Pengaturan Komputer Client ANBK Moda Online

Berdasarkan jadwal resmi, Pelaksanaan ASesmen Nasional berbasis komputer tahun 2021 mulai dilaksanakan pada bulan september tahun 2021. Selain pemutakhiran data pada web ANBK yakni mengatur sesi, cetak kartu login, dan sebagainya, bagi sekolah yang melaksanakan moda online diperlukan pengaturan lebih pada komputer client seperti yang akan guru-id bahas di laman ini.

Sahabat proktor indonesia, Apa kabar? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya. Baiklah pada kesempatan yang baik ini guru-id akan berbagi informasi tentang setingan atau pengaturan komputer klien baik windows 7 maupun windows 10 yang perlu diketahui oleh teman-teman proktor pemula khususnya jika moda pelaksanaan yang digunakan adalah full online. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca postingan ini hingga akhir.

cara setting komputer client anbk

gambar cara setting komputer client anbk 2021

Sobat proktor, jika anda pernah menjadi proktor UNBK, sebenarnya setingan komputer client yang menggunakan moda online hampir sama dengan semi online, namun disini ada perbedaan sedikit karena komputer moda semi online wajib menyeting ip address ke komputer server, sedangkan moda online tidak perlu. oleh karena itu wajib kita pahami bersama.

Langsung saja Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengaturan yang perlu sobat lakukan di komputer client berdasarkan pengalaman pribadi.

Yuk baca juga tips : MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET DI LAPTOP WINDOWS 10

1. Membersihkan file Sampah di Laptop

gambar membersihkan file Sampah di Laptop

tips atau cara pertama yang guru-id rekomendasikan adalah dengan menghapus file-file sampah atau riwayat kerja laptop/pc anda. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa kinerja laptop yang stabil akan mendukung kecepatan internet pada laptop/pc anda. Selanjutnya berikut langkah-langkah menghapus file sampah pada laptop anda.

πŸ‘‰ Aktifkan RUN, Caranya tekan tombol Windows+R di keyboard laptop anda kemudian jika sudah muncul run, ketikkan perintah "%temp%" tanpa tanda petik di dalam form open, selanjutnya klik OK, jika sudah terbuka silahkan hapus semua file yang ada di local temp, kemudian hapus juga filenya yang ada di recycle bin

πŸ‘‰ Hapus sampah tak berguna di local disk C dan D, Caranya tekan TOMBOL Windows+E di keyboard laptop anda, kemudian klik kanan local disk misal "local disk C", berikutnya klik tombol DISK CLEANUP tunggu proses, centang semua file yang akan di delete dan klik OK. Ulangi langkah tersebut pada local disk D.

2. Non-Aktifkan Windows Update

Sobat pembaca, windows update otomatis memang sering mengganggu kinerja komputer dan memperlambat koneksi internet. Oleh karena itu, saya menyarankan anda juga menonaktifkannya. Jika anda menggunakan windows 10, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan menonaktifkan windows update di windows 10. Pertama pada icon pencarian ketikkan "windows update " kemudian klik "windows update settings" pada laman setingan windows update klik "Pause update for 7 days"

πŸ‘‰ Atau anda juga bisa melakukan stop proses windows update melalui service local. Caranya pada startup type pilih Disable.

3. Menonaktifkan (Disable) Firewall Di Windows 10

Sahabat proktor, Pentingnya mematikan windows firewall supaya exambro client bisa berjalan lancar saat diaktifkan. Mengenai cara menonaktifkannya di komputer windows 10 silahkan ikuti langkah-langkah dibawah !

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan menonaktifkan windows firewall di windows 10. Kombinasikan tombol keyboard komputer dengan menekan tombol windows+R.

πŸ‘‰ Langkah berikutnya di kolom open ketikkan "firewall.cpl " Tanpa tanda petik kemudian klik "OK" pada laman setingan windows firewall pilih "turn windows defender firewall on or off"

πŸ‘‰ Kemudian pada "private network setting" pilih "turn off windows defender firewall", pada pilihan public network setting pilih juga "turn off windows defender firewall", lalu klik OK, selesai,

4. Menonaktifkan Windows security

Setingan keenam ini sangat penting karena dapat mengganggu koneksi internet di komputer client dan juga menghapus otomatis file exambro. Berikut adalah cara Menonaktifkan Windows security di windows 10.

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan menonaktifkan windows security di windows 10. Pertama pada icon pencarian ketikkan "windows security " kemudian klik "windows security " pada laman setingan windows security dibagian "virus & threat protection settings "klik "manage settings"

.

πŸ‘‰ Pada "real-time Protection" Off Kan, geser ke kiri. Selanjutnya untuk mencegah windows security aktif otomatis saat exambro sedang berjalan arahkan kursor kebawah, cari "exclusions", lalu klik teks "add or remove exclusions".

πŸ‘‰ Berikutnya klik tombol "ADD an exclusions", pilih folder lalu pilih folder exambro client yang ada di local disk C, klik select folder. Selesai.

5. Aktifkan DNS cache

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah !

πŸ‘‰ Langkah pertama, laptop atau pc anda wajib memiliki Aplikasi Notepad, jika belum ada silahkan download dan install, kemudian download kode berikut ini (Unduh Disini)

πŸ‘‰ langkah kedua, Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg yang sudah anda download. cara kerjanya sangat mudah, silahkan Buka file tersebut setiap kali Anda browsing di internet untuk mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih cepat.

6. Mereset cache DNS client

Warganet, buka command prompt dan berikut adalah Cara reset network dan cara flushing DNS yang bisa dicoba guna mempercepat koneksi internet di laptopmu.

πŸ‘‰ Cara CEPAT/pintasan membuka command prompt di laptop/pc windows 10. Pertama pada icon pencarian ketikkan "prompt" selanjutnya klik "command prompt".

πŸ‘‰Oke, perintah pertama yang anda ketikkan di dalam command prompt adalah "ipconfig /flushdns" kemudian enter. lalu perintah kedua berikut "ipconfig /renew" , silahkan restart komputer dan akses internet.

7. Set Value IRPStackSize

Langkah berikut ini sudah penulis coba dan memang sangat jitu. Koneksi Internet jauh lebih cepat, namun butuh ketelitian dalam melakukan setingan Value IRPStackSize, jika sobat ingin mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah !

πŸ‘‰ Caranya Tekan kombinasi tombol windows+R pada laptop anda kemudian ketikkan "Regedit" atau bisa langsung ketikkan "regedit" di kotak pencarian.

πŸ‘‰Berikutnya ini urutan folder yang akan buka dan setting "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters" selanjutnya klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50. berikutnya restart komputer dan rasakan dampaknya.

COBA TONTON VIDEO DIBAWAH MUNGKIN BISA MEMBANTU

Demikianlah informasi yang dapat laman ini bagikan kepada teman-teman proktor. Lebih dan kurang saya mohon maaf karena keterbatasan ilmu yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengaturan Komputer Client ANBK Moda Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel