Download Contoh RPP Daring SD SMP SMA Format Selembar

Pembelajaran jarak jauh menggunakan moda daring dan luring. Pertanyaanya bagaimana guru membuat rencana mengajarnya agar pembelajaran tetap efektif ?

Jawabnya Guru bisa membuat RPP Daring untuk menjadi dokumen pendukung kegiatan belajar mengajar Online guru Di Masa Pandemic Virus Corona tahun 2020/2021. Dengan adanya Rencana Mengajar daring ini diharapkan guru tetap mampu menyampaikan materi pelajaran semaksimal mungkin. Walaupun tidak tatap muka namun ssiwa tetap bisa belajar dengan baik.

Sahabat Guru Indonesia, Di Era Pandemic Covid-19 Sekolah masih menggunakan sistem Pembelajaran daring untuk memutus rantai penularan Corona. Walaupun demikian pembelajaran berbasis Online dari rumah ini dinilai kurang efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa. Banyak kendala yang terjadi, salah satunya siswa kurang fokus belajar, banyak gangguan dari luar. Berbeda dengan tatap muka langung, siswa lebih fokus memperhatikan penjelasan guru. Selain itu terkendala di Fasilitas seperti Internet, Gadget dan sebagainya.

gambar contoh rpp daring 1 lembar

Pemerintah sudah memberikan solusi melalui Pembelajaran melalui TVRI Dari RUmah. Dengan adanya sistem ini diharapkan peserta didik yang tidak memiliki fasilitas online dapat tetap belajar dari rumah melalui Program TVRI.

Baiklah sesuai dengan judul Postingan laman ini akan berbagi contoh RPP daring 1 lembar yang bisa di download secara gratis melalui situs resmi kemendikbud dan di laman ini.

Contoh RPP Daring SD

Berikut contoh rpp daring kelas 1 SD tema 1 yang dibuat oleh saya sendiri dan bisa dijadikan sebagai referensi oleh teman-teman guru.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

• Setelah mendengarkan lagu yang di share melalui WA Grup, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.

• Setelah mengamati gambar yang di share melalui WA grup siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.

• Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.

• Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa (Secara Daring)

 Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan melalui Video yang telah disiapkan yang di share di WA grup

 Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang di share dan melalui tayangan Video di WA grup

 Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang disampaikan

 Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan dipandu oleh orangtua di rumahnya masing masing

 Masing masing mengerjakan tugas hasilnya disearhkan kepada guru melalui WA

 Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa

 Bersama guru, siswa dan orangtua memajang hasil pekerjaan siswa di di WA grup Kelas

 Pembelajaran jarak jauh (Daring) dengan membaca buku referensi, buku tema dan browsing atau melalui Program Belajar TVRI.

 Penugasan (Mengerjakan soal daring)

Kegiatan Penutup

Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Butuh referensi RPP lainnya ??? Silahkan klik Laman RPP 1 Lembar.



DOWNLOAD RPP DARING

berikut link download rpp daring untuk jenjang sd smp sma smk yang bisa kami bagikan.


BAGI TEMAN-TEMAN GURU YANG MEMBUTUHKAN REFERENSI RPP JENJANG SMP SMA DAN SMK BISA mengikuti langkah-langkah dibawah.

1. Klik link rpp daring berikut ini : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/.

2. pada laman berikutnya, pilih moda "daring", jenjang (Sesuai kebutuhan), Semua kelas (sesuai kebutuhan), Semua mata pelajaran (Sesuai kebutuhan).

3. Klik tombol terapkan warna biru

gambar rpp daring kemendikbud

4. cari rpp yang anda butuhkan, jika sudah ditemukan silahkan klik tombol "UNDUH RPP", maka akan ditampilkan dalam format PDF.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel