Soal AKM PAI Kelas 8 Beserta Jawabannya

Sobat guru PAI SMP, Sebagai persiapan ANBK Tahun pelajaran 2021/2022, maka Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi contoh soal akm sebagai referensi untuk penyusunan Soal PAI model AKM dengan materi literasi dan numerasi. Diharapkan beberapa contoh soal akm yang disajikan melalui laman ini dapat menjadi rujukan dalam mempermudah penyusunan soal-soal.

gambar soal pai AKM kelas 8

Soal AKM terdiri dari tiga materi utama yakni, Literasi, numerasi dan survei karakter. Salah satu ciri soal akm adalah adanya wacana atau stimulus dan jawabannnya terdapat dalam wacana tersebut.

Sebagai contoh soal akm mapel PAI kelas 8 materi yang akan kita jadikan referensi adalah kompetensi dasar pengetahuan Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah perintah agama.

Berikut stimulus soal akm mapel pai sebagai referensi sesuai dengan KD yang saya tuliskan diatas.

hadits Membaca al-quran

Membaca Alquran juga mendatangkan pahala. Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i karya Abu Ya’la Kurnaedi, pahala yang disebutkan oleh Abdullah bin Mas’ud adalah: “Aku mendengar Nabi ﷺ bersabda: ‘Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia mendapatkan satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf'”.

Contoh Soal 1

Hadits HR. At-Tirmidzi menjelaskan apa?

A. Perintah membaca alquran.
B. Membaca Alquran Mendatangkan Pahala.
C. Pentingnya membaca alquran.
D. Keutamaan membaca Alquran.

Contoh Soal 2

Menurut hadits At-Tirmidzi, berapa kebaikan yang didapat bagi orang pembaca al-quran?

Jawaban : Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya

Contoh Soal 3

Jika anda membaca alif lam mim, maka berapa pahala yang didapatkan?

A. Satu Pahala
B. Satu Pahala dilipatgandakan
C. Satu Pahala Dilipatgandakan menjadi sepuluh Pahala
D. Satu Pahala dilipatgandakan menjadi 20 pahala

Oke sobat guru PAI kelas 8, itulah contoh soal AKM mata pelajaran PAI Jenjang SMP/Mts yang bisa guru-id bagikan. Semoga bermanfaat dan mempermudah.

Selanjutnya untuk contoh-contoh soal lainnya materi literasi dan numerasi bisa dilihat melalui file PDF Berikut ini (UNDUH PDF PENGEMBANGAN SOAL AKM).

Demikianlah informasi tentang "soal AKM PAI" yang dapat disajikan. Jika ada soal-soal yang ingin dibagikan melalui blog ini, silahkan hubungi admin via kontak yang tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel