Soal AKM ekonomi SMA Beserta Jawabannya

Sobat guru ekonomi SMA/SMK, Sebagai persiapan Awal pelaksanaan ANBK Tahun pelajaran 2021/2022, maka Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi contoh soal akm sebagai referensi untuk penyusunan Soal model AKM dengan materi numerasi. Diharapkan beberapa contoh soal akm yang disajikan melalui laman ini dapat menjadi bahan belajar dalam mempermudah penyusunan soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Berdasarkan modelnya, Soal AKM terdiri dari tiga materi utama yakni, Literasi, numerasi dan survei karakter. Salah satu ciri soal akm adalah adanya wacana atau stimulus dan jawabannnya terdapat dalam wacana tersebut.

Sebagai contoh pengembangan soal akm AKM Numerasi mata pelajaran ekomomi materi literasi bagi jenjang SMA, SMK, MA yang akan kita jadikan referensi, Berikut contoh-contoh soalnya.

gambar soal akm ekonomi

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM. Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.

Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar. Walaupun demikian, keberhasilan menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan berinovasi.

Sobat, dari infografik di atas kita tahu bahwa UMKM sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga keberlangsungan UMKM harus terus didorong. Agar UMKM terus berkembang, sumber daya manusianya pun perlu memiliki kemampuan yang sesuai untuk menjalankan usaha. Cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbisnis adalah dengan mengikuti pelatihan bisnis. Pelatihan tersebut biasanya mendatangkan para pelaku bisnis yang sukses dan yang dapat membantu peserta melihat peluang mendapat keuntungan terbaik. Salah satu program pelatihan bisnis yang dapat kamu ikuti adalah Business Leadership Workshop yang diselenggarakan GELCE. Pelatihan ini selalu mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya dan memberi kesempatan pemilik bisnis untuk bekerja sama untuk meningkatkan bisnisnya.

(Sumber: www.indonesiabaik.id, https://ajaib.co.id/selain-modal-ini-cara-memulai-bisnis-ukm/, dan https://glcworld.co.id/pelatihan-usaha-kecil-mengengah)

Setelah kalian mencermati infografis 'UMKM Menopang Ekonomi Indonesia', kalian akan mendapatkan beberapa informasi.

Soal AKM

1. Berdasarkan informasi yang terdapat pada infografis tersebut, klik pada kolom benar atau salah untuk tiap pernyataan berikut!

2. UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena ….

pengembangan UMKM sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia
kemampuan yang baik dapat diperoleh oleh pelatihan-pelatihan yang disediakan pemerintah
mengembangkan kualitas sumber daya manusia adalah hal yang perlu diprioritaskan
diperlukan keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang

3. Setelah mencermati infografik dan teks tersebut, kalian mendapatkan pemahaman bahwa UMKM perlu dilindungi dan didukung oleh pemerintah dengan alasan berikut.

Berikan tanda ceklis ( √ ) pada alasan yang sesuai dengan pemahamanmu!

UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat banyak.
Untuk merintis UMKM diperlukan modal yang besar.
Bisnis UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia.
Pelaku UMKM harus memiliki keterampilan profesional.

4. Dari informasi tersedia, kebijakan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk membuat masyarakat tertarik dalam usaha UMKM?

5. Pasangkanlah angka tahun yang ada di lajur kiri dengan data perkembangan Pajak Penghasilan (Pph) yang ada di lajur kanan!

6. Berdasarkan teks, terdapat pernyataan bahwa UMKM di bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan selalu laris. Apakah pernyataan itu dapat dikatakan akurat? Jelaskan pendapatmu!

7. Sebuah informasi yang bias adalah informasi yang tidak didukung oleh data yang akurat atau yang bertujuan untuk menguntungkan sebuah pihak. Setelah membaca teks tentang peran UMKM tersebut bagi perekonomian tersebut, apakah informasi yang di dalamnya bersifat bias? Jelaskan alasanmu!

Selengkapnya silahkan lakukan simulasi online Soal AKM ekonomi Lengkap Melalui TAUTAN INI.

Oke sobat guru , itulah contoh soal AKM mata pelajaran ekonomi materi leiterasi yang bisa guru-id bagikan. Semoga bermanfaat dan mempermudah.

Selanjutnya untuk contoh-contoh soal lainnya materi literasi dan numerasi bisa dilihat melalui file PDF Berikut ini (UNDUH PDF PENGEMBANGAN SOAL AKM).

Demikianlah informasi tentang "soal AKM ips" yang dapat disajikan. Jika ada soal-soal yang ingin dibagikan melalui blog ini, silahkan hubungi admin via kontak yang tersedia.

0 Response to "Soal AKM ekonomi SMA Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel