Download Soal UNBK SMP 2019-2020 dan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal

Guru-id.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer atau lebih dikenal dengan UNBK rencananya akan mulai dilaksanakan pada bulan April Mendatang. Tahun 2020 merupakan terakhir kalinya pelaksanaan Ujian Nasional jenjang SMP/SMA/SMK. Sesuai program merdeka belajar pak nadiem, UN akan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimal.

gambar oal unbk SMP 2020

Perkenalan Model soal Asesmen Kompetensi Minimal Guru dan siswa akan diujikan pada pelaksanaan Gladi Bersih UNBK bulan Maret mendatang. Tujuannya adalah melakukan analisis terhadap soal sehingga guru bisa mengetahui tingkat kesulitan atau level Kognitif Soal-soal AKM UNBK tahun 2020.

Sebagai persiapan pelaksanaan Gladi bersih dan UNBK tahun 2020 yang utama bagi siswa khususnya adalah tetap menjaga kesehatan sampai selesai pelaksanaan. Guru bisa memberikan arahan dan nasehat pada peserta didiknya agar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. Sebagai langkah awal agar siswa diingatkan untuk mengurangi bermain gadget dan hal yang tidak bermanfaat lainnya.

Guru mengarahkan agar peserta didik lebih banyak mempelajari materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya dan berlatih soal-soal baik secara mandiri maupun bersama Gurunya.

Sebagai langkah positif, mungkin sekolah bisa mengadakan kegiatan Jam Tambahan khusus Mata pelajaran yang di UN kan Atau melaksanakan Try Out. Di zaman teknologi sekarang ini untuk berlatih soal-soal tidak sulit lagi, siswa bisa memanfaatkan situs-situs di internet yang menyediakan soal latihan UNBK Secara gratis maupun berbayar.

Untuk model soal Asesmen kompetensi UNBK tahun 2020 sendiri memang belum beredar di Internet secara gratis, tapi untuk contoh insya allah akan penulis bagikan di halaman ini, bahkan bisa di download secara gratis sebagai pengenalan Awal. Soal AKM yang penulis bagikan ini tentu saja resmi dari puspendik.

Sesuai dengan judul posting, Penulis akan mencoba berbagi contoh latihan soal-soal UNBK tahun 2019-2020 dan Contoh Soal Asesmen Kompetensi yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban beserta pembahasan. Untuk file dalam format PDF silahkan download filenya melalui tautan internal dibawah ini.

Akhirnya

Penulis cukupkan sampai disini dulu postingan yang membahas soal UNBK tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat dan menjadikan referensi belajar untuk Peserta didik jenjang SMP/MTS. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel