Solusi gagal login ptk datadik Dapodik 2022

Banyak GTK yang gagal login ke portal ptk datadik kemdikbud dapodik versi 2022. Ternyata ada beberapa penyebab yang saya temukan berdasarkan pengalaman saya mengatasi permasalahan tersebut. Pada Laman ini guru-id akan membahasnya, yuk baca postingan ini hingga akhir.

gambar gagal login ptk datadik

Permasalahan tidak bisa login ke ptk datadik padahal username dan password yang dimasukkan benar bukanlah hal yang baru. Di Youtube dan Google sudah banyak teman-teman kita yang membagikan solusinya.

Jika teman-teman GTK mengalami permasalahan yang sama, coba cari tahu dulu penyebabnya melalui langkah-langkah berikut :

Cek akun terdaftar di dapodik

👉 Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengecek akun anda di dapodik. Caranya bisa meminta bantuan operator dapodik.

Buka aplikasi dapodik lokal, pilih menu pengaturan, pada pengaturan pengguna, klik tombol Manajemen Pengguna, ketikkan kode registrasi sekolah klik OK.

👉 Cek apakah ada akun dan username anda, jika ada nama anda artinya aman. Tapi jika tidak ada, maka kita lanjut ke langkah berikutnya.

cek akun terdaftar di portal sp datadik

👉 Langkah kedua adalah memastikan akun anda terdaftar di portal sp datadik. Caranya sama. Anda bisa meminta bantuan operator dapodik.

👉 Buka portal sp datadik melalui Alamat Web berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, login menggunakan akun dapodik sekolah.

👉 Pada beranda pilih menu Akun, pada daftar akun, klik tombol tampilkan, Cek apakah ada akun dan username anda, jika ada nama anda artinya aman.

👉 Jika tidak ada silahkan klik tambah akun, jenis akun pilih PTK, Nama, pilih nama anda kemudian masukkan email lama dan isikan password lalu klik simpan dan verifikasi ulang.

Pelajari Juga : CARA VERIFIKASI AKUN PTK DAPODIK 2022

👉 Jika pada pilihan nama tidak ada nama anda, silahkan meminta bantuan operator dinas untuk membuatkan akun baru. Siapkan email baru untuk akun anda.

👉 Selanjutnya silahkan sinkronkan aplikasi dapodik anda, dan tunggu perubahannya 1x24 jam kemudian login kembali.

Mengganti Password Akun PTK di Dapodik

Setelah dicek ternyata akun anda terdaftar di dapodik dan portal sp datadik, tapi masih tidak bisa login. selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut !

👉 Buka Aplikasi Dapodik Lokal, Pada halaman login silahkan ketikkan username dan password PTK yang lama.

👉 Langkah berikutnya pilih peran PTK untuk melanjutkan ke laman utama.

👉 Akan muncul jendela baru perubahan password anda. Caranya silahkan masukkan password lama dan password baru (wajib 8 karakter, mengandung huruf Besar, huruf kecil, angka dan tanda baca) contohnya : Jarwo$pd80.

👉 Jika sudah selesai silahkan klik tombol simpan, dan logout kemudian tes login lagi menggunakan password baru, jika berhasil artinya password anda benar.

👉 Langkah terakhir silahkan operator dapodik melakukan sinkronisasi. Setelah selesai tunggu beberapa jam kemudian coba login kembali ke portal ptk datadik menggunakan password yang baru.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Solusi gagal login ptk datadik Dapodik 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel