Soal AKM Kelas 5 & Kunci Jawabannya Materi Literasi & Numerasi

Sobat edukasi, AKM merupakan kepanjangan dari Asesmen Kompetensi minimum. AKM adalah model Soal yang akan menjadi Penilaian untuk kelas 5 Pada jenjang Sekolah dasar (SD). Detilnya penilaiannya melalui Sistem Asesmen Nasional (AN). Jadi tahun 2021 ini Tidak ada lagi ujian Nasional karena sudah digantikan dengan Asesmen nasional.

gambar soal akm kelas 5

Ada tiga jenis soal-soal pada akm, yaitu literasi, numerasi dan survei karakter. Jelasnya AKM dan Survei Karakter terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa, kemampuan bernalar menggunakan numerasi, dan penguatan pendidikan karakter.

Dikutip dari portal akm, Bagian lain dari Asesmen Nasional adalah Survei Karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosio emosional berupa pilar karakter untuk mencetak profil Pelajar Pancasila. Ada enam indikator profil Pelajar Pancasila yaitu berakhlak mulia, kreativitas, gotong royong, kebhinekaan global, bernalar kritis dan kemandirian.

Pengembangan soal-soal AKM dilakukan melalui kegiatan: penyusunan desain, penyusunan dan analisis framework, penyusunan stimulus, penugasan penulisan soal, penulisan soal, penelaahan dan perbaikan soal, perakitan soal/bahan uji coba, validasi soal, uji coba soal, penskoran dan analisis soal, interpretasi hasil analisis,seleksi soal, penyusunan spesifikasi tes, pemilihan soal, pemaketan soal, proofreading, fiat, dan pemanfaatan tes/soal. Kegiatan penyusunan desain hingga seleksi soal merupakan kegiatan pengembangan soal, sedangkan kegiatan penyusunan spesifikasi tes hingga pemanfaatan tes merupakan kegiatan penyiapan bahan AKM.

Sobat edukasi, Bentuk soal AKM bervariasi, yaitu pilihan ganda (PG), pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan esai atau uraian. Untuk lenih jelasnya langsung saja kita lihat contoh soal-soal AKM untuk kelas 5 SD/mi.

Soal AKM kelas 5 Literasi



SEPEDA MOTOR

Pernahkah kamu terbangun dan merasakan ada sesuatu yang tidak beres?
Itulah persis dengan yang saya rasakan pada suatu hari.
Saya duduk di tempat tidur.
Tidak berapa lama kemudian saya membuka tirai jendela.
Cuaca hari itu buruk sekali – hujan turun sangat deras.
Kemudian saya melihat ke arah halaman rumah.
Aduh! Ternyata benar! Itu dia – sepeda motor saya.
Kondisinya dalam keadaan rusak berat seperti keadaan tadi malam.
Dan kaki saya mulai terasa sakit.

Gunakan cerita “Sepeda Motor” di atas untuk menjawab pertanyaan berikut ini.

Sesuatu telah terjadi pada orang dalam cerita di atas malam sebelumnya. Apakah peristiwa itu?

A. Cuaca buruk telah merusak sepeda motornya.
B. Cuaca buruk telah menyebabkan dia tidak jadi keluar rumah.
C. Orang itu telah membeli sepeda motor baru.
D. Orang itu telah mengalami kecelakaan sepeda motor.

Pada baris ke 8 terdapat kata: “Aduh!” Mengapa orang dalam cerita mengucapkan kata ini?

A. Orang itu telah berhasil mengerjakan sesuatu yang sulit.
B. Orang itu baru saja menyadari bahwa cuaca hari itu tidak jelek.
C. Orang itu baru menyadari memang ada sesuatu yang tidak beres.
D. Orang itu merasa senang dapat melihat sepeda motornya kembali.

“Itulah persis dengan yang saya rasakan pada suatu hari.” Hari seperti apakah yang dimaksud dalam cerita ini?

A. Hari yang baik.
B. Hari yang jelek.
C. Hari yang menyenangkan.
D. Hari yang membosankan.

Soal numerasi kelas 5

Sobat edukasi, Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Numerasi dimaknai sebagai kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menggunakan pengetahuan matematika yang dimilikinya dalam menjelaskan kejadian, memecahkan masalah, atau mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu peserta didik mengenali peran matematika dalam kehidupan nyata sehingga dapat membuat penilaian dan keputusan yang diperlukan serta menjadi manusia bertanggung jawab yang mampu bernalar/berpikir logis.

Konteks yang luas sangat penting digunakan pada AKM Numerasi sehingga peserta didik dapat mengenali peran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan strategi dan penggunaan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menjelaskan kejadian, menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan sangat bergantung pada konteks di mana kejadian atau masalah tersebut timbul. Konteks dalam AKM Numerasi mencakup konteks yang dekat dengan dunia peserta didik, sosial, budaya, lingkungan, sains, maupun keilmuan matematika. Konteks-konteks tersebut dikategorikan menjadi tiga, yaitu personal, sosial-budaya, dan saintifik.

Contoh Soal

Jika teman-teman guru membutuhkan referensi pembahasan soal-soal akm kelas 5 materi literasi dan numerasi silahkan download file pdf nya melalui tautan yang tersedia di bawah ini.

PELAJARI JUGA CARA: SIMULASI AKM SD ONLINE DI PUSMENJAR KEMDIKBUD

"Unduh Bank soal AKM kelas 5 materi literasi dan numerasi"

0 Response to "Soal AKM Kelas 5 & Kunci Jawabannya Materi Literasi & Numerasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel