Download Kurikulum 2022 pdf Materi Sosialisasi Menuju Kurikulum Nasional

Bismillah, Alhamdulillah pada postingan kali ini guru-id masih diberi kesempatan untuk menyampaikan informasi tentang materi sosialisasi dari kemendikbud yang berhubungan dengan "kurikulum baru tahun 2022" yakni Kurikulum prototipe. Adapun judul materinya Kebijakan kurikulum untuk pemulihan pembelajaran setelah pandemi.

download materi kurikulum 2022

Ringkasan Materi kurikulum 2022

Kemdikbud melakukan Riset dan hasilnya menunjukkan bahwa pandemi menimbulkan kehilangan pembelajaran (learning loss) literasi dan numerasi yang signifikan.

▪ Sebelum pandemi, kemajuan belajar selama satu tahun (kelas 1 SD) adalah sebesar 129 poin untuk literasi dan 78 poin untuk numerasi.

▪ Setelah pandemi, kemajuan belajar selama kelas 1 berkurang secara signifikan (learning loss).

▪ Untuk literasi, learning loss ini setara dengan 6 bulan belajar.

▪ Untuk numerasi, learning loss tersebut setara dengan 5 bulan belajar.

Seperti elemen dari bentuk upaya untuk mengurangi learning loss, sekolah diberi pilihan untuk menggunakan kurikulum yang disederhanakan agar dapat berfokus pada penguatan karakter dan kompetensi mendasar.

Lebih dari itu Kemendikbudristek menyusun modul literasi dan numerasi untuk membantu guru menerapkan kurikulum. Juga tersedia modul untuk orang tua yang dapat digunakan di rumah.

Selanjutnya sekolah akan melaksanakan Kurikulum prototipe sebagai pilihan tambahan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Data kualitatif mengkonfirmasi bahwa guru merasa terbantu untuk melihat materi yang esensial, sehingga bisa merancang dan menerapkan pembelajaran yang lebih baik. Modul literasi-numerasi dari Kemendikbudristek juga sering disebutkan sebagai alat bantu yang bermanfaat untuk penerapan kurikulum

Selanjutnya silahkan download materi sosialisasi kurikulum paradigma baru yang bernama prototipe sebagai langkah awal menuju kurikulum Nasional tahun 2024.

POSTINGAN YANG PERLU DIBACA

🟥 Mengenal Kurikulum Prototipe Tahun 2022 🟥

🟥 Karakteristisk Kurikulum Prototipe Tahun 2022 🟥

🟥 Persiapan Kurikulum Prototipe Tahun 2022 🟥


Jazakumullah Khoiron Katsiron telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel