11 Cara Mempercepat koneksi Internet di Laptop windows 10

Sobat pembaca, koneksi internet yang cepat membuat aktivitas yang dilakukan di dunia maya berjalan mulus. Warganet dapat leluasa berselancar membuka semua situs yang ingin di akses. Sebagaimana yang telah kita rasakan bersama, bahwa Pada masa pandemi covid-19 ini kebutuhan warganet terhadap kecepatan internet meningkat dari era sebelum Corona, dan menjadi sangat penting karena banyaknya warganet yang beralih ke bisnis Online, Pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah memaksa aktivitas online meningkat drastis. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini laman guru-id akan membahas tentang beberapa "cara mempercepat koneksi Internet di PC/Laptop" berdasarkan pengalaman pribadi. dan alhamdulillah hasilnya kecepatan internet di laptop guru-id meningkat 70%. Bagi teman-teman yang ingin mencoba, baca terus postingan ini hingga akhir. salam Literasi.

Sebelum kita membahas langkah-langkah atau setelan yang harus kita lakukan agar kecepatan koneksi internet di pc kita meningkat, pembaca wajib mempercepat kinerja laptop anda dahulu. Mengapa? karena kecepatan laptop/pc juga mempengaruhi kecepatan internet sobat, oleh karena itu silahkan sobat baca juga postingan tentang : Cara mempercepat kinerja laptop.

Mempercepat Koneksi Internet

gambar cara tips mempercepat koneksi internet

Oke langsung saja berikut adalah langkah-langkah meningkatkan kecepatan di laptop atau PC anda baik windows 10 maupun windows 7 dan provider telkomsel, indosatjuga internet XL. Sedangkan jika ingin mempercepat koneksi internet di hp android mungkin lain waktu akan guru-id buatkan artikelnya di sini.

Adapun berikut cara terbaik yang sudah guru-id coba untuk meningkatkan kecepatan internet di PC/Laptop, silahkan praktikkan :), semoga manjur.

1. Membersihkan file Sampah di Laptop

gambar membersihkan file Sampah di Laptop

tips atau cara pertama yang guru-id rekomendasikan adalah dengan menghapus file-file sampah atau riwayat kerja laptop/pc anda. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa kinerja laptop yang stabil akan mendukung kecepatan internet pada laptop/pc anda. Selanjutnya berikut langkah-langkah menghapus file sampah pada laptop anda.

πŸ‘‰ Aktifkan RUN, Caranya tekan tombol Windows+R di keyboard laptop anda kemudian jika sudah muncul run, ketikkan perintah "%temp%" tanpa tanda petik di dalam form open, selanjutnya klik OK, jika sudah terbuka silahkan hapus semua file yang ada di local temp, kemudian hapus juga filenya yang ada di recycle bin

πŸ‘‰ Hapus sampah tak berguna di local disk C dan D, Caranya tekan TOMBOL Windows+E di keyboard laptop anda, kemudian klik kanan local disk misal "local disk C", berikutnya klik tombol DISK CLEANUP tunggu proses, centang semua file yang akan di delete dan klik OK. Ulangi langkah tersebut pada local disk D.

2. Hapus Riwayat Penelusuran Di Browser Internet

Jika riwayat pencarian atau penelusuran di internet sudah lama tidak dihapus, maka dapat mempengaruhi kinerja dan kecepatan koneksi internet di laptop/pc anda, maka anda perlu menghapusnya secara berkala, misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali. nah mengenai langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan pemula berikut.

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan Tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Del pada laptop anda kemudian untuk membuka Clear Browsing Data Window, silahkan Klik tombol Clear Browsing Data. Namun pastikan pada rentang waktu pilih Semua, setelah selesai menghapusnya silahkan restart laptop/pc anda.

3. Non-Aktifkan background Apps

gambar Non-Aktifkan Menu background

Pada windows 10 ada backgrounds app yang ternyata malah memperlambat kinerja laptop dan koneksi internet anda. Oleh karenanya perlu kita non aktifkan, adapun lanngkah-langkahnya sebagai berikut !

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan menonaktifkan background Apps di windows 10. Pertama pada icon pencarian ketikkan "background Apps" pada laman yag muncul pastikan semua aplikasi yang terinstall di laptop anda sudah dalam keadaan off.

4. Non-Aktifkan Windows Update

Sobat pembaca, windows update otomatis memang sering mengganggu kinerja komputer dan memperlambat koneksi internet. Oleh karena itu, saya menyarankan anda juga menonaktifkannya. Jika anda menggunakan windows 10, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan menonaktifkan windows update di windows 10. Pertama pada icon pencarian ketikkan "windows update " kemudian klik "windows update settings" pada laman setingan windows update klik "Pause update for 7 days"

πŸ‘‰ Atau anda juga bisa melakukan stop proses windows update melalui service local. Caranya pada startup type pilih Disable.

5. Uninstall Antivirus Gratisan

Jika di laptop atau PC anda menggunakan windows 10 dan sudah terinstall antivirus gratisan, maka berdasarkan pengalaman pribadi saya sangat menyarankan anda segera menghapusnya. Selain mengganggu kinerja laptop dan internet, antivirus gratisan bisa mengundang virus lainnya jika tidak terupdate. Oleh karena itu segera uninstall, Anda tidak perlu khawatir karena di Laptop windows 10 sudah ada "windows Security" yang lebih baik dari anti virus gratisan.

πŸ‘‰ Mengenai cara menghapus atau uninstall anti virus silahkan hapus langsung melalui "Apps and features" dan klik uninstall.

6. Aktifkan DNS cache

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah !

πŸ‘‰ Langkah pertama, laptop atau pc anda wajib memiliki Aplikasi Notepad, jika belum ada silahkan download dan install, kemudian download kode berikut ini (Unduh Disini)

πŸ‘‰ langkah kedua, Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg yang sudah anda download. cara kerjanya sangat mudah, silahkan Buka file tersebut setiap kali Anda browsing di internet untuk mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih cepat.

7. Mereset cache DNS client

Warganet, buka command prompt dan berikut adalah Cara reset network dan cara flushing DNS yang bisa dicoba guna mempercepat koneksi internet di laptopmu.

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan membuka command prompt di laptop/pc windows 10. Pertama pada icon pencarian ketikkan "prompt" selanjutnya klik "command prompt".

πŸ‘‰Oke, perintah pertama yang anda ketikkan di dalam command prompt adalah "ipconfig /flushdns" kemudian enter. lalu perintah kedua berikut "ipconfig /renew" , silahkan restart komputer dan akses internet.

8. Set Value IRPStackSize

Langkah berikut ini sudah penulis coba dan memang sangat jitu. Koneksi Internet jauh lebih cepat, namun butuh ketelitian dalam melakukan setingan Value IRPStackSize, jika sobat ingin mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah !

πŸ‘‰ Caranya Tekan kombinasi tombol windows+R pada laptop anda kemudian ketikkan "Regedit" atau bisa langsung ketikkan "regedit" di kotak pencarian.

πŸ‘‰Berikutnya ini urutan folder yang akan buka dan setting "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters" selanjutnya klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50. berikutnya restart komputer dan rasakan dampaknya.

COBA TONTON VIDEO DIBAWAH MUNGKIN BISA MEMBANTU

9. Memilih Layanan Internet yang sinyalnya Kuat

Cara yang wajib sobat lakukan guna mempercepat koneksi internet anda adalah memilih provider yang sinyalnya kuat. Sama saja bohong anda melalukan tips diatas jika kekuatan sinyal internet di daerah anda lemah. Selain itu untuk mengetahuinya anda juga bisa cek status kecepatan internet anda melalui portal online di google.

10. Gunakan Modem Yang berkualitas

Harga menentukan kualitas, jika warganet ingin mempercepat koneksi internet maka akan memaksa mengeluarkan modal yang tinggi juga untuk membeli modem berkualitas. Belilah modem yang memiliki spesifikasi tinggi :).

11. Meningkatkan Spesifikasi Laptop

Cara atau tips terakhir ini adalah cara pamungkas jika cara-cara diatas belum berhasil. Karena bisa saja spek laptop atau pc yang anda gunakan rendah.

Jika memang demikian saya menyarankan anda menggunakan laptop yang memiliki kinerja cepat dengan prosesor mendukung dan sudah menggunakan penyimpanan SSD.

Anda bisa mencari referensi laptop spek tinggi dengan harga terjangkau digoogle. namun untuk merk saya sendiri menggunakan ASUS Vivobook Ram 8gb SSD 512, AMD ryzen.

Akhir kata

Mungkin sampai disini dulu postingan yang dapat laman guru-id bagikan. Semoga bermanfaat dan mempermudah teman-teman dalam meningkatkan kecepatan koneksi internet.

0 Response to "11 Cara Mempercepat koneksi Internet di Laptop windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel