TES POTENSI SKOLASTIK UTBK/SBMPTN 2021

Hai adik-adik SMA/SMK/MA kelas 12... sudah menentukan jalan cerita masa depan kalian yang akan datang? Adakah yang berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi? Sudah siapkah? bagaimana persiapannya?

gambar TES POTENSI SKOLASTIK UTBK/SBMPTN 2021

Pada titik ini biasanya kalian akan bingung menentukan pilihan ke depannya karena banyak sekali pilihan yang kesemuanya ingin kalian ikuti. Jika kalian sudah menentukan pilihan untuk menempuh pendidikan lanjutan di perguruan tinggi negeri kalian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang ketat antara kalian dengan ribuan peserta didik lain di seluruh Indonesia.

Pernah dengar istilah “Skolastik”? Menurut KBBI skolastik adalah sistem logika, filsafat, dan teologi para sarjana Abad Pertengahan atau orang terpelajar abad ke-10 hingga abad ke-15, berlandaskan logika. pada tahapan tes masuk perguruan tinggi negeri kalian akan menghadapi tes potensi skolastik pada saat UTBK.

Apa itu tes potensi skolastik ? Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam logika, analisis, dan lainnya yang meliputi: Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Pengetahuan Kuantitatif. Terdengar sangat mengerikan dan rumit untuk dijalani.

Tes skolastik bertujuan untuk mengetahui kemapuan verbal (mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata atau bahasa. Subtes ini terdiri dari soal sinonim, antonim, analogi, dan wacana), pengetahuan umum, daya nalar peserta didik baik logis dan analitis (mengukur kemampuan untuk menganalisis dan mengorganisasi informasi yang relevan dalam menyelesaikan masalah berupa penalaran logis, penalaran analitis, maupun diagram) maupun kuantitatif (mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika untuk menyelesaikan masalah seperti pada soal aljabar, aritmatika, geometri, dan deret angka).

Selain itu, Tes skolastik bisanya mencakup kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, dan matematika sekaligus menguji keterampilan peserta didik dalam bidang-bidang studi tertentu, seperti sains, sejarah, dan bahasa asing. Jika kalian pernah mengiktu test psikotes maka jenis soalnya hampir sama dengan soal-soal tersebut.

Untuk memperlajari materi tes potensi skolastik (TPS) memang tidak ada mata pelajaran wajib di sekolah SMA/SMK/MA akan tetapi konsep materinya tetap ada di materi yang kita pelajari di sekolah seperti pengetahuan verbal sinonim, antonim, analogi atau memahami isi wacana atau paragraf hal ini sering kita pelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia. Kemudian contoh lain tipe soal kuantitatif seperti deret angka, aritmatika aljabar sangat sering pelajari pada mata pelajaran matematika umum atau matematik peminatan. Jika kalian tidak memahami konsep materi tersebut maka akan sangat sulit memahami soal-soal tes potensi skolastik.

Kalian harus belajar ekstra dengan membiasakan diri mengerjakan soal-soal tersebut. Semakin sering kalian latihan sola maka kemampuan pemahaman kalian tentang tipe soal tersebut juga akan meningkat.

Untuk referensi tes potensi skolastik (TPS) kalian bisa mecari di buku-buku tes ujian seleksi perguruan tinggi yang banyak dijuar di toko buku atau bisaa juga mencari soal-soal di internet ang pastinya situs web yang dikunjungi harus memiliki standar kebenaran yang valid dan terpercaya.

Untuk sekedar referensi latihan Soal SKOLASTIK UTBK/SBMPTN Tahun 2021 silahkan lihat melalui TAUTAN INI.

Demikianlah penjelasan singkat tentang TES POTENSI SKOLASTIK UTBK/SBMPTN TAHUN 2021. Semoga bermanfaat untuk adik-adik yang akan ikut seleksi PTN tahun 2021 mendtaang

0 Response to "TES POTENSI SKOLASTIK UTBK/SBMPTN 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel