RPP Daring kelas 6 Semester Ganjil dan genap

Guru-id.com - Mengingat Kegiatan belajar mengajar di Sekolah akan dimulai pada bulan juli mendatang, maka teman-teman guru sudah harus menyiapkan perangkat mengajarnya mulai dari sekarang.

gambar rpp daring kelas 6

Rencana Mengajar dibuat sesuai dengan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan saat ini. Nah bagi teman-teman guru yang melaksanakan sistem pembelajaran daring maupun luring bisa mendapatkan referensi berupa contoh dokumen RPP daring dan luring di laman ini.

RPP daring yang kami bagikan ini hanyalah sebuah referensi. Teman-teman guru bisa mengeditnya sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan sarana belajar daring yang digunakan.

Sebagaimana kita ketahui saat ini, RPP disusun mengacu pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2020 dengan format disederhanakan menjadi tiga komponen.

Adapun tiga komponen inti pada format rencana mengajar guru antara lain Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan penilaian. Guru boleh menambahkan komponen lainnya seperti Kompetensi Dasar (KD) Sesuai kebutuhan.

Komponen lainnya bukan dihapus namun bersifat pelengkap saja. Guru bisa menyederhanakan RPP nya menjadi satu halaman saja. Namun jika mau lebih juga tidak masalah :). Kalau mau lebih hemat kertas dan biaya, silahkan dibuat satu lembar.

baik teman-teman, Sesuai judul Posting berikut contoh atau penampakkan rpp daring kelas 6 sd/mi format terbaru satu lembar.

Contoh RPP Daring

Berikut contoh rpp daring kelas 6 SD tema 1 yang dibuat oleh saya sendiri dan bisa dijadikan sebagai referensi oleh teman-teman guru.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah Melihat Gambar teks tentang perkembangbiakan jagung di Grup Whats apps, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.

2. Setelah mengamati Gambar bunga di Grup Whats Apps, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.

3. Setelah Mendownload PDF teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya di Google Classroom, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.

4. Setelah berdiskusi Online melalui Google Meet, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Siswa mengamati Video bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif di grup What Apps

 Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif di Youtube

 Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna di Youtube

 Siswa mencari informasi dari Internet mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.

 Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan mengirimkan tugasnya melalui Grup Whats Apps

 Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

 Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya.

Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN.

 Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya negara ASEAN.

 Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara bertahap.

 Penugasan (Mengerjakan soal daring)

Kegiatan Penutup

Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Butuh referensi RPP lainnya ??? Silahkan klik Laman RPP 1 Lembar.



DOWNLOAD RPP DARING

berikut laman pengunduhan RPP daring kelas 6 format satu lembar dalam bentuk dokumen Word.

NOTE: LINK UNDUHAN SEGERA DI RILIS

SEMESTER GANJIL

1. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 4 TEMA 1 SEMESTER 1

2. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 2 SEMESTER 1

3. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 3 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 4 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 5 SEMESTER 1

SEMESTER GENAP

2. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 6 SEMESTER 1

3. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 7 SEMESTER 1

4. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 8 SEMESTER 1

5. LINK DOWNLOAD RPP DARING KELAS 6 TEMA 9 SEMESTER 1

RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2020 ini Hanya Sebagai Contoh untuk Bapak Ibu Guru ATM ( Amati , Tiru dan Modifikasi ) Dapat disesuaikan dengan kearifan lokal didaerahnya nya dan disesuaikan dengan Keinginan Bapak Ibu Guru sebagai Guru MERDEKA BELAJAR

Untuk Komponen Utama RPP KURIKULUM 2013 3 KOMPONEN REVISI 2020 Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Terdiri dari

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Penilaian Asessment

. LAMPIRAN Merupakan Contoh Uraian dari Penilaian / Assesment

1 Response to "RPP Daring kelas 6 Semester Ganjil dan genap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel