Materi Belajar TVRI 2-5 juni 2020 SD SMP SMA Minggu ke 8

Guru-id.com - Adik-adik, Pemerintah kembali membuka program belajar dari rumah melalui TVRI minggu kedelapan yang akan berlangsung mulai Selasa 2 Juni 2020 hingga jumat 5 juni 2020 mendatang. Panduan belajar dari rumah melalui TVRI minggu ini tidak jauh berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya, namun pada minggu kedelapan ada tambahan materi yakni belajar bahasa inggris.

gambar materi dan jadwal belajar TVRI minggu ke 8

Guru-id melalui laman ini selain akan merangkum jadwal belajar dari rumah melalui TVRI, juga akan menampilkan jadwal tayang belajar bahasa inggris.

Disalin dari Program BDR minggi ke 8 kemendikbud, Mulai minggu ini, kita akan belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris akan membantu kita berkomunikasi dengan berbagai orang di dunia. Banyak pengetahuan juga tersedia dalam Bahasa Inggris. Yuk, kita menambah kemampuan berbahasa kita dengan belajar Bahasa Inggris!

Di masa liburan mulai tanggal 15 Juni, program Belajar dari Rumah akan menayangkan pelajaran Bahasa Inggris setiap hari. Jadi terus ikuti yah program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di TVRI!

Berikut jadwal tayang belajar belajar bahasa inggris di TVRI

1 ● Selasa, 2 Juni, 9:30-9:35 ● Rabu, 3 Juni, 9:30-9:35 Welcome! (Selamat datang!) https://learningenglish.voanews.com/a/lets-learn -english-lesson-one/3111026.html


2 ● Selasa, 2 Juni, 10:30-10:35 ● Rabu, 3 Juni, 10:30-10:35 Hello, I'm Anna! (Halo, saya Anna!) https://learningenglish.voanews.com/a/lets-learn -english-lesson-2-hello/3113733.html

3 ● Kamis, 4 Juni, 9:30-9:35 ● Jumat, 5 Juni, 9:30-9:35 Where are you? (Dimana kamu?) https://learningenglish.voanews.com/a/lets-learn -english-lesson-5-where-are-you/3168971.html

4 ● Kamis, 4 Juni, 10:30-10:35 ● Jumat, 5 Juni, 10:30-10:35 Come over to my place (Main ke rumahku yuk) https://learningenglish.voanews.com/a/lets-learn -english-lesson-10/3285228.html

SOAL TVRI Selasa 2 JUNI 2020

1. besok, adik-adik kelas 1 2 dan 3 akan mulai belajar di tvri. Adapun materi yang akan adik-adik pelajari yakni Operasi Pengurangan.

Berikutnya KOMPETENSI NUMERASInya adalah Menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat dan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 1.000

Sedangkan soal-soal kelas 1 2 3 yang dipelajari adalah sebagai berikut :

Pertanyaan setelah video (4):

Selesaikan soal pengurangan berikut ini

dengan menggunakan nilai tempat!
67 = … puluhan + … satuan
24 - … puluhan - … satuan
.... = … puluhan + … satuan

Pertanyaan setelah video (6)
Selesaikan pengurangan berikut!
435 = … ratusan +... puluhan +... satuan
232 - … ratusan - ... puluhan - … satuan
.... = … ratusan + … puluhan + … satuan

Pertanyaan setelah video (8)
Tentukan hasil pengurangan berikut ini!
a) 482 b) 324
175 265
…… ……

2. besok, adik-adik kelas 4 5 dan 6 akan mulai belajar di tvri. Adapun materi yang akan adik-adik pelajari yakni X-Sains: Siklus Air. Berikutnya KOMPETENSI literasi yang ditingkatnya adalah Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya

Sedangkan soal-soal yang dipelajari adalah sebagai berikut :

Pertanyaan setelah video (2):

Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi !

Pertanyaan setelah video (3):

Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang berdampak negatif terhadap kelestarian air ?

Pertanyaan setelah video (4):

Pada eksperimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air ?

LIHAT KUNCI JAWABAN KELAS 1-6 SELASA 2 JUNI 2020 (SELENGKAPNYA)

3. Adik-adik SMP akan mulai belajar di tvri. Adapun materi yang akan adik-adik pelajari yakni Matematika: Layang-Layang dan Trapesium (1/2). Berikutnya KOMPETENSI numerasi yang ditingkatnya adalah Menentukan dan menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait dengan penerapan sifat-sifat dan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (layang-layang dan trapesium)

Sedangkan soal-soal yang dipelajari adalah sebagai berikut :

gambar layang-layang soal tvri SMP

Sebutkan sifat–sifat dari layang–layang pada gambar tersebut!

b) Sarif ingin membuat layang-layang seperti gambar dengan panjang AC = 16 cm dan BO : OD = 5 : 2. Ia menginginkan luas layang-layang adalah 168 cm2 . Ia mengatakan bahwa ia membutuhkan panjang benang 27 cm untuk membuat keliling layang-layang tersebut. Benarkah itu ? Berikan alasanmu !

Pertanyaan setelah video (3)

Sebuah taman berbentuk trapesium seperti pada gambar. Taman tersebut dikelilingi jalan dengan panjang jalan AD = 15 m, BC = 20 m, dan CD = 18 m. Jarak titik D ke E adalah 12 m.

gambar soal tvri

a) Pengelola taman menanam pohon bunga Tabebuya di sepanjang jalan AB dan diberi nama Jalan Pesona. Berapa panjang Jalan Pesona itu ?

b) Tahun lalu, pengelola taman menyelenggarakan lomba lari mengelilingi taman sebanyak 5 kali. Ia mengatakan bahwa peserta lomba menempuh jarak 480 meter. Benarkah itu? Berikan alasanmu !

c) Seorang pemandu wisata mengatakan bahwa luas taman itu adalah 732 m2 . Apakah kamu setuju dengan pendapat pemandu wisata itu? Berikan alasanmu!

LIHAT KUNCI JAWABAN SMP SELASA 2 JUNI 2020 (SELENGKAPNYA)

4. Adik-adik SMA/SMK akan mulai belajar di tvri. Adapun materi yang akan adik-adik pelajari yakni Persamaan Eksponensial - Bentuk 1, 2, dan 3. Berikutnya KOMPETENSI numerasi yang ditingkatnya adalah Menyelesaikan persamaan eksponensial secara aljabar

Sedangkan soal-soal yang dipelajari adalah sebagai berikut :

1. Tentukan himpunan penyelesaian berikut !

gambar soal SMA TVRI 2 juni 2020

2. Suatu perusahaan menawarkan sebuah program investasi. Perusahaan menyatakan bahwa pertumbuhan besar investasi pada program tersebut mengikuti suatu persamaan eksponensial Mt= P + (P x 2t-13 ) dengan P menyatakan besar investasi awal dan t menyatakan periode waktu investasi. Satu periode waktu investasi adalah 1 bulan.

Seseorang tertarik mengikuti program investasi tersebut dengan menginvestasikan uangnya sebesar Rp 32.000.000,00. Orang tersebut berharap dalam 9 bulan, nominal uang yang telah diinvestasikan berkembang menjadi Rp 36.000.000,00. Apakah harapan orang tersebut mungkin 3 terwujud ? Jelaskan jawabanmu!


Soal TVRI Rabu 3 Juni 2020

Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh adik-adik kelas 1 2 3 pada hari Rabu 3 Juni tahun 2020. Materi Petualangan Oki dan Nirmala: Pesta Balon

Pertanyaan pada akhir segmen 1 (awal -7:49):

Bagaimana pendapatmu tentang sikap Oki dan Felip ketika diminta membantu Nirmala ?

Pertanyaan pada akhir segmen 2 (7:50 - 12:07):

Tuliskan 3 kata yang menggambarkan sifat Pipiyot! Lalu, buatlah 3 kalimat dengan menggunakan kata sifat tersebut !

Pertanyaan pada akhir segmen 3 (12:08 - akhir):

Apa pesan penting yang harus diingat dari cerita Pesta Balon ?

LIHAT KUNCI JAWABAN KELAS 1 2 3 RABU 3 JUNI 2020 (SELENGKAPNYA)

Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh adik-adik kelas 4 5 6 pada hari Rabu 3 Juni 2020. Materi Museum Nasional

Pertanyaan setelah video (2):

Ceritakan kembali sejarah berdirinya Museum Nasional menggunakan bahasamu sendiri !

Pertanyaan setelah video (3):

Di Museum Nasional terdapat patung arca Ganesha. Coba jelaskan makna dari bentuk arca Ganesha tersebut !

Pertanyaan setelah video (5):

Sebagai siswa yang hidup di zaman milenial, bagaimana pendapatmu tentang sejarah manusia dari zaman purba seperti dijelaskan dalam tayangan tadi ?

LIHAT KUNCI JAWABAN KELAS 4 5 6 RABU 3 JUNI 2020 (SELENGKAPNYA)

Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa SMP pada hari Rabu 3 Juni 2020 Materi Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

VO sebelum video: Teman-teman, tahukah kamu bahwa matahari yang setiap hari memanasi bumi dapat menjadi sumber energi listrik? Hmm... untuk lebih jelasnya, mari kita simak tayangan berikut ini! !

Pertanyaan di akhir segmen 1 (0:00-6:58):

Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ?

Pertanyaan di akhir segmen 2 (8:28 - 14:31):

Mengapa panel surya (solar cell) menjadi bagian penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari ?

Pertanyaan di akhir segmen 3 (16:11 - 23:31):

Sebutkan tiga hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat penggunaan listrik! Berikan alasanmu


Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa SMA pada hari Rabu 3 Juni 2020 Materi Yoghurt dari Susu Kambing

Pertanyaan setelah video (2):

Hal-hal apakah yang perlu kamu persiapkan jika ingin berbisnis susu kambing perah ?

Pertanyaan setelah video (3):

Setelah mengetahui persiapan berbisnis susu kambing perah, lantas bagaimana cara beternak kambing perah agar menghasilkan susu kambing yang berkualitas? ?

Tugas: Praktikkan cara membuat yoghurt dari susu kambing atau susu sapi. Ajak keluargamu untuk mendampingimu. Tuliskan langkah-langkah membuatnya. Gunakan berbagai sumber bacaan untuk membuat yoghurt yang layak dipasarkan.


Soal TVRI Kamis 4 Juni 2020

Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa Kelas 1 2 3 pada hari Kamis 3 Juni 2020 Materi Mengenal Pecahan

1. Buatlah gambar yang menunjukkan pecahan: 3/5 dan 4/6

2. Manakah pecahan yang nilainya lebih besar, 1/3 atau 2/8 ? Jelaskan dengan bantuan gambar !

3. Tentukan Pecahan yang senilai dengan 2/4

4. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil sampai yang terbesar !

2/3 3/5 4/8 1/6

Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa Kelas 4 5 6 pada hari Kamis 3 Juni 2020 Materi Pengenalan Drama

1. Mengapa setiap cerpen dan novel bisa diadaptasi menjadi naskah drama? Jelaskan alasannya !

2. Bagaimana cara mengubah cerpen atau novel menjadi sebuah naskah drama?

3. Dalam membuat naskah drama, perlu dipahami 3 unsur penting yaitu penokohan, plot, dan dialog. Buatlah 1 adegan naskah drama yang diadaptasi dari cerpen atau novel dengan menerapkan 3 unsur tersebut!

4. Tuliskan watak setiap tokoh pada drama Kisah Pemulung dan Penjual Bakso!


Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa SMP pada hari Kamis 3 Juni 2020 Materi Pola Bilangan (1/2)

1. Sebutkan tiga suku berikutnya dari barisan 3, 4, 7, 11, 18, ...

2. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke 20 dari pola berikut:

Pertanyaan di akhir video (3):

1. Suatu reuni sekolah dihadiri oleh 50 orang. Masing-masing dari mereka saling bersalaman untuk melepas kangen. Ada berapa salam yang terjadi ?

2. Tentukan suku ke-30 dari barisan tingkat 2 berikut: 5, 12, 21, 32, 45, ….


Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa SMA pada hari Kamis 3 Juni 2020 Materi Persamaan Eksponensial - Bentuk 4, 5, dan 6

Pertanyaan setelah video:

1. Apakah x = 3 merupakan solusi dari persamaan berikut? Jelaskan alasanmu !

(3x + 1)2x - 4 = (x + 5)2x - 4

2. Ani menyatakan bahwa persamaan eksponen berikut tidak memiliki penyelesaian. Apakah kamu setuju dengan pernyataan Ani tersebut? Berikan alasanmu !

(x + 2)2x + 6 = (x2 + 4x + 4)3x + 5

3. Hitung jumlah akar-akar persamaan berikut !

32x + 1 - 28(3x) + 9 = 0

Soal TVRI Jumat 5 Juni 2020

Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa Kelas 1 2 3 pada hari Jumat 5 Juni 2020 Materi Senam Irama

Pertanyaan pada akhir video:

Apakah kamu setuju dengan ide Nisa untuk menggunakan musik tradisional dalam kegiatan senam ? Jelaskan alasanmu !

Pertanyaan pada akhir video:

Tuliskan 5 jenis tari tradisional dan daerah asalnya, selain dari yang telah dicontohkan pada tayangan tadi !

Pertanyaan pada akhir video:

Kelompok Nisa berhasil tampil dengan baik, namun tidak berhasil dapat nilai A.

a) Jelaskan mengapa mereka bisa tampil dengan baik?

b) Jelaskan pula mengapa mereka tidak dapat nilai A?


Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa Kelas 4 5 6 pada hari Jumat 5 Juni 2020 Materi penyajian data

Pertanyaan: Berikut merupakan data jumlah pasien yang hadir di Puskesmas selama satu minggu: Senin 35 orang; Selasa 20 orang; Rabu 22 orang; Kamis 15 orang; Jumat 35 orang; dan Sabtu 15 orang. Berapa perbandingan jumlah peserta sebelum hari Rabu dan setelah hari Kamis? Buatlah tabel data dan penjelasannya

Pertanyaan: Berikut merupakan data hasil panen Pak Seto dari bulan Januari sampai Mei: Januari 30 kg; Februari 25 kg; Maret 45 kg; April 50 kg. Jika jumlah keseluruhan hasil panen padi Pak Seto adalah 185 kg, berapa hasil panen padi pada bulan Mei? Buatlah dalam bentuk diagram batang !

Pertanyaan: Berikut merupakan data minat dari 180 siswa terhadap empat ekstrakurikuler di sekolah: Seni Suara 90°; Seni Tari 60°; 35 siswa menyukai Karate; dan sisanya suka Pencak Silat, Seorang siswa mengatakan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah Seni Suara. Apakah kamu setuju? Jelaskan dan buat diagram lingkarannya !


Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa SMP pada hari Jumat 5 Juni 2020 Materi Menjaga Hutan Indonesia

Pertanyaan setelah video (2):

Dari tayangan tadi, ada kata-kata menarik, "Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan." Bagaimana kamu memaknai kalimat tersebut berdasarkan kondisi lingkungan di sekitarmu

Pertanyaan setelah video (5):

Ternyata ada cara bertani di lahan gambut tanpa melakukan pembakaran. Berdasarkan tayangan tersebut, bagaimana caramu menyadarkan masyarakat agar menerapkan teknik bertani tanpa melakukan pembakaran lahan tersebut?

Pertanyaan setelah video (6):

Sebutkan tiga aktivitas manusia yang berpotensi mengurangi pemanasan global! Berikan alasan atau bukti pendukung yang dapat memperkuat pendapatmu.


Berikut soal-soal TVRI yang akan dipelajari oleh Siswa SMA pada hari Jumat 5 Juni 2020 Materi Pembahasan Soal TPS untuk Persiapan UTBK

Tugas:

1. Ceritakan persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi UTBK !

2. Jika tidak akan menghadapi UTBK, ceritakan persiapanmu kalau hendak ujian!

Link download Jadwal belajar TVRI minggu ke 8 Lengkap format PDF (ADA DISINI).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel