Apakah di kelas Anda terdapat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)? Jika ada tuliskan ada berapa, dan hambatan apa yang mereka miliki!

Halo sobat pendidik, ayo bagikan pengalaman anda mengajar dikelas. Sahabat Pendidik yang kami banggakan. Sebagai peserta bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif anda wajib menyelesaikan tugas berupa kuis/soal baik itu pre test maupun post test juga tugas-tugas lainnya. Salah satunya referensi jawaban kuis kedua aktivitas 1 berbagi pengalaman berikut yang mungkin anda butuhkan referensi jawabannya. lihat jawaban dan pembahasannya di akhir ya.

Penambah Wawasan

Apa itu Universal Design for Learning (UDL) ?

Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam dan menekankan pada pembejalaran yang fleksibel, bermakna serta keterlibatan. UDL dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI)

Materi pada modul ini membahas apa itu desain universal, implementasi desain universal untuk pembelajaran, konsep dasar UDL, definisi, tujuan dan prinsip-prinsip UDL. Peserta pun akan belajar melakukan pengumpulan data dan informasi terkait dengan potensi dan tantangan sekolah serta menganalisisnya guna mendukung implementasi UDL sesuai dengan pembelajaran di sekolah masing-masing..

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Orientasi, Pelatihan, dan Pengimbasan.

SOAL DAN KUNCI JAWABAN

jawaban Apakah di kelas Anda terdapat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)? Jika ada tuliskan ada berapa, dan hambatan apa yang mereka miliki!

"Apakah di kelas Anda terdapat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)? Jika ada tuliskan ada berapa, dan hambatan apa yang mereka miliki!"

. Referensi Jawabannya :

Dikelas saya tidak ada Peserta Didik berkebutuhan khusus / PDBK, meskipun demikian kesulitan-kesulitan yang dihadapi bukan berarti lebih sedikit. Justru sebaliknya, tidak adanya siswa berkebutuhan khusus membuat saya merasa lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan positif peserta didik.



Pembahasannya

Berdasarkan satu dasawarsa pelaksanaan pendidikan khusus ini, maka seringkali terjadi hambatan dalam merespon berbagai kebutuhan ABK yang berbeda, antara lain: 1)belum maksimalnya komitmen pemerintah daerah terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif, 2)sebagian perguruan tinggi belum berperan aktif dalam implementasi pendidikan inklusif, 3)pemahaman kepala sekolah, guru dan pengambil kebijakan didaerah terhadap konsep pendidikan inklusif masih terbatas dan bervariasi, 4) terbatasnya jumlah guru pembimbing khusus mengunjungi sekolah inklusif, 5) SDM yang ada di sekolah (reguler) inklusif sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam melakukan modifikasi kurikulum, maupun assesment akademik dan non akademik ABK, 6) sebagian besar sekolah belum memiliki ruang layanan khusus, 6)sebagian masyarakat berpendapat bahwa anak cacat sebaiknya bersekolah di sekolah khusus, sedangkan sebagian berpendapat bahwa anak cacat sebaiknya masuk di sekolah reguler untuk perkembangan sosialnya. Sikap ini mempengaruhi jumlah siswa yang masuk disekolah reguler..

Next : Jawaban Soal ketiga kuis aktivitas 1 berbagi pengalaman Guru Belajar Pengelolaan Pembelajaran

0 Response to "Apakah di kelas Anda terdapat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)? Jika ada tuliskan ada berapa, dan hambatan apa yang mereka miliki!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel