Unduh Kumpulan Soal ANBK Kelas 5, 8, 11 Tahun 2021/2022

Asesmen Nasional berbasis Komputer (ANBK) Tahun pelajaran 2021/2022 akan menguji siswa dengan model soal AKM. Selanjutnya Calon peserta AKM akan ditentukan langsung oleh kemendikbud. Adapun siswa yang ikut anbk adalah siswa tingkat 5 (SD), 8 (SMP), 11 (SMA).

gambar soal akm  kelas 5 8 dan 11

Kemendikbud mengambil data calon Peserta AKM langsung dari Dapodik sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah. Selain itu peserta didik pada satuan pendidikan kesetaraan juga akan diikutsertakan dalam asesmen nasional.

Berdasarkan informasi yang bersumber dari web pusmenjar kemendikbud, bahwa peserta AKM pada satuan pendidikan Dasar dan menengah adalah siswa kelas kelas V, VIII, dan XI.

Untuk pendidikan kesetaraan, peserta Asesmen Nasional adalah peserta didik yang pada akhir jenjang, yaitu kelas VI (program Paket A/Ula), kelas IX (Program Paket B/Wustha), kelas XII (program Paket C/ Ulya) yang telah memenuhi syarat.

Salah satu keseriusan pemerintah serta persiapan untuk pelaksaan kegiatan Asesmen Nasional tahun 2021 mendatang adalah kegiatan simulasi skala besar AKM yang sedang berjalan saat ini.

Dengan kegiatan simulasi AKM tersebut diharapkan Guru dan siswa bisa mengenal model-model soal-soal AKM yang akan diujikan pada asesmen nasional 2021.

Bagaimana bentuk soal Asesmen Nasional ?

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

👉a. Pilihan ganda, murid hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.

👉b. Pilihan Ganda Kompleks, murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

👉c. Menjodohkan, murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

👉d. Isian singkat, murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.

👉e. Uraian, murid menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

Berapa banyak soal yang akan dikerjakan murid saat AKM ?

👉 Murid kelas V akan mengerjakan 30 soal untuk masing-masing literasi membaca dan numerasi. Sedangkan murid kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 soal.

Contoh Soal AKM

Sesuai dengan judul postingan, teman-teman guru bisa mendapatkan contoh soal AKM lengkap melalui situs pusmenjar kemendikbud. Caranya silahkan klik Tautan INI

Soal akm pusmenjar kemendikbud merupaaknn pengenalan model soal asesmen moda daring, untuk soal-soal Offline dan dalam bentuk aplikasi berbasis android silahkan download dibawah.

Demikianlah informasi tentang bank Soal anbk jenjang SD SMP SMA tahun 2021/2022, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel