Cara Registrasi Aplikasi RKAS dan Mendapatkan Kode Registrasi

Pertanyaan kali ini, Bagaimana cara registrasi dan mendapatkan Kode registrasi Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)? Jawabannya berdasarkan buku panduan RKAS Kemendikbud yakni kode registrasi didapat dengan cara mengajukan ke Dinas Pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Setelah mengajukan Dinas pendidikan akan membuatkan kode registrasi aplikasi rkas ini kemudian mintalah ke admin dinas pendidikan wilayah kerja anda.

Berikutnya guru-id tuliskan langkah-langkah registrasi aplikasi rkas online.

gambar cara registrasi aplikasi rkas kemendikbud

Tahap pertama, Pengguna melakukan install aplikasi RKAS ke komputer. Caranya download ==> aplikasi RKAS. ke link berikut : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download.html. Selanjutnya double mengklik file Setup-RKAS.exe, Ceklis create a desktop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik next. klik Install dan tunggu sampai proses selesai.

Tahap kedua, Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke aplikasi RKAS. Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda dapat memintanya pada dinas pendidikan.

Tahap ketiga, Form Registrasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah untuk mengaktifkan / mendaftarkan sekolah kita kedalam sistem. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data registrasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masingmasing kolom inputan:

Untuk mendapatkan kode registrasi aplikasi RKAS dikdasmen silahkan ke dinas pendidikan.

a. Kode Registrasi (wajib diisi) : kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan kabupaten.

b. Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh nama operator sekolah. c. Email (wajib diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya.

d. No Handphone : kolom ini diisi dengan nomor hendphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah.

e. Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui.

f. Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.

g. Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).

h. Tombol Registrasi : tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet.

gambar proses registrasi aplikasi rkas selesai

Untuk proses pengisian aplikasi RKAS dan sinkronisasi data dari sekolah ke dinas pendidikan wajib menggunakan Internet. Pembahasan lebih lengkap dan jelas akan di tulis pada posting berikutnya.

Sumber referensi, Buku Panduan Aplikasi RKAS Kemendikbud 2019, UNDUH

Terima kasih telah membaca tulisan guru-id. Semoga topik tentang cara registrasi aplikasi RKAS kemendikbud ini berguna.

20 Responses to "Cara Registrasi Aplikasi RKAS dan Mendapatkan Kode Registrasi"

  1. banyak sekolah di daerah yang belum bisa mengakses RKAS 2019

    ReplyDelete
  2. selamat pagi mau nanya tentang rkas, sya sdah pernah instal dan registari,,namn laptop ma diganti dan rgis lagi di laptop yg satunya dengan email yg sama yag sdah pernah terdaftar tapi tidah bisa masuk, bagaimna solsinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera hubungi admin dinas pendidikan daerah anda

      Delete
  3. Selamat siang, ingin sedikit mohon bantuan, kalau saat registrasi tidak bisa dan akan muncul pemberitahuan " Tidak bisa mengambil data sekolah" apa yg bisa dilakukan agar bisa registrasi?

    ReplyDelete
  4. mohon solusinya.. Rkas online saya sudah terdaftar dan sudah kerja sebagian tapi sekarang tidak terhubung lagi serves itu kenapa yh??? mohon solusinya

    ReplyDelete
  5. sudah 2 jam lebih sinkron RKAS online masih muter2 ja, mohon solusinya

    ReplyDelete
  6. bagaimana cara mendapatkan kode aktivasi aplikasi RKAS selain dari dinas pendidikan,soalnya saya pernah menanyakan masalah kode aktivasi tersebut tapi pihak dinas pendidikan mengaku/mejawab mereka tidak mengetahui hal tersebut/tentang aplikasi tersebut.

    ReplyDelete
  7. bagaimana solusinya jika registrasi gagal terus.

    ReplyDelete
  8. Kode Aktifasi bisa didapat dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta ke admin rkas dinas pendidikan setempat

      Delete
  9. APAKAH KODE AKTIVASINYA PAKAI HURUF KAPITAL...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode registrasi huruf kapital semua, dan didapat dari dinas. agar berhasil registrasi, saya sarankan gunakan yang arkas versi 2.0 , nanti dia otomatis updte ke 2.03

      Delete
  10. apa yg kita lakukan jika tertulis kode aktivasi atau npsn tidak terdaftar?

    ReplyDelete
  11. Bagaimana cara instal ARKAS Versi 2.05 di laptop lain ketika beres instal dan memidnahkan file backup arkas dan menjalankan aplkasinya tidak jalan ada tulisan teridintifikasi telah diinstal di perangkat lain. Bagaimana cara mengatasinya yach...? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  12. Bagaimana cara instal ARKAS Versi 2.05 di laptop lain ketika beres instal dan memidnahkan file backup arkas dan menjalankan aplkasinya tidak jalan ada tulisan teridintifikasi telah diinstal di perangkat lain. Bagaimana cara mengatasinya yach...? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  13. Setealh instal aplikasi ARKAS di laptop lain dan memindahakan file cackup nya ternyata aplikasi menyatakan "teridentifikasi telah diinstal di lapotop lain" dan aplikasi tidak jalan . bagaimana cara mengatasinya yach... ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  14. saya lupa kode aktivasi ARKAS yang di berikan oleh Dinas, bagaimana cara untuk mendapatkannya kelmbali

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel