TES POTENSI AKADEMIK UTBK/SBMPTN 2021

Apa kabar adik-adik SMA/SMK/MA kelas 12 ? Semoga selalu sehat ya, supaya kalian lebih maksimal mempersiapkan masa depan kalian.

gambar TES POTENSI AKADEMIK UTBK/  SBMPTN 2021

Sebagian besar dari kalian pasti berencana mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur UTBK. Apa saja yang sudah kalian siapkan ? sudah belajar dengan maksimal ? Sudah memperlajari jalur dan jenis tes yang kalian hadapi nantinya ?

Rencananya UTBK akan dilaksanakan pada bulan April 2021, masih ada waktu untuk mempersiapkan semuanya dari sekarang. Salah satu jeins tes yang akan kalian hadapi pada UTBK adalah tes potensi akademik (TPA) yang terbagi menjadi 2 yaitu TPA saintek untuk pilihan jurusan sains teknologi (IPA meliputi biologi, fisika, kimia dan matematika) sedangkan TPA soshum untuk pilihan jurusan sosial humaniora (IPS) meliputi sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi dan matematika.

Adapun Penentuan TKA berdasarkan pilihan jurusan yang ingin kalian ambil di perguruan tinggi negeri.

Jurusan kalian di SMA/SMK/MA sekarang juga bisa menentukan jurusan di perguruan tinggi yang artinya juga menentukan tes potensi akademik (TPA). Kecuali kalian mengambil paket ilmu pengetahuan campuran (IPC) maka kalian akan mengikuti TPA saintek sekaligus TPA soshum (wahhhh begitu stress memikirkannya ya hehee).

Tentunya apapun jurusan yang kalian pilih di perguruan tinggi adalah jurusan yang sesuai dengan jurusan kalian di SMA/SMK/MA. Karena akan sangat fatal sekali jika jurusan yang kalian ambil di perguruan tinggi berbeda dengan jurusan kalian di SMA/SMK/MA. Kalian harus memahami konsep materi dari awal dan harus belajar ekstra untuk mengejar ketidakpahaman tentang jurusan yang ambil di perguruan tinggi.

Jenis soal untuk tes potensi akademik (TPA) hampir sama dengan soal-soal ujian nasional atau selevel dengan soal olimpiade. Jadi kalian harus ektra belajar dengan sering berlatih dengan level kesulitan yang tinggi supaya kalian terbiasa dengan soal-soal level tinggi.

Tidak perlu takut untuk menghadapi tipe soal dengan level tinggi, dengan sering berlatih, meningkatkan penalaran logika dan memahami isi dari soal tersebut kalian tentu bisa menyelesaikan soalnya. Jika perlu kalian megikuti bimbingan belajar atau kursus khusus UTBK sebelum mengikuti ujian seleksi UTBK supaya kalian lebih memahami tipe-tipe soal UTBK.

Tes potensi akademik (TPA) bertujuan Mengukur kemampuan literasi dan menulis yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan di perguruan tinggi, Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan menyelesaikan sebuah persoalan dan Prediktor kesuksesan peserta didik saat berada di perguruan tinggi.

Untuk referensi soal-soal tes potensi akademik (TPA) kalian bisa mecari di buku-buku tes ujian seleksi perguruan tinggi yang banyak dijual di toko buku atau bisa juga mencari soal-soal di internet ang pastinya situs web yang dikunjungi harus memiliki standar kebenaran yang valid dan terpercaya.

Untuk sekedar referensi latihan Soal Akademik UTBK/SBMPTN Tahun 2021 silahkan lihat melalui TAUTAN INI.

Demikianlah penjelasan singkat tentang TES POTENSI Akademik UTBK/SBMPTN TAHUN 2021. Semoga bermanfaat untuk adik-adik yang akan ikut seleksi PTN tahun 2021 mendtaang

0 Response to "TES POTENSI AKADEMIK UTBK/SBMPTN 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel