kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran.

Program kerja wali kelas ini dapat tersusun dengan berkat bantuan dan atensi dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak kepala sekolah SMPN 3 Rambang Dangku;
2. Bapak pembantu kepala sekolah bidang kurikulum;
3. Bapak pembantu kepala sekolah bidang kesiswaan;
4. Guru-guru dan staf tata usaha ;
5. Siswa dan siswi kelas VII tahun pelajaran 2016/2017

Kami menyadari dan berharap dengan tersusunnya program ini peningkatan hasil belajar khususnya di kelas dan umumnya di SMPN 3 Rambang Dangku . Mudah-mudahan dengan tersusunnya program kerja ini kerja dapat menjadi pedoman baik bagi wali kelas dan guru-guru di SMPN 3 Rambang Dangku.

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendi- Dikan Nasional ( Sisdiknas ) menetapkan bahwa tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mewujudkan tujuan di atas maka peranan Kepala sekolah memiliki nilai yang sangat strategis, sebab secara langsung maupun tidak langsung, Wali Kelas sebagai perencana (planning) mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar, khususnya dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Tanggung jawab wali kelas yang diberi tugas untuk membembing dan memotivasi siswa agar dapat belajar dengan hasil yang baik dan maksimal

Mengacu pada berbagai hal di atas perlu kiranya disusun Program Kerja Wali kelas di SMP Negeri 3 Rambang Dangku, sebagai acuan dari adanya rencana dan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kelas sehingg guru sebagai pengajar dapat meningkatkan kener- janya secara optimal. Program ini disusun sebagai acuan pedoman kegiatan di kelas selama tahun pelajaran 2016/2017 Sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan serta Profil SMP Negeri 3 Rambang Dangku.

B. Dasar Hukum

Dasar Hukum dalam penyusunan Program Kerja Wali kelas di SMP Negeri 1 Gabus- wetan Kabupaten Indramayu adalah sebagai berikut :

  1. UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Surat Keputusan Mendiknas Republik Indonesia nomor 060/U/1993
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 19 tahun 2007
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2007
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 41 tahun 2007
  6. Keputusan rapat kepala sekolah tentang pembagian tugas kerja tahun 2016/2017
  7. Visi dan misi sekolah
C. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari disusunya Program Kerja wali kelas di SMP Negeri 3 Rambang Dangku tahun pelajaran 2016/2017 ini adalah sebagai:

  1. Sarana untuk merencanakan program penataan kelas VII-D
  2. arana untuk program pelaksanaan K-6
  3. alat untuk membina dan mendidik siswa kelas VII-D
  4. untuk mengevaluasi keadaan kelas VII-D
  5. sarana untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan
  6. bahan evaluasi tentang tupoksi wali kelas
gambar rincian tugas wali kelas
C. Rincian Tugas

Untuk dapat melaksanakan tugas dalam kerja di kelas IX-4 dengan baik, sehingga pelaksanaan program dapat tercapai maka dibutuhkan rincian tugas kerja sebagai pedoman bagi pengurus kelas IX-4 SMPN 3 Rambang Dangku adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Sekolah
    a. Melaksanakan tugas sebagai penanggung jawab;
    b. Memberi motivasi, inovasi serta arahan pada Wali kelas dan siswa;
    c. Melakukan supervisi kegiatan wali kelas;
    d. Menganggarkan dana kebutuhan kelas.
  2. Wakasek Bidang Kesiswaan
    a. Membantu kepala sekolah dalam ;
    b. Memberi motivasi, inovasi serta arahan pada Wali kelas dan siswa;
    c. Melakukan supervisi kegiatan wali kelas;
  3. Wali Kelas
    a. Melaksanakan tanganggung jawab wakil dari sekolah;
    b. Mengelola kelas
    c. Menyelenggarakan adaministrasi kelas yang meliputi: denah tempat duduk siswa jadwal pelajaran, daftar piket kelas, jurnal kelas, dan tata tertib kelas
    d. Mamantau kemajuan dan prestasi akademik siswa;
    e. Mengetahui identitas dan kepribadian anak didik;
    f. Membemberikan motivasi, inovasi pada siswa kelas;
    g. Melaporkan secara berkala tentang kemajuan siswa.
    h. Mengetahui tingkat kemampuan, status sosial/ekonomi anak didik;
    i. Merekapitulasi kehadiran siswa;
    j. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger);
    k. Pembuatan catatan khusus tentang siswa;
    l. Pencatatan mutasi siswa;
    m. Pengisian buku laporan hasil belajar siswa;
    n. Pembagian buku laporan hasil belajar siswa;
BAB III
PROGRAM PENGELOLAAN KELAS


A. Program Wali Kelas

Program kerja wali kelas VII-D SMPN 3 Rambang Dangku, agar dapat berjalan dengan baik diperlukan perencanan dan pelaksanaan pengelolaan secara baik dan professional. maka diperlukan rencana kerja yang teroganisir, adapun tahapan pelak sanaan kegiatan pengelolaan kelas terdiri atas kegiatan administrasi dan pengadaan sarana kelas, adapun tahapan kegiatan wali kelas sebagai berikut:

gambar program kerja wali kelas terbaru

berikutnya langsung saja download file lengkap ms word program kerja wali kelas sd, smp, sma dan smk terbaru 2016/2017 melalui Link berikut. Semoga Posting ini bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua

Ads By Google

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2016/2017 Fomat Word"

Powered by Blogger.