Cara Mengerjakan E-rapor Dengan Jaringan LAN

Sobat edukasi, aplikasi erapor merupakan aplikasi resmi kemendikbud yang terintegrasi dengan dapodik. Aplikasi ini dapat digunakan guru untuk melakukan pengolahan nilai peserta didik.

gambar cara mengerjakan erapor dengan banyak laptop

Kelebihan dari Erapor salah satunya adalah bisa dikerjakan secara offline dan juga online sesuai kebutuhan.

Sehubungan dengan persiapan pembagian rapor Semester genap Tahun pelajaran 2021, sekolah wajib mengisikan nilai harian, PTS dan PAS ke erapor. Hasilnya akan menjadi nilai rapor siswa final.

Untuk mempermudah pengerjaan e-rapor, sangat disarankan bersama-sama mengisinya sesuai dengan tugas masing-masing. Baik guru mata pelajaran maupun wali kelas.

Pada postingan ini guru-id akan berbagi panduan singkat seting jaringan LAN erapor agar bisa dikerjakan di banyak laptop/komputer.

Baca juga : Cara Mengatasi Nilai di Erapor Kosong padahal sudah terisi, Lihat Panduan

Konfigurasi Jaringan LAN Erapor

Pertama-tama sekolah sudah memiliki ruang khusus yang telah tersedia jaringan lannya. beberapa peralatan sederhana untuk LAN yaitu HUB (20 port minimal), Unshielded Twisted Pair Cable (UTP) yang sudah terpasang pastinya, Connector RJ45 sebanyak port, dan tang crimping jika ingin mengerjakan sendiri.

Jangan lupa siapkan juga laptop/komputer sebagai client dan satu buah laptop yang sudah terinstall Erapor sebagai server.

Jika semua sudah tersedia, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Catatan : Matikan terlebih dahulu windows firewall di laptop server (caranya klik control panel/sistem and security/windows firewall).

STEP 1 : Pastikan kabel LAN dari HUB ke Komputer server dan client sudah terkoneksi semua

STEP 2 : Pada komputer server erapor (utama) yang terinstall aplikasi erapor kita akan seting ip adres terlebih dahulu. pastikan laptop sedang tidak terkoneksi Internet baik client maupun server

gambar cara setting ip adress untuk LAN

Caranya open network and sharing center, selanjutnya pilih change adapter setting.

STEP 3 : KLik kanan local area Connection. Pilih properties.

STEP 3 :Pada jendela local area connection properties, pilih Internet Protocol version 4, kemudian klik tombol properties

STEP 4 : Pada form use the following ip address, isikan angka-angka ip adress seperti gambar dibawah ini. sedangkan subnet mask cukup klik di form maka akan terisi otomatis. atau ikuti saja isian tersebut. kalau sudah selesai klik ok

gambar ip adress laptop server erapor

STEP 5: Ulangi langkah ini untuk pengaturan laptop Client. Tapi Ip adress diganti, atau diurutkan saja, misal ada 20 laptop. Jadi ip adress nya nanti dimulai dari 192.168.1.2 sampai dengan 192.168.1.20. Semoga dipahami ya.

STEP 6: Untuk login erapor di komputer client. Pada laptop client Buka browser internet anda, misal google chrome atau mozilla fire fox.

Pada tab address ketikkan Ip adress laptop server dan diakhiri angka 3679 atau 2679 (khusus Erapor), Lihat contoh 192.168.1.1:3679

login erapor di komputer client

Jika sudah benar mengetikkannya seperti gambar diatas tekan tombol enter di keyboard laptop, maka akan tampil laman login erapor.

Belum punya Aplikasi erapor Gratis versi terbaru??? Download di sini.
1. Aplikasi e-rapor SD tahun 2019-2020 (UNDUH)

2. Aplikasi E-rapor SMP Tahun 2019-2020 (UNDUH)

3. Aplikasi E-rapor SMA Versi 2019-2020 (UNDUH)



' Penutup

Demikianlah Informasi tentang cara mengerjakan E-rapor dengan banyak laptop menggunakan jaringan LAN. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengerjakan E-rapor Dengan Jaringan LAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel