Coba ceritakan bagaimana keragaman peserta didik yang terdapat di kelas Anda

Sahabat Pendidik yang kami banggakan. Sebagai peserta bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif anda wajib menyelesaikan tugas berupa kuis/soal baik itu pre test maupun post test juga tugas-tugas lainnya. Salah satunya seperti kunci jawaban kuis aktivitas 1 berbagi pengalaman berikut yang mungkin anda butuhkan referensi jawabannya. lihat jawaban dan pembahasannya di akhir ya.

Penambah Wawasan

Apa itu Universal Design for Learning (UDL) ?

Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam dan menekankan pada pembejalaran yang fleksibel, bermakna serta keterlibatan. UDL dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI)

Materi pada modul ini membahas apa itu desain universal, implementasi desain universal untuk pembelajaran, konsep dasar UDL, definisi, tujuan dan prinsip-prinsip UDL. Peserta pun akan belajar melakukan pengumpulan data dan informasi terkait dengan potensi dan tantangan sekolah serta menganalisisnya guna mendukung implementasi UDL sesuai dengan pembelajaran di sekolah masing-masing..

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Orientasi, Pelatihan, dan Pengimbasan.

SOAL DAN KUNCI JAWABAN

jawaban soal Coba ceritakan bagaimana keragaman peserta didik yang terdapat di kelas Anda!

"Coba ceritakan bagaimana keragaman peserta didik yang terdapat di kelas Anda"

. Referensi Jawabannya :

Selain dari karakter, keragaman Peserta Didik dapat di lihat dari cara mereka bertingkah laku, berbicara, bertatap muka, kemajuan belajar dan lain sebagainya. Pembelajaran didalam kelas akan bermakna apabila seorang Pendidik mampu mengolah berbagai keragaman yang dimiliki oleh Peserta Didik ke dalam pembelajaran yang menarik. Bukan bagaimana caranya seorang Pendidik mengendalikan keragaman Peserta Didik. Disini, faktor Pendidik sangat penting pengaruhnya terhadap perkembangan positif yang didasari oleh beragam kemampuan Peserta Didik.



Pembahasannya

Wujud keragaman di ruang kelas dan tantangan pelaksanaan pendidikan multikultural melibatkan beberapa asumsi antara lain semua siswa berhak mendapatkan pelayanan terbaik yang mampu disajikan, tanpa memandang latar belakang siswa apapun juga, Pendidikan multikultural jauh melampui sekedar isi kurikulum, Pendidikan secara politik bersifat tidak netral, serta permasalahan kesetaraan pendidikan ada pada kesadaran, tidak sekedar pada praktik pendidikan. Ketimpangan kualitas hasil tidaklah separah ketimpangan dalam memperoleh kesempatan, dimana seorang guru tidak akan mampu berbuat dalam kondisi ketidakadilan yang sistemik, dan ketidaksetaraan secara keseluruhan yang terjadi di dalam kelas serta di lingkungan sekolah.

Konseptualisasi pendidikan multikultural di Indonesia, adalah sebagai suatu gerakan politik untuk menjamin dan mewujudkan keadilan sosial bagi semuanya sebagaimana menjadi amanah Pancasila terutama sila ke lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Next : Jawaban Soal kedua kuis aktivitas 1 berbagi pengalaman Guru Belajar Pengelolaan Pembelajaran

0 Response to "Coba ceritakan bagaimana keragaman peserta didik yang terdapat di kelas Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel