contoh soal asesmen literasi tingkat sd beserta Kunci Jawaban

Sobat guru, Asesmen literasi dan juga numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik baik tingkat SD, SMP maupun SMA dan SMK dari sekarang

soal asesmen literasi

Mengapa? karena kemendikbud akan melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional ini pada tahun 2022 mendatang. Adapun peserta yang akan menjadi kandidat calon peserta ujian AKM Adalah siswa kelas 5, 8 dan 11.

Dengan demikian mulai dari tahun ini alangkah baiknya siswa kelas 5 SD/Mi dikenalkan soal-soal Asesmen kompetensi minimum sehingga paling tidak mereka sudah mendapat gambaran soal yang akan mereka kerjakan pada pelaksanaan asesmen nasional 2022 mendatang.

Pada postingan kali ini, guru-id akan berbagi referensi atau contoh soal AKM, namun jenis soal yang dibagikan ini khusus memuat Asesmen Literasi.

Pada pengetahuan Asesmen literasi ada dua kompetensi yang bisa dipelajari siswa sd, yang pertama kompetensi literasi teks fiksi, dan yang kedua adalah literasi informasi.

Materi Literasi Teks Fiksi

Untuk lebih jelasnya laman guru-id akan menuliskan ulang di laman ini mengenai materi soal asesmen literasi teks fiksi jenjang Sekolah dasar.

Materi asesmen ini ini tentu saja bersumber dari portal resmi pusmenjar kemdikbud.

A. Memahami

Pada materi ini siswa akan belajar meningkatnya pengetahuannya dengan Memahami teks secara literal.

Siswa dapat belajar Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Selengkapnya silahkan lihat contoh soal akm literasi kelas 5 SD/Mi dibawah !

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Pada tahun 2016 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan KIBAR, sebuah perusahaan teknologi, secara resmi meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Jakarta. Program ini dibuat sebagai bentuk pergerakan baru di industri digital untuk menyiapkan sumber daya yang mumpuni dalam mengambangkan bisnis digital yang baru. Menteri Kominfo saat itu menjabarkan bahwa perkembangan industri digital akan sangat berpengaruh terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menurutnya, jika target nilai e-commerce pada tahun 2020 tercapai hingga Rp130 Miliar, maka PDB akan menjadi 9 %.

Program Gerakan 1000 Startup Digital telah dilakukan di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di kota-kota tersebut didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. Di sana juga disediakan co-working space agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi dalam menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.

Beberapa program dari Gerakan 1000 Startup Digital adalah networking, workshop, seminar yang dihadiri oleh founder startup, mentoring, serta hasksprint, yaitu membangun sebuah produk secara cepat. Sampai bulan Februari 2020, ada lebih dari 40 ribu peserta yang telah mengikuti program ini. Beberapa startup seperti Kopitani, Lindungihutan, Bizhare, dan Gardapangan adalah alumni program Gerakan 1000 Startup Digital.

Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan rintisan, selain dapat meningkatkan ekonomi, juga menjadi solusi bagi masyarakat. Startup Kopitani, contohnya, lahir untuk meningkatkan industri kopi Indonesia melalui pemberdayaan petani kopi dengan sistem pertanian modern. Startup Lindungihutan lahir untuk melindungi hutan Indonesia melalui sistem penggalangan dana. Bizhare merupakan sistem investasi daring yang menghubungkan antara investor dan UMKM. Gardapangan lahir dari komunitas gerakan food bank makanan sisa dari industri atau rumah makan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerawanan pangan, sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan.

Startup lahir dari masalah-masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Startup menjawab permasalahan tersebut dengan sebuah solusi. Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas kaum muda melalui gerakan-gerakan sosial seperti startup ini sangat dibutuhkan masyarakat. Pada masa mendatang, diharapkan lebih banyak lagi putra-putri bangsa yang turut membangun Indonesia melalui industri digital.

Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/7689/kemkominfo-bersama-kibar-luncurkan-gerakan-nasional-1000-startup-digital/0/berita_satker dan https://1000startupdigital.id/

Diedit Oleh: Eko Budiono Pertanyaan

Mengapa peran anak muda menjadi penting dalam mengembangkan startup di Indonesia? Jelaskan secara singkat.

Kunci Jawaban

Karena kaum muda dianggap inovatif dan kreatif dalam mencari solusi sebuah masalah kehidupan.

Materi Literasi Teks Informasi

A. Menemukan Informasi

Pada materi ini siswa akan belajar meningkatnya pengetahuannya dengan Mengakses dan mencari informasi dalam teks.

Siswa dapat belajar materi tentang Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Selengkapnya silahkan lihat contoh soal akm literasi teks informasi kelas 5 SD/Mi dibawah !

Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Singkong

Sampah plastik menjadi masalah besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 24 persennya masih tidak terkelola. Berbagai alternatif ditawarkan, salah satunya biodegradable plastic atau bioplastik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) menawarkan inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan limbah plastik tersebut.

Inovasi LIPI tersebut adalah bioplastik yang dikembangkan dengan menggunakan bahan dari tapioka atau singkong. Peneliti LPTB LIPI, Hanif Dawam Abdullah, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengembangkan bioplastik sebagai alternatif untuk menggantikan plastik biasa. Bioplastik tersebut berbasis pati yang mudah diurai mikroba alami dengan cepat dan berpeluang menjadi solusi limbah plastik saat ini. Material dasar yang berasal dari singkong mudah didapatkan dan relatif murah. Bioplastik ini sudah dijual bebas baik secara daring maupun luring (online dan offline) oleh berbagai produsen.

Sejauh ini, penggunaan plastik paling banyak adalah untuk kemasan makanan, yaitu sekitar 60 persen. Plastik sendiri tersusun dari polimer-polimer yang memiliki berat lebih ringan daripada air sehingga benda tersebut sangat mudah mengambang di air. Ketika menjadi sampah, plastik tidak mudah terurai. Dibutuhkan waktu lebih dari 3000 tahun sampai sampah plastik dapat terurai. Hal tersebut tentu saja dapat mencemari lingkungan. Bahaya lain dari sampah plastik adalah ketika terpecah menjadi butiran-butiran kecil. Pecahan plastik ini tidak dapat secara langsung terurai oleh bakteri dan dapat masuk ke dalam tubuh hewan. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan pengganti plastik yang lebih ramah terhadap lingkungan, salah satunya bioplastik.

Pertanyaan

Berdasarkan bacaan tersebut, pernyataan manakah yang menunjukkan bahwa bioplastik bersifat sangat ramah lingkungan?

A. Bahan-bahan pembuatnya dapat diperbaharui.
B. Material dasar dari singkong sangat mudah didapat.
C. Plastik dapat diurai secara alami dengan waktu yang lebih cepat.
D. Plastik berbahan dasar petroleum sangat sulit untuk diperbaharui.
Kunci Jawaban : C

Bagi teman-teman guru yang ingin melihat soal asesmen literasi lebih dari ini, bisa mengunjungi laman resmi pusmenjar kemdikbud akm.

MUNGKIN DIBUTUHKAN ANDA ? ==> refleksi topik 3 asesmen literasi membaca

PERLU ANDA LIHAT : SOAL AKM KELAS 5 SD/MI

Demikianlah informasi yang dapat dibagikan melalui laman ini. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber mengenal soal AKM bagi guru dan siswa.

0 Response to "contoh soal asesmen literasi tingkat sd beserta Kunci Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel