Guru Perlu Mengikuti 3 Tahap Ini Agar Belajar Dari rumah Menyenangkan

Guru-id.com, Sebagai seorang guru, tentunya hasil dari kegiatan belajar mengajar adalah penentu keberhasilan pengamalan Ilmu kepada peserta didik. Tak terkecuali di masa pandemic corona ini, sebagian daerah harus tetap belajar dari rumah guna memutus penyebaran wabah COVID-19.

gambar tips sukses pembelajaran dari rumah

Nah, sekedar berbagi informasi yang cukup penting bagi teman-teman Guru, berikut laman ini tuliskan 3 tahap yang perlu diikuti guru agar belajar dari rumah sukses.

A. PERSIAPAN

1. Lakukan pengumpulan informasi, pelajari dan pahami tentang berbagai regulasi, panduan, prinsip pembelajaran dan strategi pembelajaran tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

2. Pelajari, pahami dan analisis buku guru, buku siswa dan program pembelajaran semester kemudian buatlah perencanaan pembelajaran yang simple yang memotivasi peserta didik untuk melakukan kegiatan.

3. Buatlah rancangan jam belajar, untuk kelas bawah (kls 1,2 dan 3) jam belajar perlu luwes menyesuaikan dengan jam aktivitas orang tua. Pada kelas atas (kls 4,5 dan 6) jam belajar sesuai jam sekolah atau jam mengerjakan tugas.

4. Buatlah rancangan kelompok kecil (maksimal 5 orang) bagi peserta didik memimiliki gawai yang rumahnya berdekatan untuk memudahkan guru dalam pengiriman tugas dan pengumpulan tugas melalui orang tua.

5. Buatlah jadwal kunjungan rumah bagi peserta didik yang tidak mempunyai gawai dan lokasinya jauh dari teman satu sekolah untuk memberikan dan pengambilan tugas sebaiknya per minggu atau 2 minggu.

6. Lakukan pengumpulan informasi dan analisis terlebih dahulu mengenai kesiapan orang tua dalam mendampingi peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang perlu dipertimbangkan yaitu akses orangtua terhadap teknologi, pola kerja orangtua dan tingkat pendidikan orangtua

7. Lakukan pengumpulan informasi dan analisis terlebih dahulu mengenai kesiapan peserta didik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang setidaknya perlu dipertimbangkan yaitu akses peserta didik, tempat tinggal, kemampuan menggunakan teknologi, kebiasaan, kecerdasan, dan kemampuan belajar.

8. Lakukan penjelasan terlebih dahulu kepada orang tua khususnya pada kelas bawah tentang tujuan dan proses belajar jarak jauh dan buatlah kesepakatan dengan orang tua terkait tata cara pengerjaan tugas, kriteria keberhasilan pengerjaan tugas, jadwal belajar dan pertemuan dengan orang tua.

B. PELAKSANAAN

1. Panduan tugas yang disusun dibuat secara rinci dan jelas namun tidak mendikte. Pastikan orang tua peserta didik memahami instruksi namun tidak terkekang atau terbatasi dalam belajar.

2. Pengerjaan tugas dipadukan dengan tujuan pembelajaran dalam bentuk aktivitas sehari- hari peserta didik di rumah atau membuat peserta didik bisa menerapkan kemampuannya pada konteks atau tugas sehari- hari di rumah serta dikaitkan dengan kejadian yang hangat dibicarakan.

3. Buatlah pertanyaan terbuka pada instruksi penugasan yang memfasilitasi murid untuk mengekspresikan pendapatnya dari berbagai sumber belajar sehingga dimungkinkan setiap peserta didik jawabannya berbeda.

4. Buatlah kombinasikan aktivitas belajar tidak hanya atau sebatas duduk dan menulis tetapi terdapat aktivitas berpikir melalui diskusi dengan anggota keluarga dan ada aktivitas fisik melalui pengamatan.

5. Sediakan beberapa pilihan tugas dari sumber belajar yang berbeda untuk dipilih oleh peserta didik untuk memilih tugas sesuai dengan minat, kebiasaan dan kebutuhannya dan tentunya yang dapat dilakukan.

C. PENILAIAN

1. Kriteria penilaian keberhasilan pengerjaan tugas sesuai dengan KKM satuan pendidikan tahun berjalan melalui penilaian kualitatif yang disertai penilaian deskripsi sedangkan penilaian kuantitatif ada pada catatan guru (daftar nilai).

2. Perbanyak asesmen formatif untuk membantu murid memahami kemampuan awalnya dan kebutuhan belajar berupa pertanyaan yang dapat dijawab dengan gambar atau ekspresi murid (khusus kelas bawah) dan pertanyaan sederhana, ringan dan tidak banyak berupa tes obyektif (khusus kelas atas).

3. Berikan umpan balik disertai motivasi secara tertulis mengenai keberhasilan pada lembar tugas dan didiskusikan dengan orang tua peserta didik ketika melaksanakankegiatan guru kunjung.

4. Dokumentasikan berbagai lembar tugas peserta didik sebagai portopolio peserta didik yang akan dijadikan pertimbangan dalam penilaian sumatif.

JANGAN LUPA SILAHKAN === DOWNLOAD RPP UNTUK PEMBELAJARAN DARING

0 Response to "Guru Perlu Mengikuti 3 Tahap Ini Agar Belajar Dari rumah Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel