Cara Membuat Soal Ujian Online di Google Form Pakai Timer

Guru-id.com - Jika rekan-rekan Pembelajar tertarik menambahkan timer pada soal ujian online di Google Formulir, maka halaman ini akan berbagi tutorialnya.

Bagi rekan-rekan yang belum paham cara membuat soal di google form, bisa mengikuti langkah-langkah nya melalui Link berikut : LIHAT PANDUAN.

gambar CARA membuat soal ujian online pakai timer

Setelah berhasil membuat soal di google formulir, ikuti lengkah-langkah dibawah untuk menambahkan timer/waktu ujian ke dalam soal anda.

1. Buka Halaman Soal Google formulir anda.

2. Arahkan kursor ke pjok kanan atas, Kemudian klik ikon titik tiga, pilih menu "ADD-ON" seperti penampakkan dibawah.

3. Pada laman Google suite marketplace, cari aplikasi yang bernama "Timify", jika sudah ketemu, klik aplikasi, di laman selanjutnya klik tombol "Install"

gambar cara install timify.me

4. Jika muncul notifikasi, klik "Lanjutkan". Dilaman selanjutnya pilih akun google anda, Lalu pada notifikasi berikutnya. Klik "Izinkan"

5. Tunggu proses sampai terinstall, jika berhasil maka akan muncul notifikasi "Timify berhasil di Install", selanjutnya klik tombol "berikutnya" dan klik selesai.

gambar timify

6. Dilaman utama google formulir, anda klik ikon Pengaya, kemudian klik teks " timify.me - timer for google form" kemudian klik "configure"

7. Pada jendela baru yang muncul disebelah kanan layar, memberikan informasi, agar terhubung dengan timify, harus memasukkan TOKEN. Nah untuk membuat token, teman-teman harus membuat akun dulu di timify.

8. Caranya teman-teman klik teks "timify.me" seperti penampakkan dibawah ini.

9. Pada laman selanjutnya pilih "Sign with google", pilih email yang akan anda registrasi. tunggu proses. dan lengkapi informasi akun.

gambar daftar timify me

10. Pada form registrasi, masukkan data lengkap anda, mulai dari nama depan/belakang, pada purpose pilih "personal". Usage objective, pilih education, Password 8 digit kombinasikan dengan angkat dan huruf kapital.

11. Jika dirasa data sudah lengkap, klik tombol "Save your Account".

12. Sekarang anda telah berhasil registrasi, selanjutnya klik tombol COPY, untuk menyalin token.

13. Buka kembali tab/laman google formulir anda, kemudian pastekan token didalam kolom yang tersedia. Selanjutnya klik tombol "connect"

14. Setelah anda klik connect, maka form tetap tidak terhubung dan muncul error "Google error. Please try to log out from your Google account, then log in and try again - that usually helps. If that does not help, try Guest/Incognito mode or another browser."

15. tidak usah panik, silahkan teman-teman logout terlebih dahulu dari akun googlenya, kemudian login kembali, dan masuk kembali menggunakan akun google tadi.

16. Buka kembli google formulir anda, dan pastekan ulang token yang tdi sudah di salin. klik connect, setelah muncul notofikasi timify enable, silahkan klik tombol "Enable add-on for this form"

17. sekarang soal google form anda telah berhasil terkoneksi dengan timify. untuk mulai membuat soal yang ada timer nya, pertama-tama, rekan-rekan klik tombol "Create TEST".

gambar cara buat soal pakai timer

18. Pada form/kolom Add respondents, masukkan email siswa yang akan teman-teman guru undang untuk mengikuti ujian online, jika sudah dimasukkan klik enter.

19. Timer duration, pada kolom ini silahkan masukkan lamanya waktu ujian, misal 30 Menit.

20. Centang kotak "Auto-close form when time over" Ini berfungsi agar setelah waktu habis, soal akan tertutup otomatis tidak bisa dikerjakan lagi.

21. centang juga kota "Allow to view quiz score and results after submission" Agar setelah pengiriman jawaban siswa bisa melihat hasil nya

22. Langkah berikutnya klik tombol "Create"

gambar cara seting soal online pakai timer

23. Langkah berikutnya untuk mengirim link soal ujian ke siswa, klik tombol "SEND TEST", kemudian pilih email siswa yang tadi sudah anda tambahkan, klik Next.

24. Pada kolom message, masukkan teks yang anda inginkan untuk pemberitahuan ke email siswa, misal diisi dengan petunjuk umum pengerjaan soal. berikut klik NEXT, selanjjutnya klik lagi tombol SEND TESt

25. Berikutnya bapak dan ibu guru tinggal menyuruh siswa membuka kotak masuk emailnya untuk mulai mengerjakan soal. Berikut adalah tampilan email yang masuk ke siswa.

26. Untuk mulai mengerjakan soal, siswa tinggal klik tombol "OPEN the FORM", dilaman berikutnya jika sudah siap mengerjakan soal siswa bisa klik kembali tombol "OPEN the FORM". dan laman soal akan terbuka

INFORMASI

1. Link soal online menggunakan timer ini hanya bisa digunakan satu kali, agar bisa menggunakan lagi, guru harus menghapus terlebih dahulu responden di laman timify, kemudian mengirimi ulang undangan.

2. Untuk melihat demo soal online pakai timer, silahkan anda klik di dasborad timify tombol Publik form link, kemudian klik copy link, dan pastekan di browser anda.

3. SKOR Nilai bisa langsung dilihat melalui laman timifiy.

Demikianlah sekilas informasi yang bisa saya sampaikan. semoga tutorial ini bermanfaat. Untuk panduan lewat video youtube, lihat diatas. Terima kasih

0 Response to "Cara Membuat Soal Ujian Online di Google Form Pakai Timer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel