cara membuat akun simpkb untuk mendaftar ppg daljab 2022

Bismillah, sahabat edukasi, sebagaimana kita ketahui bersama portal sim pkb yang kini berubah menjadi gtk kemendikbud menjadi pintu utama untuk mengakses semua informasi yang berkaitan dengan program kemdikbudristek tahun 2022 bagi guru di semua tingkat satuan pendidikan.

cara membuat akun sim pkb 2022

Bahkan di tahun 2022 guru yang belum memiliki akun simpkb akan sangat rugi karena tidak bisa mengikuti kegiatan Program GTK Kemendikbud terbaru. Salah satunya program profesi guru (PPG) Dalam jabatan tahun 2022

Bagi teman-teman guru yang belum mengetahui Apa saja program kemdikbud yang bisa diikuti oleh guru berikut ini guru-id tuliskan daftar aplikasi resmi Program GTK Kemendikbud yang bisa diakses oleh sobat guru.

1. SIMPKB yang merupakan sebuah aplikasi berbasis web induk dalam manjemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan

2. Guru Belajar Baru: Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin GTK dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

3. PPG - Prajabatan dan Dalam Jabatan: Merupakan aplikasi yang menunjang dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru.

4. Guru Berbagi: Merupakan platform layanan berbagi materi, media, dan keilmuan dalam lingkup kependidikan.

5. Organisasi Penggerak: Program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah untuk peningkatan kualitas guru & kepala sekolah.

6. Guru Penggerak: Aplikasi seleksi untuk Fasilitator, Pendamping dan Calon Guru Penggerak.

7. Diklat GPK - Guru Pembimbing Khusus: Mari menjadi bagian dari Guru Pembimbing Khusus abad ke-21 guna memajukan pendidikan inklusif di Indonesia.

8. Diklat Penguatan Kepala Sekolah: Program peningkatan kompetensi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

9. Diklat Calon Pengawas: Program Peningkatan Kompetensi bagi Calon Pengawas Sekolag guna meningkatkan mutu pendidikan.

10. Diklat Calon Kepala Sekolah: Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan bagi Calon Kepala Sekolah Dalam Rangka meningkatkan mutu pendidikan.

11. Studi Lanjut Guru - Bantuan Pemerintah: Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik Sarjana atau Diploma IV.

perlu diketahui, bahwa Semua program diatas yang guru-id tuliskan merupakan program kemdikbud tahun 2021. mungkin tahun 2022 ini akan lebih banyak program dan bimtek daring lainnya

Langkah-langkah membuat akun sim pkb tahun 2022

Selanjutnya sesuai judul konten, berikut cara membuat akun sim pkb tahun 2022 bagi ptk baru agar bisa mengakses program kemdikbud diatas

Syarat memiliki akun sim pkb yang paling penting ialah sudah ada nomor Uji Kompetensi Guru (UKG), Saat ini UKG sudah berganti nama menjadi PPG. namun tahun 2022 guru tetap bisa membuat akun sim pkb dengan mudah.

👉 Pertama, masuk ke portal berikut agar lebih mudah : https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk, selanjutnya pada form registrasi akun, masukkan Nama anda, provinsi, kabupaten, pilih status semua aktivasi simpkb, pilih semua status sinkronisasi dapodik lalu klik tombol Cari GTK.

👉 Langkah berikutnya arahkan kursor ke bagian bawah tepatnya pada data GTK lalu kemudian salin/simpan No. Peserta UKG (SIMPKB-ID) yang akan kita gunakan untuk mendaftar.

👉 Langkah berikutnya klik tautan berikut : https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi, Masukkan No. Peserta UKG (SIMPKB-ID) yang tadi sudah disimpan, tanggal lahir dan centang saya bukan robot kemudian klik register.

👉 kedua, Akan muncul notifikasi yang penting dibaca oleh GTk, nah seperti ini notifnya.

Anda akan melakukan cetak akun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara mandiri. Harap dicetak atau disimpan (save as PDF) dengan baik. Bila Anda telah mengaktifkan akun ini maka tidak bisa lagi mencetak ulang akun Anda secara mandiri dari situs ini. Bila sewaktu-waktu Anda lupa akun maka dapat melakukan reset password melalui Admin PKB Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin P4TK naungan Anda.

👉 ketiga, lanjutkan dengan mengklik tombol "setuju dan cetak", berikutnya silahkan pilih simpan pdf agar arsip file akun sim pkb anda tersimpan di perangkat.

Cara Login sim pkb 2022

Setelah anda memiliki akun sim pkb, maka anda bsia dengan leluasa menggunakannya untuk mengakses portal kemdikbud agar mengetahui informasi Program GTK Kemendikbud terbaru.

terkait dengan login sim pkb, sangatlah mudah, dilaman ini akan dicontohkan cara login simpkb untuk mengakses salah satu portal untuk ppg daljab kemdikbud.

👉 Pertama, Masuk link berikut : https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/, berikutnya browser anda akan dibawa ke halaman utama sim pkb tahun 2022.

👉 kedua, silahkan pilih salah satu aplikasi Program GTK Kemendikbud yang ingin anda akses. (misal : guru belajar), silahkan klik tombol masuk, maka browser internet akan diarahkan ke laman login guru belajar kemdikbud.

👉 ketiga, masukkan email dan password akun simpkb anda, kemudian klik tombol masuk.

Jika akun anda benar, maka browser akan dibawa ke halaman utama program guru belajar kemdikbud.

Pada laman tersebut anda bisa melihat informasi terkait dengan guru belajar, seperti informasi bimbingan teknis, pelatihan, dan lain sebagainya.

Update Info PPG Tahun 2022

Lihat : pANDUAN PEMUTAKHIRAN DATA CALON PESERTA PPG DALJAB 2022

Lihat : Cara perbaikan NIK dan tanggal lahir guru di verval ptk

Lihat : Cara edit dan tambah riwayat pendidikan formal guru

Baca juga referensi Tentang : langkah-langkah Pendaftaran PPG Kemendikbud tahun 2022

Lihat Juga : Baca Persyaratan Pendaftaran PPG Kemendikbud tahun 2022

Lihat Juga : Baca LPTK penyelenggara PPG Mandiri tahun 2022

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel