Program Terbaru Mendikbud 2020 | Hapus USBN dan UN, RPP Format Baru + Peraturan Baru PPDB

Guru-id.com - Program TerBaru Mendikbud merupakan program pendidikan yang akan diterapkan di sekolah pada tahun 2020. sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Ada empat program yang dinamai "Merdeka Belajar".

gambar kebijakan program baru kemendikbud 2020

Program atau kebijakan baru tersebut meliputi Pengganti USBN dan Ujian Nasional, Penyederhanaan dan pengembangan RPP Guru, serta Perubahan peraturan PPDB tentang jalur Zonasi.

Dengan kebijakan baru ini pendidik dan tenaga pendidikan berharap pendidikan di Indonesia akan semakin maju dan terus merdeka sesuai Judul Kebijakan bapak Nadiem Anwar Makariem.

Sesuai dengan judul Posting. Guru-id akan memposting ulang pokok-pokok baru mendikbud yang ada di dalam pdf ke blog ini sehingga bisa dibaca oleh seluruh Guru di Indonesia.

1. Pengganti USBN Tahun 2020

Jika USBN akan dihapus, tentu saja harus ada penggantinya kan ? mendikbud ternyata sudah menyiapkan pengganti Ujian Sekolah berstandar Nasional Tahun 2020 mendatang.

Apa itu, Tahun 2020, USBN akan diganti dengan ujian (asesmen) yang diselenggarakan hanya oleh sekolah

Ujian untuk menilai kompetensi siswa dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan/atau bentuk penilaian lain yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis, dsb.)

Adapun Anggaran USBN dapat dialihkan untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran

2. Pengganti Ujian Nasional

Tahun 2021 UN atau Ujian Nasional resmi dihapus dalam artian tidak akan diadakan lagi. Tapi bukan dihapus saja loh melainkan akan diganti dengan program baru.

Apa itu ? UN akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Ada 3 pembelajaran penting yang ditekankan mendikbud kepada guru agar diajarkan siswa yaitu :

1. Literasi: Kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa

2. Numerasi :

Kemampuan bernalar menggunakan matematika

3. Karakter: Misalnya pembelajar, gotong royong, kebhinnekaan, dan perundungan

Pembelajaran ini Dilakukan pada siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11) sehingga mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran dan tidak bisa digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya

Selain itu, Pembelajaran ini Mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA dan TIMSS

Ayo baca Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Penyelenggara Ujian Yang diselenggarakan Sekolah dan Ujian Nasional, (UNDUH PDF)



3. Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

RPP kurikulum 2013 menurut guru, sangat banyak komponenanya. Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Tahun 2020, Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP

Adapun 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri):

▪ Tujuan pembelajaran
▪ Kegiatan pembelajaran
▪ Asesmen
1 halaman cukup

Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Ayo baca Surat edaran mendikbud nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP, (Baca disini)



4. Peraturan PPBD terbaru 2020-2021

Sahabat guru, Mendikbud akan membuat kebijakan yang lebih fleksibel terkait dengan Peraturan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020-2020.

Tujuan dari permendikbud nomor 44 tahun 2019 adalah untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah:

Sehingga akan dibuat kebijakan baru berikut ini :

▪ Jalur zonasi : minimal 50%
▪ Jalur afirmasi: minimal 15%
▪ Jalur perpindahan: maksimal 5%
▪ Jalur prestasi (sisanya 0-30%, disesuaikan dengan kondisi daerah)

Implementasinya pada Tahun 2020 Daerah berwenang menentukan proporsi final dan menetapkan wilayah zonasi

Pemerataan akses dan kualitas pendidikan perlu diiringi dengan inisiatif lainnya oleh pemerintah daerah, seperti redistribusi guru ke sekolah yang kekurangan guru

Ayo baca permendikbud nomor 44 Tahun 2019 Tentang PPDB TK SD SMP SMA dan SMK, (Download PDF)



Selanjutnya silahkan Download Power point Pokok-pokok Kebijakan Merdeka Belajar Mendikbud yang baru tahun 2020, (SIMPAN FILE).

Penutup

Semoga posting ini bermanfaat Untk guru senusantara. Sebarkan artikel ini agar kebijakan ini dibaca oleh seluruh guru di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel