Tes bakat skolastik dan pembahasannya pdf

Bagi teman-teman guru yang akan mengikuti rekrutmen Pendidikan guru penggerak tepatnya calon peserta PGP, maka wajib mengikuti seleksi tahap 1 agar dapat lulus ke seleksi tahap 2.

gambar Tes bakat skolastik dan pembahasannya

Supaya peserta dapat lolos seleksi tahap 1 peserta PGP wajib mengikuti Tes Bakat Skolastik yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal delapan April sampai dengan dua belas April 2021 mendatang.

Sedangkan untuk seleksi tahap 2 Calon peserta PGP wajib menyelesaikan tes Simulasi Mengajar dan Wawancara. Oleh karena itu mari persiapkan diri sekarang.

Sebelum membahas topik mengenai Tes potensi Skolastik, berikut adalah informasi penting terkait dengan Sasaran dan Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Pendaftaran program PGP angkatan tiga tahun 2021.

PERLU DIBACA : Pendaftaran PGP Angkatan 3 2021

๐Ÿ‘‰Seleksi Tahap 1: Registrasi, Pengisian Biodata (CV), Pengisian Esai: 18 Januari 2021 s.d 15 Maret 2021

๐Ÿ‘‰ Verifikasi dan Validasi Data Pendaftaran

๐Ÿ‘‰ Seleksi Tahap 1: Tes Bakat Skolastik : 8 April s.d 12 April 2021

๐Ÿ‘‰Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 dan Penjadwalan Seleksi Tahap 2 : 27 April s.d 7 Mei 2021

๐Ÿ‘‰Seleksi Tahap 2: Simulasi Mengajar dan Wawancara : 31 Mei s.d 10 Juli 2021

๐Ÿ‘‰ Pengumuman Calon Peserta PGP : 13 Agustus 2021

๐Ÿ‘‰ Pendidikan Guru Penggerak : 23 Agustus 2021

Tes Bakat Skolastik

Apa itu tes bakat skolastik ? dikutip dari situs pusmenjar kemdikbud, Tes Bakat Skolastik atau TBS merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

Penggunaan Tes potensi Skolastik untuk memberikan informasi potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini. Berbeda dari tes prestasi, TBS disusun tidak berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa baik logis maupun analitis.

Dibawah ini adalah Berikut ini rincian masing-masing subtes TBS:

๐Ÿ‘‰Subtes Verbal : mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa

๐Ÿ–Š Subtes verbal terdiri dari: Sinonim, Antonim, Analogi dan Wacana

๐Ÿ‘‰Subtes Kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.

๐Ÿ–Š Subtes Kuantitatif terdiri dari: Deretan Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.

๐Ÿ‘‰Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.

๐Ÿ–ŠSubtes Penalaran terdiri dari: Logis, diagram dan Analitis.

Sesuai dengan judul postingan guru-id akan berbagi informasi mengenai contoh latihan soal Tes bakat skolastik dan pembahasannya. Bagi teman-teman guru yang ingin mempelajari soal-soalnya silahkan download melalui tautan dibawah



Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini. Semoga bermanfaat info tes bakat skolastik diatas bisa menjadi referensi.

0 Response to "Tes bakat skolastik dan pembahasannya pdf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

semoga informasi yang dibagikan bisa menambah wawasan para pembaca

Iklan Tengah Artikel 2

Berita yang dinformasikan melalui halaman ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada seluruh pengunjung.

Iklan Bawah Artikel