Cara Mudah Membuat Absen Online Guru dan Siswa

Guru-id.com - Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan di sekolah yaitu mengisi daftar kehadiran. Biasanya setiap hari siswa melaksanakan kegiatan ini dikelas, begitupula dengan guru dikantor. Namun kini Di era Pembelajaran daring dari rumah semuanya harus dilakukan secara online. Bukan hanya absen, tapi juga tugas online pun dikirimkan via Internet. Nah, Untuk mempermudah rekan-rekan guru maupun staf tenaga administrasi dalam menjalankan kegiatan absensi setiap hari, di laman ini akan dibagikan tutorial mudah dan sederhana khusus panduan membuat absen online.

gambar cara membuat absen online guru dan siswa

Bagaimana sistem kerja absen online ini ? caranya sangat mudah, Guru ataupun Tenaga administrasi hanya perlu memberikan link absensi online ke siswa maupun guru, selanjutnya guru melakukan pengisian data dan mengirimkan formulir kehadiran, nantinya setiap guru dan siswa yang mengisi formulir kehadiran online ini akan otomatis direkap oleh aplikasi.

Ini hanya sekedar alternatif saja dan cara paling sederhana dari pemula. Tetapi kalau anda ingin mencoba, mungkin bisa langsung mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Adapun bagi rekan-rekan pembaca yang ingin menambah pengetahuan, mungkin bisa juga mempelajari tentang cara muda membuat soal Online untuk SISWA. (PELAJARI DISINI TUTORIALNYA).

Jika rekan-rekan sudah membaca postingan saya sebelumnya tentang cara membuat soal online untuk siswa di google drive, maka langkah-langkah yang saya berikan disini akan jauh lebih mudah dipahami. Karena Aplikasi yang akan digunakan ini adalah google drive dngan memanfaatkan salah satu fiturnya yaitu google formulir.

Untuk lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini,

1. Cara Membuat Absen Online

#Langkah pertama : BUka situs google drive melalui tautan berikut : https://drive.google.com/drive/. Pada laman utama, klik tombol BARU, selanjutnya pilih lainnya, Google formulir dan formulir kosong .

#Langkah kedua Pada formulir tanpa judul silahkan Ganti dengan Judul misal "Daftar Hadir SMPN 3 Rambang" , PADA deskripsi formulir mungkin bisa ditambahkan keterangan lainnya.

#Langkah ketiga Agar terlihat resmi, kita kan menambahkan KOP Sekolah, caranya klik icon sesuaikan tema, kemudian pada header PILIH GAMBAR. Pilih unggah kemudian cari foto yang akan dijadikan KOP Sekolah.

#Langkah keempat KIta akan mengentri data-data guru ataupun siswa yang akan dimasukkan dalam rekap kehadiran online. Caranya klik IKON+ tambahkan pertanyaan, di kolom Pertanyaan Ganti dengan NAMA GTK atau nama siswa. Kemudian pada pilihan ganda ganti dengan DROP DOWN.

#Langkah kelima Berikutnya pada opsi pertanyaan, silahkan entrikan nama guru ataupun siswa perkelas di sekolah anda. Setelah selesai jangan lupa geser tombol wajib diisi.

#Langkah keenam klik icon DUPLIKAT. Kemudian ganti teks NAMA GTK/siswa dengan Jenis GTK jika guru, namun jika siswa bisa dengan dengan KELAS. nah jika guru bisa isi opsi dengan kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Administrasi. Sedangkan jika siswa bisa diisi dengan nama kelas.

AGar lebih dipahami, dan sebelum lanjut ke langkah cara membuat rekap daftar kehadiran, silahkan lihat tutorial dibawah ini supaya lebih mudah dipahami.

2. Berbagi link Absen online

Setelah Formulir Absen online dibuat, selanjutnya kita akan membagikannya ke Guru/Siswa agar mengirim formulir absen sesuai dengan jadwal absen yang ditentukan. Caranya pada pjok kanan atas klik tombol KIRIM pilih tautan, perpendek url kemudian salin, seperti tutorial dibawah. nah silahkan bagikan linknya ke grup guru ataupun siswa dan arahkan agar mereka membukanya/mengkliknya

3. Cara Membuat rekap absen Online

#Langkah pertama: Setelah guru/siswa mengirim formulir absen yg tadi kita buat, maka Untuk membuat dan melihat rekap kehadiran guru dan siswa dalam format excel. pertama-tama pada laman google formulir, klik Respons, berikutnya klik ikon warna hijau "Membuat spreadsheet" lalu klik BUAT.

#Langkah kedua: Selanjutnya tunggu proses sampai halaman menampilkan halaman spreadsheet, di dalam form tersebut nanti sudah terekap waktu kehadiran dan tanggal absensi sehingga kita mengetahui kapan Guru/siswa mengisi absen online ini. dan nantinya dapat dicetak berupa excel sebagai rekapitulasi arsip absensi online.

Selengkapnya silahkan lihat tutorial dibawah ini.

Bagaimana sangat mudah kan ? jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung hubungi admin melalui kontak yang tersedia. Nah sebelum menutup artikel bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan soal-soal Online Tematik SD silahkan buka melalui tautan dibawah ini.

LInk tugas online tematik SD Pertema


LINK Tugas Online PAS Tematik


LINK Tugas Online Matematika SD


aKHIR kATA

Demikianlah informasi yang bisa guru-id bagikan melalui artikel ini. Semoga tutorial membuat soal online ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Absen Online Guru dan Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel