Download Dapodik 2021 c dan Cara Install Aplikasi

Babak baru dimulai, pejuang data bersiap kembali melaksanakan tugasnya. Tepat pada 11 Januari 2021, website dapo kemdikbud mengumumkan rilis aplikasi dapodik versi 2021 C. Ada beberapa pembaharuan dan perbaikan pada aplikasi tersebut.

gambar dapodik 2021 C

Sebelum memulai pekerjaan disarankan untuk selalu mengikuti alur panduan aplikasi yang dibuat tim pengembang aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik) kemdikbud.

Penting dipahami bahwa yang rilis adalah file installer bukan patch sehingga aplikasi dapodik lama wajib dihapus.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Nantinya aplikasi dapodik versi 2021 C ini digunakan untuk pendataan semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

Adapun dikutip dari situs resmi dapo.kemdikbud.go.id, berikut adalah beberapa pembaharuan dan perbaikan pada aplikasi versi sekarang.

πŸ‘‰[Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.

πŸ‘‰[Pembaruan] Penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.

πŸ‘‰[Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Assesmen Nasional (berlaku selain jenjang PKBM dan SKB).

πŸ‘‰[Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.

πŸ‘‰[Perbaikan] Penutupan tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.

πŸ‘‰[Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).

πŸ‘‰[Perbaikan] Perubahan filter pemilihan Ruang pada rombongan belajar Daring untuk jenjang PKBM dan SKB.

πŸ‘‰[Perbaikan] Penutupan tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.

πŸ‘‰[Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.

πŸ‘‰[Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).

πŸ‘‰[Perbaikan] Bugs fixing pada saat proses lanjutkan semester untuk kelas 13 pada jenjang SMK.

Cara Install Dapodik 2020 C

Sobat operator sekolah khususnya yang baru menjadi operator sekolah tahun ini. Perlu diketahui bahwa versi dapodik sekarang dalam bentuk installer sehingga perlu dilakukan uninstall aplikasi dapodik yang lama.

Sekedar berbagi, cara melakukan instal dapodik 2021c sama seperti tahun sebelumnya. Panduan ini dibagikan khusus kepada operator pemula, sedangkan bagi rekan-rekan senior harap abaikan langkah-langkah ini.

πŸ‘‰ Pertama silahkan hapus terlebih dahulu aplikasi dapodik yang lama, caranya bagi pengguna windows 10 pada tab search laptop anda ketikkan kata kunci remove.

πŸ‘‰ kedua, klik add or remove programs kemudian cari aplikasi dapodik yang lama, klik aplikasi kemudian pilih Uninstall. tunggu sampai proses selesai. jangan lupa restart laptop agar penghapusan aplikasi sempurna

πŸ‘‰ Berikutnya silahkan download installer aplikasi dapodik 2021c melalui πŸ“TAUTAN INI Sampai selesai.

Ket : Tautan diatas disediakan untuk mempermudah mendapatkan file installer aplikasi jika terjadi lonjakan trafik server dapodik pusat.

πŸ‘‰ Selanjutnya instal aplikasi dapodik, caranya klik kanan file installer dapodik 2021c, pilih run as administrator.

πŸ‘‰ Jalankan installer aplikasi sampai selesai, semoga tidak ada hambatan. (Disarankan untuk mematikan internet, anti virus, firewaal dan tidak sedang menjalankan program lain saat sedang instalasi dapodik.

πŸ‘‰ seltelah install dapodik berhasil, silahkan memilih metode registrasi aplikasi. anda bebas memilih registrasi online maupun offline.

πŸ‘‰ JIka memilih registrasi online, pastikan koneksi internet stabil dan cepat. namun jika menggunakan registrasi offline, pastikan sudah mendownload file prefill dapodik yang baru untuk diletakkan ke dalam folder prefill_dapodik.

Oke sekian informasi dari guru-id, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan operator sekolah yang sedang membaca postingan ini. salam satu data.

MUngkin dibutuhkan silahkan download : Panduan Aplikasi Dapodik 2021.C (LIHAT)

0 Response to "Download Dapodik 2021 c dan Cara Install Aplikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel