Tutorial Mudah Membuat Soal Online di Google Drive Sampai Dengan Melihat Rekap Nilai Siswa

Guru-id.com - Sehubungan dengan kebutuhan Guru di zaman Pembelajaran daring dari rumah, dan juga permintaan dari rekan-rekan Grup guru SD Indonesia (klik gabung Grup). Pada posting kali ini akan dipublikasikan sebuat tutorial yang membahas tentang cara membuat soal online di google drive tepatnya lewat google form. Bagi rekan-rekan guru yang ingin mencoba cara lain bisa juga menggunakan situs jotform.

Jika tertantang untuk mencoba : BAca juga tentang , Cara Membuat Soal Online di Jotform.

Kembali ke pembahasan, untuk mulai membuat soal online di google drive, rekan-rekan guru wajib menyiapkan satu buah email google aktif dengan menggunakan domain gmail.com. contoh email google yang dimaksud ( xxxxx@gmail.com). Jika sudah paham langsung ikuti step-step dibawah ini.

#Langkah pertama : BUka situs google drive melalui tautan berikut : https://drive.google.com/drive/. Pada laman utama, klik tombol BARU, selanjutnya pilih lainnya, Google formulir dan dari template seperti penampakkan dibawah.

#Langkah kedua : Pada laman template google formulir, pilih template Penilaian, seperti penampakkan dibawah.

galeri template soal online

#Langkah ketiga Pada laman google formulir, kita akan mulai membuat soal online. Pada TEKS Penilaian silahkan ganti dengan judul soal online anda misal "Soal Online kelas 3 Tema 7"

#Langkah keempat Untuk membuat user login siswa, misal nama siswa dan nama sekolah, silahkan klik ikon + disamping kanan dan pilih tambahkan pertanyaan, di dalam form pertanyaan ganti tulisan dengan nama siswa.

#Langkah kelima Pada jenis pilihan ganda ganti dengan Jawaban singkat.

#Langkah keenam Kita akan mulai membuat soal. Agar lebih mudah anda terlebih dahulu telah menyiapkan file soal dalam format word, jadi nanti soalnya tinggal kita kopi paste saja (nanti akan dipraktikkan caranya).

#Langkah ketujuh kita akan mmebuat soal dihalaman 2,, caranya klik tombol Tambahkan bagian di samping kanan. Bagian judul silahkan diganti atau disesuaikan sendiri.

#Langkah kedelapan : Mulai membuat soal pilihan ganda nomor 1, caranya klik ikon + disamping kanan dan pilih tambahkan pertanyaan, di form pertanyaan ketikkan soal atau kopi paste dari soal telah dibuat di dokumen word

#Langkah kesembilan: Membuat pilihan jawaban, ganti teks opsi 1 dengan jawaban yang akan di masukkan. ulangi sampai opsi 4. pada bagian bawah soal geser ke wajib diisi.

#Langkah kesepuluh: Membuat kunci jawaban dan skor tiap soal. Klik teks kunci jawaban dan poin. kemudian masukkan poin misal 4, selanjutnya pilih salah satu jawaban yang benar dan klik tombol selesai.

#Langkah kesebelas: Membuat soal berikutnya , caranya klik ikon Duplikat dibagian bawah, dan ulangi langkah kesembilan sampai sepuluh. sampai selesai.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial gambar bergerak dibawah ini

Berbagi link soal online ke siswa

Setelah soal dibuat kita akan berbagi link soal ke siswa. Caranya pada pjok kanan atas klik tombol KIRIM pilih tautan, perpendek url kemudian salin, seperti tutorial dibawah.

Melihat Jawaban dan Nilai Siswa

Untuk melihat nilai siswa beserta jawabannya dalam format excel. pertama-tama pada laman google formulir, klik Respons, berikutnya klik ikon warna hijau "Membuat spreadsheet" lalu klik BUAT.

Selanjutnya tunggu proses sampai halaman menampilkan spreasheet, kemudian setelah tampil nilai siswa, kita akan mencetaknya dalam format excel, caranya klik file, pilih download dan dan microsoft excel. seperti tutorial dibawah.

Bagaimana sangat mudah kan ? jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung hubungi admin melalui kontak yang tersedia. Nah sebelum menutup artikel bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan soal-soal Online Tematik SD silahkan buka melalui tautan dibawah ini.

LInk tugas online tematik SD Pertema


LINK Tugas Online PAS Tematik


LINK Tugas Online Matematika SD


aKHIR kATA

Demikianlah informasi yang bisa guru-id bagikan melalui artikel ini. Semoga tutorial membuat soal online ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

6 Responses to "Tutorial Mudah Membuat Soal Online di Google Drive Sampai Dengan Melihat Rekap Nilai Siswa"

  1. Kalau soalnya ada gambar bisa gak min? Atau kalau matematika bisa gak masukkan Equation?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bu,coba lihat contoh soal matematika yang sudah saya share di laman ini

      Delete
  2. sy sudah coba buat dan sy uji coba isi sendiri sampai view score, tapi kenapa ketita link nya sy share dengan link yg berbeda dan coba dibuka tampilannya view score y min? bagaimana cara biar tampilannya seperti semula yg berbentuk soalnya min? trmkash

    ReplyDelete
  3. kalau untuk smp ada contoh kah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel