Bagaimana cara plastik masuk ke dalam tubuh kita? Jelaskan! , Ini Jawabannya

Guru-id.com - Pada hari ini materi belajar SMA yang tayang di TVRI hari Senin 27 April 2020, yang akan dipelajari adalah tentang Ancaman Sampah Plastik dan Pengelolaannya. Adapun Kompetensi Literasi yang harus dikuasai siswa adalah Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi; (2) menilai akurasi informasi dalam bacaan dan keragaman penggambaran masyarakat dalam teks. Nah, sebagai tenaga pengajar agar nanti melihat tayangan Video tiap materi sehingga lebih mudah menjawab soal-soalnya.

gambar kunci jawaban soal SMA 27 April 2020  TVRI

Untuk lebih jelasnya simak soal-soal Bahasa Indonesia SMA belajar melalui TVRI dibawah ini dan insya allah kunci jawaban beserta pembahasan akan ditampilkan dilaman ini. (Masih proses pengerjaan)

Jangan lupa lihat Materi Pembelajaran Minggu Ketiga 27-30 April 2020 (SELENGKAPNYA)

Plastik merupakan salah satu benda yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Selain memiliki manfaat yang beragam, tahukah teman kalau plastik juga menyimpan dampak buruk bagi tubuh kita? Oleh karena itu, cermatilah tayangan berikut mengenai Dampak Plastik bagi Kesehatan Kita. Kemudian catatlah pertanyaannya. Untuk menjawabnya kamu dapat berdiskusi dengan orang tua, saudara, atau mencarinya dari berbagai sumber.

Pertanyaan

Bagaimana cara plastik masuk ke dalam tubuh kita? Jelaskan!

Jawaban terbaik :Sahabat Edukasi, Plastik bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan. Sebuah penemuan menjelaskan bahwa mikroplastik air keran, air botol, ikan dan jaringan kerang, dan bahkan dalam bir, nah benda tersebut akan masuk ke paru-paru dan sistem pencernaan kita. Atau dari ikan ke manusia plastik juga sangat berbahaya bisa merusak organ tubuh.



Setelah menyaksikan tayangan tersebut, tentunya teman-teman banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat serta mulai mengubah perilaku penggunaan barang plastik sekali pakai. Sekarang selesaikan tugas berikut dalam satu tulisan pendek. Tulis jawabanmu dalam tiga paragraf. Usahakan dalam satu paragraf minimal tiga kalimat dan hubungan antarkalimat saling terkait dan padu. Lalu tulis judulnya di bagian tengah atas.

Pertanyaan

Bagaimana perilaku dirimu, keluargamu, dan masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggalmu terhadap penggunaan sampah plastik sekali pakai?

Jawaban terbaik : Saya akan mulai mengajak keluarga untuk mengurangi enggunaan sampah plastik sekali pakai dimulai dari dari hal kecil dulu. Misalnya Selalu berusaha untuk membawa botol minuman sendiri ketika bepergian, memilih membeli minuman yang tempatnya gelas bukan dari plastik, tidak membuang sampah sembarangan, daur ulang.



Bagaimana teman-teman, menarik ya informasi dari tayangan ini? Ternyata kantong plastik bisa dibuat jadi aspal. Tentunya kamu terinspirasi untuk melakukan penelitian sesuai dengan topik yang kamu minati. Penelitian tidak harus dilakukan di tempat yang jauh, tempat yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu pun bisa. Jangan lupa membaca berbagai sumber sebagai landasan teori dan contoh-contoh penelitian yang sudah ada. Kamu bisa juga bertanya kepada orang tua, saudara, teman, atau guru.

Soal :Buatlah penelitian sesuai dengan topik yang kamu minati! Identifikasi masalahnya, susun kerangka pemikiran, rumuskan hipotesis, uji hipotesis, lakukan pembahasan, dan tarik kesimpulan dari penelitian ini.

Kunci Jawaban referensi adalahklik lihat contoh penelitian pemanfaat limbah plstik jadi aspal (DISINI)



Teman-teman, bagaimana tanggapanmu terhadap tayangan video tersebut? Pastinya bangga, ya. Limbah sampah plastik dapat diolah menjadi BBM. Untuk mengetahui pemahamanmu terhadap tayangan tersebut catatlah pertanyaan berikut. Diskusikan dengan orang tua, saudara, atau teman, dan sampaikan penjelasanmu dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Pertanyaan: Mengapa sampah plastik tidak disarankan untuk dibakar?

Kunci Jawaban referensi adalah Karena Sampah plastik yang dibakar mengandung gas-gas berbahaya seperti gas rumah kaca dan karbon monoksida. nah kehadiran gas inilah yang dapat membuat pemanasan global (gas rumah kaca) sehingga mengakibatkan gangguan saluran pernapasan (Sesak napas). Yang lebih berbahaya lagi adalah gas monoksida, karena terlalu sering menghirup gas ini dapat mengganggu fungsi hemoglobin di dalam darah yang seharusnya mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika sudah parah, hal tersebut bisa berakibat fatal, bahkan hingga kematian.

(referensi : kumparan.com) Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap ARTIKEL ini menjadi manfaat untuk pembaca khususnya guru-guru di indonesia.

Baca juga : KUNCI JAWABAN SOAL TVRI SMA SELASA 29 APRIL 2020 (SELENGKAPNYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel