Daftar Sekolah Peserta Didik Berganda Pada Dapodik Tahun 2018

Sahabat operator dapodik yang kami hormati, kali ini admin blog guru-id akan membagikan info resmi dan cukup penting untuk diketahui oleh rekan-rekan operator sekolah se-nusantara karena menyangkut kepentingan sekolah. Pada tanggal 19 September 2016 Admin pusat dapodikdasmen mempublikasikan info terbaru yang berjudul "Daftar Sekolah Teridentifikasi Peserta Didik Berganda Tahun Ajaran 2017/2018", daya mana yang dimaksud? tentunya data dapodik sekolah anda, info ini ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA dan SMK dan Operator Dapodik. Nah berdasarkan berita tersebut, maka ada 4 informasi yang akan admin sampaikan melalui posting ini yakni sebagai berikut:

1. Hasil kesepakatan bersama Tim BOS, perlakuan terhadap data peserta didik berganda oleh admin pusat

  • Sistem menghapus salah satu peserta didik dari anggota rombel. Perlakuan ini diterapkan pada peserta didik berganda yang terdaftar di sekolah yang sama.
  • Sistem meregistrasikan keluar kedua data peserta didik sebagai peserta didik tidak aktif. Perlakuan ini diterapkan pada data peserta didik berganda yang terdaftar lebih dari satu sekolah.

2. Penyebab adanya data peserta didik berganda diidentifikasi karena perilaku penggunaan Aplikasi Dapodik diluar prosedur yang benar, diantaranya adalah :

  • Peserta didik mutasi/lulus sudah diinput/ditarik di sekolah yang baru, namun di sekolah yang lama belum diregistrasikan keluar sebagai peserta didik mutasi/lulus.
  • Registrasi aplikasi Dapodik menggunakan data prefill yang lama (tidak mengunduh kembali dari aplikasi generate prefill
  • Installasi Aplikasi Dapodik dan input data sekolah yang sama pada beberapa komputer yang berbeda.

Jika Sekolah anda yang termasuk dalam daftar validasi peserta didik berganda diharapkan segera melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Lakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik atau registrasi ulang Aplikasi Dapodik jika diperlukan.
  2. Periksa kebenaran data peserta didik (jumlah peserta didik dan anggota rombel)
  3. Identifikasi data peserta didik yang ditandai tidak aktif.
  4. Jika peserta didik benar terdaftar dan aktif di sekolah pastikan data peserta didik dikembalikan dari menu PD Keluar dengan menggunakan tombol Batalkan.
  5. gambar cara hapus siswa berganda di dapodik
  6. Sekolah dilarang mengaktifkan data peserta didik yang sudah mutasi/lulus/keluar dikarenakan akan masuk kembali kedalam data peserta didik berganda. Jika diperlukan lakukan konfirmasi kepada sekolah yang bersangkutan karena hal ini dapat merugikan sekolah dimana peserta didik tersebut aktif terdaftar.
  7. Lakukan sinkronisasi untuk mengirim perbaikan data.

Menurut info dari admin pusat yang kami kutip dari web dapodikdamen bahwa Kepala sekolah yang yang teridentifikasi terdapat peserta didik berganda akan mendapatkan pesan singkat (SMS) dengan masking DIKDASMEN sebagai pemberitahuan resmi dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jika nomor handphone kepala sekolah tidak ditemukan maka akan diteruskan kepada operator sekolah. Bagi sekolah yang tidak mendapatkan pesan tersebut berarti data nomor handphone kepala sekolah dan operator yang terdata di Dapodik tidak valid atau tidak diisi. Informasi ini disampaikan pula kepada KKDATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui email.

Daftar Sekolah Peserta Didik Berganda - Download

Berikut admin bagikan beberapa lampiran daftar peserta didik berganda berdasarkan data dari Admin pusat Dapodikdasmen tahun 2016/2017

gambar lampiran 1 Daftar Sekolah Peserta Didik Berganda Pada Dapodik Tahun 2016/2017
gambar Daftar Sekolah Peserta Didik ganda Pada Dapodik Tahun 2016/2017

Demikian info terkait Daftar Sekolah Peserta Didik Berganda Pada Dapodik yang bisa admin bagikan. Jangan lupa lihat juga daftar sekolah yang belum sinkronisasi dapodik tahun 2017/2018

sumber: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/daftar-sekolah-teridentifikasi-peserta-didik-berganda-tahun-ajaran-2016-2017

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel