SP Datadik kemdikbud Tambah PD, Mutasi, dan verifikasi Akun Dapodik 2021

guru-id.com - Pada posting kali ini kita akan membahas sebuah situs yang banyak gunanya bagi aplikasi dapodik versi 2021. Apa saja kegunaan situs yang akan kita bahas ini ?

Sebelum membahas fungsi dari situs tersebut, kita perkenalkan dulu pengganti datadikdasmen yaitu Sp datadik kemdikbud yang merupakan alamat baru manajemen aplikasi dapodik sekolah khusus operator sekolah.

sp datadik kemendikbud berisi data pokok pendidikan (Dapodik). Baik itu data sekolah, PTK, Siswa, Sarpras, rombel dan Akun Dapodik.

Selain itu beberap fungsi utama dari situs sp datadik ini diantaranya untuk menambah akun PTK, Memverifikasi akun PTK, menambahkan Peserta didik baru, dan juga tarik data siswa mutasi.

Untuk masuk ke dalam beranda utama situs sp datadik kemdikbud, silahkan teman-teman kunjungi link berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/.

Berikutnya silahkan teman-teman login menggunakan Username (email) dan password aplikasi dapodik yang aktif. tunggu sampai browser mengarahkan ke laman sp datatik kemdikbud.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah tampilan halaman utama situs SP Datadik kemdikbud setelah teman-teman berhasil login.

gambar beranda sp datadik kemdikbud

Apa saja isi menu yang ada pada situs sp datadik kemdikbud ? Didalam laman sp datatik ada menu data pokok dan aplikasi. agar lebih kelas berikut keterangan singkat yang bisa laman ini tuliskan.

PERTAMA MENU PADA DATA POKOK

1. SEKOLAH

Menu ini Berisi data profil singkat sekolah yang datanya bersumber dari aplikasi dapodik sekolah masing-masing. Mulai dari identitas sekolah, lokasi, bentuk layanan, hingga kontak sekolah.

2. PTK

Menu ini Berisi data ptk aktif saat ini yang datanya bersumber dari aplikasi dapodik sekolah masing-masing. Apabila PTK belum melakukan verifikasi data, maka datanya tidak akan masuk disini.

3. SISWA

Menu ini Berisi data peserta didik yang datanya bersumber dari aplikasi dapodik sekolah masing-masing. pada menu ini operator sekolah bisa melihat data Peserta didik aktif, terdaftar dan keluar. Jika setelah diklik datanya kosong, ini artinya dapodik anda belum melakukan sinkronisasi.

4. SARPRAS

Menu ini Berisi data sarana dan prasarana sekolah yang datanya bersumber dari aplikasi dapodik sekolah masing-masing. pada menu ini operator sekolah bisa melihat data seluruh bangunan sekolah yang dientri melalui dapodik.

5. ROMBEL

Menu ini Berisi data ROMBONGAN belajar yang datanya bersumber dari aplikasi dapodik sekolah masing-masing. pada menu ini operator sekolah bisa melihat data seluruh ruangan yang digunakan untuk kelas.

6. AKUN

Menu ini Berisi data Akun admin, PTK dan siswa. pada menu ini operator sekolah bisa memfungsikannya untuk kebutuhan tambah akun, edit akun dan verifikasi akun.

KEDUA MENU PADA APLIKASI

Pada Menu Aplikasi, teman-teman operator bisa menggunakannya untuk keperluan tarik peserta didik baru dan juga mutasi peserta didik baru saat ini.

BACA JUGA : CARA VERIFIKASI AKUN PTK PADA DAPODIK 2021

Demikianlah informasi yang bisa laman ini bagikan di kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan khususnya bagi sobat data.

Selanjutnya baca juga : CARA MENAMBAH SISWA BARU PADA DAPODIK 2021

1 Response to "SP Datadik kemdikbud Tambah PD, Mutasi, dan verifikasi Akun Dapodik 2021"

  1. Jika kita salah masukkan email operator saat verifikasi akun..prosedur perbaiki nya seperti apa?? Mohon info nya..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel