Cara Menyelesaikan Fasilitasi Pembelajaran Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Sobat Guru, Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi informasi mengenai program seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK pada portal guru belajar.

cara menyelesaikan materi guru belajar seri pppk

Program tersebut merupakan pelatihan gratis bagi guru yang akan mengikuti seleksi guru PPPK tahun 2021 sebagai persiapan.

Ada tiga tahapan yang wajib dilakukan oleh guru yang akan mengikuti program tersebut. Pertama pendaftaran, kedua tahap menyelesaikan materi fasilitasi pembellajaran, dan terakhir mengikuti Try-Out atau latihan soal-soal pppk.

Karena banyaknya permintaan untuk membuatkan tutorialnya, maka pada kesempatan ini guru-id mencoba berbagi pengalaman guna mempermudah teman-teman guru.

Oke langsung saja berikut langkah-langkah menyelesaikan tahap 1 Fasilitasi pembelajaran program Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

MUNGKIN DIBUTUHKAN : CARA MENDAFTAR Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

TAHAP FASILITASI PEMBELAJARAN

👉1. Langkah pertama pastikan anda sudah mendaftar dan login ke laman guru belajar seri pppk. Selanjutnya silahkan klik tombol "TAUTAN FASILITASI".

👉 2. Selanjutnya browser internet anda akan dibawa kelaman materi pppk sesuai mapel yang anda pilih (misal : PGSD)

👉 Pada dasboard utama akan ditampilkan halaman pendahuluan, silahkan anda baca-baca terlebih dahulu ALUR PEMBELAJARAN MODUL BELAJAR MANDIRI

👉 3. Berikutnya untuk mulai silahkan klik menu "PGSD" agar paham caranya siilahkan teman-teman guru baca terlebih dahulu "ALUR PEMBELAJARAN MODUL" .

👉 4. Pada submenu silahkan pilih salah satu mata pelajaran, misal : bahasa Indonesia. lalu arahkan kursor ke bawah dan klik "Penilaian diri" lalu klik tombol "Answer the question"

👉 5. berikutnya Pilihlah salah satu skala berikut yang mencerminkan tingkat kemampuan yang Anda miliki terkait materi. disana akan ada keterangan setiap angka yang anda pilih.

👉 6. Setelah semua dipilih silahkan klik tombol "SUBMIT QUESTIONNAIRE". Sekarang penilaian diri telah selesai dan bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

👉 7. Berikutnya klik "Pembelajaran 1: Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks" lalu klik "pengantar"

👉8. klik "Bahan Belajar Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks", selanjutnya untuk mulai menyelasaikan materi ini arahkan kursor ke bawah kemudian klik tombol "Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks".

👉9. klik tombol "Mengapa anda harus mempelajari materi ini" kemudian di laman selanjutnya klik kembali teks "Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks".

👉10. untuk melanjutkan klik "bahan paparan" selanjutnya silahkan pelajari modul tersebut dan simpan di perangkat anda.

👉11. Langkah berikutnya dibawah modul, silahkan klik tombol "Seberapa pahamkah anda" lalu klik "Soal 1", pilihlah jawaban yang benar, kemudian klik submit.

👉12 jika jawaban anda benar, maka akan ada respon jawaban anda benar dan anda bisa melanjutkan ke soal berikutnya dengan cara klik tombol "Continue"

👉13 Tapi jika jawaban anda salah silahkan klik tombol "Yes I'd like to try again" untuk mengulang menjawab kembali soal tersebut.

👉14 setelah semua soal anda jawab dengan benar, silahkan klik tombol selesai.

👉15. Berikutnya klik "Ruang kolaborasi" kemudian untuk menyelesaikan materi ini anda harus membuat topik diskusi sesuai materi.

👉16. Caranya Klik tombol Add new topic untuk menambahkan diskusi baru, dan atau tombol reply untuk menanggapi topik diskusi yang sudah dibuat peserta lain.

👉17. Berikutnya klik "Komunitas Belajar" kemudian untuk menyelesaikan materi ini anda harus membuat topik diskusi mengenai ketertarikan dan atau pengalaman Anda dalam menerapkan konsep tersebut dalam praktik pembelajaran sehari-hari.

👉18. Langkah terakhir adalah "riviu pembelajaran", Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda terkait materi. Kegiatan ini dapat Anda lakukan berkali-kali sampai dirasa Anda memperoleh hasil maksimal atas pembelajaran yang telah dilakukan.

👉19. klik tombol "continue the last attempt" dan kemudian silahkan selesaikan jawab kuis dengan memilih jawaban yang benar.

👉20. Setelah selesai klik tombol "Finish attempt"

Note: Bagi Guru yang memilih PGSD, silahkan ulangi langkah diatas sampai ke tahap "refleksi pembelajaran" sehingga nantinya anda dapat melanjutkan ke tahap tryout.

Untuk panduan dalam format pdf bisa di download melalui tautan berikut, UNDUH PDF !

GABUNG DI GRUP Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK (KLIK GABUNG)

Itulah panduan singkat yang dapat guru-id bagikan, semoga mempermudah dan membantu para peserta yang mengikuti program Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel